Stok Cabai Aman Jelang Idul Adha, Pemerintah Pastikan Tidak Akan Impor

Rezza Aji Pratama
26 Juni 2022, 14:49
Pedagang menata cabai yang dijual di Pasar Besar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (25/6/2022). Pedagang setempat menyebutkan harga jual beberapa jenis cabai melonjak dalam sepekan terakhir, seperti cabai rawit dari Rp70.000 menjadi Rp140.000 per k
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/rwa.
Pedagang menata cabai yang dijual di Pasar Besar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (25/6/2022).

Pemerintah memastikan tidak ada impor cabai segar yang berpotensi merusak harga pasar cabai di dalam negeri. 

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Prihasto Setyanto mengatakan ketersedian stok cabai aman menjelang hari besar Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada 9 Juli mendatang. Menurutnya,  produksi cabai memang menurun di beberapa sentra budidaya cabai. Penurunan ini dipicu oleh faktor iklim dan penyakit yang menyerang tanaman tersebut. 

Advertisement

"Pada prinsipnya cabai cukup untuk menghadapi Lebaran Haji walaupun memang harganya agak tinggi,” katanya, dikutip dari Antara, Minggu (26/6).

Saat menyaksikan panen cabai di Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Prihasto menyebut panen di daerah ini bisa memenuhi kebutuhan cabai di Jawa Tengah, bahkan hingga ke Jakarta. Pasalnya, ada sekitar 500 hektare siap panen di wilayah ini. 

Berdasar hasil identifikasi Kementan, penurunan produksi terjadi karena banyak petani mengubah lahan mereka dari tanaman cabai menjadi padi. Ini disebabkan oleh curah hujan tinggi dan kerentanan terhadap penyakit yang terjadi pada periode Mei-Juni.

Prihasto  menyampaikan anomali cuaca sekarang ini harus disikapi dengan memilih varietas tanaman cabai yang sesuai.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement