PKB: Belum Ada Bisikan dari Istana Soal Reshuffle

Image title
8 Desember 2021, 15:51
Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada KTT Asia-Europe Meeting (ASEM) ke-13 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/11/2021).
Sekretariat kabinet/twitter
Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada KTT Asia-Europe Meeting (ASEM) ke-13 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/11/2021).

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut reshuffle kabinet kemungkinan akan terjadi pada akhir tahun 2021 atau awal 2022.

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, mengatakan informasi mengenai reshuffle kabinet bersifat tertutup dan belum ada bisik-bisik dari Istana. Jazilul berpendapat Presiden Joko Widodo sedang menyiapkan kejutan karena masyarakat juga menunggu untuk melihat formasi baru dalam kabinet.

"Saya melihatnya kalau begini biasanya ada kejutan. Nah gatau nanti tunggu saja kejutannya," ujar Jazilul kepada wartawan pada Rabu (8/12).

Lebih lanjut, Jazilul mengatakan alasan dilakukannya reshuffle kabinet terkait dengan evaluasi kinerja.  Selain itu, ada juga menyangkut perkembangan dalam koalisi dengan pertimbangan politik yang sudah ada.

Terakhir adalah keputusan presiden untuk menggunakan haknya setelah melihat perkembangan dinamika. Pertanyaan mengenai reshuffle disebut Jazilul sebagai sesuatu yang rasional karena adanya perubahan koalisi.

"Kalau kata Ketum saya [Muhaimin Iskandar] sih kalo soal reshuffle biasanya mepet-mepet," ujar Jazilul.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden meninjau korban banjir Sintang, Kalimantan Barat hari  ini. Sehingga dipastikan tak ada jadwal pengumumuman perubahan kabinet.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...