KCIC Tuding Kontraktor Lalai dalam Robohnya Pilar Proyek Kereta Cepat

Kontraktor PT KCIC merobohkan pilar proyek kereta cepat di Karawang saat melakukan pengerjaan ulang (rework) tetapi malah menimpa ekskavator. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.
Image title
8 Desember 2021, 20:43
Pilar kereta cepat
Katadata
Pilar kereta cepat di Karawang menimpa ekskavator saat dibongkar. Sumber: Twitter @AlBurhanCenter

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memanggil kontraktornya terkait insiden robohnya pilar konstruksi hingga menimpa ekskavator di Karawang, Jawa Barat.

Presiden Director PT KCIC mengatakan hasil investigasi internal menunjukkan kontraktor melanggar SOP saat membongkar pilar kereta cepat di titik DK46 Teluk Jambe, Karawang. Ia menyebut pembongkaran ini dilakukan setelah perusahaan menemukan pergeseran alignment pekerjaan pilar. 

"PT KCIC tidak mentolerir adanya kesalahan konstruksi yang melebihi dari toleransi yang dipersyaratkan," ujarnya, dalam keterangan resmi Rabu (8/11). 

Dwiyana mengatakan SOP engineering untuk proyek pembongkaran pilar sebenarnya sudah ditetapkan termasuk aspek keselamatan konstruksinya. Namun, kontraktor justru melanggar SOP tersebut.

Advertisement

Pasca kejadian, perusahaan langsung memanggil, melakukan investigasi dan memberikan teguran langsung kepada kontraktor

Dwiyana menambahkan kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Operator yang menjalankan eskavator berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum reruntuhan menimpa.

“Hasil dari investigasi insiden ini  akan langsung dilaporkan kepada tim KKJTJ (Komisi Keamanan Jembatan, dan Terowongan Jalan) dan K2K (Komite Keselamatan Konstruksi) Kementerian PUPR," ujarnya.

Menurut Dwiyana kejadian tersebut menjadi perhatian serius bagi perusahaan. 


REVISI: Artikel ini diperbarui pada Kamis, 9 Desember 2021, pukul 21.30 WIB, pada bagian pengantar tulisan.  Tujuan perubahan pada pengantar tulisan ini adalah untuk memperjelas penyebab insiden tersebut.

 

Reporter: Rezza Aji Pratama
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait