Shopee dan Garena Bangun Pusat Inovasi di Solo

Image title
6 Desember 2021, 19:54
Shopee
Katadata

Anak perusahaan teknologi Sea Group, Shopee dan Garena menggaet Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk mengembangkan pusat inovasi di Solo, Jawa Tengah.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan, pusat inovasi bernama Shopee Solo Creative & Innovation Hub itu berlokasi di Solo Technopark. Terdapat area inovasi untuk memberikan ruang pelaku UMKM di Solo bertemu, bertukar pikiran, berkolaborasi, serta menciptakan berbagai inovasi pengembangan bisnis digital.

Handhika mengatakan, semua fasilitas yang ada di pusat inovasi tersebut bersifat gratis dan terbuka untuk umum.

"Pusat inovasi ini mampu mendorong tumbuhnya ekosistem hiburan dan teknologi di Kota Solo," katanya dalam konferensi pers virtual pada Senin (6/12).

Tidak hanya Shopee, pengembang game Free Fire, yakni Garena mengembangkan pusat inovasi bernama Garena Gaming & Community Hub. Garena sendiri mengembangkan pusat inovasi itu untuk menjaring lebih banyak komunitas di Solo. 

Sementara itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming mengatakan pusat inovasi yang dikembangkan Shopee dan Garena bisa bermanfaat bagi pengembangan ekosistem digital di Solo.

"Di era digital saat ini, penting dilakukan integrasi yang dapat menciptakan inovasi teknologi guna menstimulasi pemulihan ekonomi daerah," katanya, Senin (6/12).

Shopee memang gencar menyasar pasar UMKM di Solo. Perusahaan misalnya membuat kantor Shopee di Solo. Kantor ini menempati dua lantai di Paragon City Mall dengan luas 7.800 meter. E-commerce ini  juga telah meluncurkan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo pada Mei. 

Shopee memang membidik 10.000 UMKM yang berorientasi ekspor di Solo. Shopee juga menargetkan bisa membuka 2.000 lapangan kerja baru di Solo.

Hingga saat ini, Shopee mengekspor 1,5 juta produk dari 180 ribu UMKM Tanah Air. E-commerce itu menjangkau enam negara tujuan ekspor yakni Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan yang terbaru pasar Brasil.

Layanan Shopee juga dikabarkan tersedia di India dan segera hadir di Polandia, Eropa. Selain itu, mengincar pasar Argentina, Chili, Kolombia, dan Spanyol.

Advertisement

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait