Jokowi Janjikan Harga Telur Ayam Akan Turun Dua Pekan Lagi

Rezza Aji Pratama
28 Agustus 2022, 14:49
Pekerja memanen terlur ayam di Ngeden, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (25/8/2022). Menurut peternak, harga jual telur ayam dari tingkat peternak saat ini naik dari sebelumnya Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp27.200 per kilogram akibat biaya pakan aya
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/wsj.
Pekerja memanen terlur ayam di Ngeden, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (25/8/2022).

Presiden Joko Widodo menegaskan harga telur ayam yang kini tengah melonjak di pasaran, bakal turun dalam dua pekan ke depan.

Presiden mengatakan fluktuasi harga telur ayam tidak lepas dari kenaikan harga pakan ternak, tetapi ia meyakini kondisinya akan berangsur normal.

Advertisement

"Harga [bahan pokok] relatif stabil, hanya satu [yang tidak stabil[ di telur. Insya Allah dua minggu ini akan turun," kata Presiden saat meninjau harga komoditas pangan di Pasar Cicaheum, Bandung, Minggu.

Berdasarkan laman sistem pemantauan harga pasar dan kebutuhan pokok Kementerian Perdagangan, tercatat harga telur ayam secara nasional berada pada rata-rata Rp31.300 per kilogram per Jumat (26/8/2022). Harga itu meningkat apabila dibandingkan rata-rata harga Rp29.300 per kilogram untuk telur ayam pada 26 Juli 2022.

Sebelumnya, Badan Pangan Nasional (Bapanas) berjanji akan melakukan operasi pasar jika harga telur ayam masih stabil di atas Rp 30.000 per (kg). Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan ia telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, dan Satgas Pangan untuk menjalankan operasi tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara, Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement