Pemprov Bali Akan Pasang Panel Surya di Ruang Publik

Image title
13 Desember 2021, 19:20
Petugas merawat panel surya yang terpasang di atap Gedung Direktorat Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (EDSM), Jakarta, Rabu (24/3/2021). Kementerian ESDM hingga Maret 2021 telah membangun sebanyak 193 unit PLT
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Petugas merawat panel surya yang terpasang di atap Gedung Direktorat Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (EDSM), Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali berencana memasang panel surya di sejumlah bangunan seperti Bandara Ngurah Rai dan beberapa gedung yang dilintasi delegasi G20. 

Gubernur Bali, Wayan Koster mengatakan hal ini sejalan dengan Peraturan Gubernur mengenai penerapan energi bersih dari hulu sampai ke hilir. Selain bangunan, panel surya juga akan dipasang untuk menerangi jalur pejalan kaki para delegasi pertemuan G20.

"Sedang disusun konsepnya oleh tim dari Universitas Udayana yang kami tugaskan," ujar Wayan dalam forum daring pada Senin (13/12).

Lebih lanjut, Wayan mengatakan ada juga Peraturan Gubernur mengenai kendaraan bermotor listrik yang berbasis baterai. Hal ini dinilai Wayan dapat menjadi showcase sesuai dengan tema G20 yang diarahkan oleh Presiden Joko Widodo. Tema tersebut adalah arsitektur kesehatan, pengembangan digital dan transisi energi bersih.

Dari segi infrastruktur, Wayan mengatakan Pemprov tengah mempersiapkan penataan jalur dari Bandara Ngurah Rai ke Hotel Nusa II dan Pulau Penyu dengan menyemai mangrove yang dilewati semua lintasan dari jalur tersebut. Penanaman juga tidak hanya tanaman hijau tetapi juga tumbuhan berbunga yang sesuai dengan arahan Presiden.

Tempat penyemaian mangrove disebut oleh Wayan telah diputuskan di Estuary Dam milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan. Dalam wilayah tersebut terdapat mangrove milik Pemprov Bali dengan luas 1.200 hektar.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...