Ganjar Pranowo Kian Favorit Jadi Capres, PDIP Tunggu Titah Megawati

Image title
22 Desember 2021, 14:33
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyalakan kembali Api Abadi Mrapen dengan obor di Desa Manggarmas, Godong, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (20/4/2021). Situs Api Abadi Mrapen yang sempat mati pada 25 September 2020 akibat aktivitas pengeboran sumur ole
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyalakan kembali Api Abadi Mrapen dengan obor di Desa Manggarmas, Godong, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (20/4/2021).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menegaskan akan menunggu keputusan Megawati Soekarnoputri terkait calon presiden yang akan diusung dalam pemilu 2024, meskipun nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kian meroket.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Utut Adianto mengatakan Megawati telah mengeluarkan surat tertanggal 11 Agustus 2021 yang mengatur agar kader PDIP tidak menanggapi isu capres-cawapres. Surat dengan nomor 3134/IN/DPP/VIII2021 tersebut menegaskan ketua umum bertanggung jawab dan berwenang serta mempunyai hak prerogatif untuk memutuskan calon presiden dan/atau calon wakil presiden.

Surat itu ditujukan kepada DPP PDIP, anggota fraksi PDIP DPR, DPD dan DPC PDIP, anggota fraksi PDIP DPRD, serta kepala daerah/wakil kepala daerah kader PDIP se-Indonesia.

"Kami sebagai kader diperintah seperti itu ya kita jalankan," ujar Utut kepada wartawan di Kompleks Parlemen pada Rabu (22/12).

Atas dasar tersebut Utut enggan berkomentar banyak terkait hasil survei yang menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Menurut Utut, hasil survei terkait perhitungan elektabilitas merupakan hak suatu instansi atau individu.

Hal ini termasuk metodologi, teknik pengambilan sample dan random pada survei. Namun, Utut mengatakan para kader PDIP akan habis-habisan mendukung keputusan Megawati

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...