Ajang T20 Summit Resmi Digelar, Ini Fokus Pembahasannya

Agenda T20 Summit digelar selama dua hari di Bali, menghadirkan para pakar untuk mendiskusikan isu-isu krusial seperti perubahan iklim, pemulihan ekonomi, dan sistem kesehatan global.
Rezza Aji Pratama
5 September 2022, 09:27
T20
Youtubbe T20

Gelaran The Think20 (T20) Summit resmi dimulai pada Senin (5/9) di Hotel Hilton, Bali. Agenda yang berlangsung selama dua hari ini akan membahas sejumlah isu-isu terkini di tingkat global.

Lead Co-Chair T20 Bambang Brodjonegoro mengatakan T20 merupakan bagian tak terpisahkan dari Presidensi G20 yang menjadi wadah pemikiran dan riset isu-isu terkini. Lembaga ini menjadi 'bank ide' yang dibentuk untuk memberikan rekomendasi kebijakan-kebijakan berbasis riset bagi para pemimpin dunia di ajang G20, November mendatang.

"Rekomendasi dari T20 bisa melengkapi G20 leaders untuk memahami isu-isu terkini secara lebih mendalam," katanya, dalam pembukaan T20 Summit, Senin (5/9).

Bambang menyebut T20 Indonesia fokus pada beberapa isu strategis seperti pemulihan ekonomi yang inklusif, restrukturisasi arsitektur kesehatan global, transformasi digital, percepatan transisi energi, serta mendorong kolaborasi solid di komunitas global.

Bambang mengakui, salah salah satu tantangan utama dalam perundingan G20 adalah aspek inklusivitas. Menurutnya, narasi isu-isu global saat ini masih didominasi oleh suara dari negara-negara maju (Northern Voice). Padahal, menurutnya, justru negara-negara berkembang yang paling terkena dampak krisis global saat ini. Ia pun mendorong suara dari negara-negara berkembang bisa lebih mendapat tempat di kancah global.

Dalam perannya sebagai lembaga Think Tank, T20 telah mengumpulkan 764 abstrak dan memproduksi 130 policy brief yang melibatkan lebih dari 200 periset dari seluruh dunia. T20 juga menggelar tiga event utama yakni Global Solutions Summit, Global Policy Forum, and Global Dialogue.

Bambang melanjutkan dalam perundingan G20, para pemimpin dunia ditantang untuk duduk bersama mencari solusi berbagai persoalan global yang saat ini melanda. Mulai dari soal krisis keuangan, penanganan pandemi Covid-19, dampak perubahan iklim, hingga perkembangan terkini perang Rusia-Ukraina.

"Kesuksesan Presidensi G20 Indonesia akan mendorong momentum gelaran G20 selanjutnya di India, Brasil, dan Afrika Selatan," kata Bambang.

Agenda T20 Summit akan berlangsung dua hari berturut-turut di Hotel Hilton, Nusa Dua, Bali. Dalam dua hari tersebut, para pakar akan mendiskusikan isu-isu krusial seperti transisi energi, investasi hijau, sistem pangan global, transformasi digital, sistem kesehatan global, hingga upaya mengatasi perubahan iklim.

Reporter: Rezza Aji Pratama

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

Think 20 (T20) merupakan forum kerja sama lembaga think tank dan penelitian dari seluruh negara anggota G20. Forum ini bertujuan memberi rekomendasi kebijakan berbasis penelitian untuk menjadi pertimbangan para pemimpin negara anggota G20 yang dituangkan dalam T20 Communique.

Unduh T20 Communique Handbook di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait