Survei Charta Politika: 68,1% Responden Setuju Reshuffle Kabinet

Image title
20 Desember 2021, 17:07
reshuffle
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo (memberikan arahan saat memimpin rapat terbatas (Ratas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/11/2021).

Survei terbaru Charta Politika Indonesia menyebut 68,1% responden setuju Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan survei digelar pada 29 November-6 Desember 2021 dengan total responden 1.200 orang. Survei dilakukan kepada laki-laki dan perempuan usia 17 tahun ke atas dengan metode wawancara tatap muka dan margin of error sekitar +-2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

Advertisement

Selain membahas soal reshuffle, survei juga menunjukkan 61,8% responden merasa puas dengan kinerja pemerintah. Selain itu terhadap kinerja menteri sebanyak 54,6% responden menyatakan kepuasannya.  Kendati demikian, jika dibandingkan dengan periode sebelumnya sebanyak 51,7% responden menilai kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo pada periode pertama lebih baik ketimbang periode kedua.

"Meskipun masih berada di atas 60 persen, terdapat kecenderungan penurunan tingkat kepuasan kinerja pemerintah dibandingkan dengan survei periode sebelumnya," ujar Yunarto dalam diskusi daring pada Senin (20/12).

Terkait dengan penanganan kondisi ekonomi, sebanyak 48,7% responden menilai respons pemerintah terhadap perekonomian saat ini buruk. Meski demikian angka ini turun dari angka 57,% pada periode survei sebelumnya. Sebanyak 72,9% responden juga menyatakan optimisme mereka terhadap kondisi perekonomian satu tahun yang akan datang.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement