Kunjungi Arab Saudi, Menko Luhut Jajaki Peluang Investasi IKN

Rezza Aji Pratama
3 Maret 2022, 15:21
Luhut Arab Saudi
Kemenko Marves

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjajaki peluang investasi Arab Saudi untuk sejumlah proyek di Indonesia, termasuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Luhut mengunjungi Riyadh pada 1-2 Maret 2022 dan diterima oleh Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdul Aziz. Luhut mengatakan kunjungan ini menegaskan kembali hubungan bilateral antara kedua negara. Selain itu, pihaknya juga menjajaki investasi Arab Saudi untuk pembangunan IKN, energi baru dan terbarukan, lingkungan hidup, dan lain sebagainya. 

Advertisement

“Saya senang kunjungan ke Arab Saudi dapat berjalan dengan lancar. Pangeran Mohammed bin Salman juga menunjukkan sambutan yang sangat baik mengenai peluang investasi di berbagai bidang yang kita bahas,” ujar Menko Luhut dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (3/3).

Luhut mengatakan Putera Mahkota akan mengunjungi Indonesia sebagai penekanan komitmen investasi. Menurutnya, inisiatif ini menjadi bentuk komitmen yang sangat baik. Dalam kunjungan tersebut, Menko Luhut juga bertemu dengan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al-Falih dan beberapa CEO perusahaan Arab Saudi.

Indonesia dan Arab Saudi memiliki perhatian yang sama mengenai isu perubahan iklim yang saat ini sedang dihadapi oleh seluruh negara di dunia. Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan inisiatif untuk mengurangi emisi karbon selama beberapa dekade mendatang dan juga gencar berinvestasi pada green energy

“Ini sekaligus menjadi wujud dari sikap Indonesia yang terbuka dengan peluang investasi dari negara mana saja, selama hal itu membawa manfaat besar untuk bangsa kita,” kata Luhut. 

Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement