Presiden Jokowi Akan Segera Resmikan Dua Ruas Tol di Jabodetabek

Rezza Aji Pratama
7 September 2022, 07:33
Foto udara pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan di Puarta, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). Proses pembangunan Tol Japek Selatan sepanjang 27,85 km untuk seksi 3 ruas Sadang-Taman Mekar progres pembangunan telah mencapai 78,10 persen dan
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Foto udara pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan di Puarta, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Presiden Joko Widodo dijadwalkan segera meresmikan dua ruas tol baru dalam waktu dekat. Keduanya adalah ruas tol Serpong-Balaraja Seksi 1 dan ruas tol Cibitung-Cilincing.

Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljo sudah mengirimkan surat kepada Presiden untuk meresmikan kedua ruas tol tersebut.

“Sekarang kami sedang menunggu jadwal Pak Presiden. Mudah-mudahan dalam 1 sampai 2 bulan ini,” kata Danang kepada Katadata, di sela-sela acara T20 Summit.

Selain kedua ruas tol di Jabodetabek itu, dua ruas tol di Sumatera juga sudah siap diresmikan. Keduanya adalah ruas tol Bengkulu-Taba Penanjung dan ruas tol Pekanbaru-Bangkinang. Saat ini kedua ruas tersebut masih menunggu hasil sertifikat laik operasi (SLO). Setelah sertifikat SLO terbit, Danang menyebut pihaknya akan meminta Presiden meresmikannya. 

Sementara itu, Danang juga menargetkan ruas tol Cinere-Jagorawi akan selesai di akhir tahun 2022. Saat ini, ruas yang baru beroperasi baru Serpong-Pamulang. Sementara ruas Cinere-Krukut-Jagorawi masih dalam proses pengerjaan. “Memang ada satu persil tanah yang masih berusaha kami bebaskan. Terakhir sudah kita konsinyasi di Pengadilan supaya segera bisa kita eksekusi,” kata Danang. 




Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...