Jumlah Media Cetak Terus Merosot, Pers Hadapi Tantangan Distribusi

Rezza Aji Pratama
4 Februari 2023, 11:10
Pers
Katadata

Jumlah perusahaan media cetak anggota Serikat Perusahaan Pers (SPS) terus merosot dari tahun ke tahun. Pada 2021, masih ada 593 media cetak yang terdaftar di serikat tetapi hanya tersisa 399 media pada 2022.

Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers, Januar P. Ruswita mengatakan tidak hanya jumlah media cetak yang merosot tetapi juga tirasnya. Pada 2021 misalnya, masih ada sekitar 7,5 juta eksemplar media cetak per tebit. Namun, angka itu anjlok menjadi sekitar 5 juta eksemplar per terbit pada 2022.

“Media cetak saat ini memang sedang berdarah-darah,” ujarnya, dalam diskusi bertajuk ‘Mau Dibawa Ke mana Industri Pers Kita’, Sabtu (4/2).

Januar mengatakan media cetak saat ini menghadapi tantangan berupa perubahan pola baca konsumen. Generasi muda kini tidak lagi berminat membaca koran atau majalah dan lebih memilih media online atau bahkan media sosial.

Hal ini pun membuat media cetak harus berinovasi agar tidak kehilangan pembaca. Januar menuturkan, media cetak misalnya tidak bisa lagi mengandalkan berita cepat (hard news) karena akan bersaing dengan media online.

Kendati demikian, Januar menyebut beberapa media cetak terutama di daerah-daerah masih bisa bertahan. Hal ini terutama disebabkan oleh tingkat kepercayaan terhadap media cetak yang justru meningkat.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...