Kami Adalah Mitra Jangka Panjang Indonesia

Rezza Aji Pratama
3 April 2022, 12:01
Ganesan Ampalavanar-Nestle
Katadata
Nestle

Sejak beroperasi di Tanah Air pada 1971, PT Nestle Indonesia telah mengoperasikan tiga pabrik, berkolaborasi dengan jutaan petani dan peternak lokal, serta menjangkau ratusan juta konsumennya di Indonesia.

Menandai 50 tahun keberadaannya di Indonesia, Nestle membuat dua inisiatif penting. Pertama, memulai pembangunan pabrik baru senilai US$ 200 juta di Jawa Tengah. Kedua, memindahkan kantor pusat perusahaan ke gedung baru yang lebih mengedepankan kesejahteraan.

Katadata berkesempatan berbincang dengan Presiden Direktur Nestle Indonesia Ganesan Ampalavanar untuk membicarakan soal prioritas perusahaan, kebijakan bisnis berkelanjutan, serta komitmen investasi perusahaan.

Advertisement

“Kami ada sebagai mitra jangka panjang Indonesia,” kata Ganesan.

Berikut petikan wawancaranya:

Apa kabar Pak Ganesan, boleh diceritakan bagaimana bisnis Nestle di Indonesia?

Nestle Indonesia merupakan subsidiary Nestle global yang merupakan perusahaan pangan terbesar di dunia. Tahun lalu merupakan ulang tahun PT Nestle Indonesia ke-50. Kami sudah ada di Indonesia sejak 1971 dan terus menjadi mitra pembangunan bersama Indonesia. Saya selalu mengingatkan kepada rekan-rekan saya bahwa kami senantiasa ingin maju bersama Indonesia.

Setelah 50 tahun di Indonesia apa saja yang menjadi prioritas perusahaan?

Seperti yang kita ketahui, tahun 2020 dan 2021 kita menghadapi tantangan Covid-19. Kita punya tiga prioritas. Pertama, keselamatan karyawan dan karyawati kita. Kedua, kesinambungan perusahaan dan yang ketiga bantuan yang kita berikan kepada komunitas di Indonesia. 

Saya sangat bangga dengan komitmen kami di tiga prioritas ini terutama dengan para karyawan dan semua rekan-rekan sales.Kami tidak memberhentikan operasional perusahaan walaupun hanya satu hari selama Covid-19.

Prioritas kami untuk jangka panjang melibatkan pertumbuhan melalui empat grow prioritas. Pertama kami ingin meningkatkan produksi Indonesia dan ini 96% produk kami bangga buatan Indonesia. Kedua adalah grow margin dan ketiga grow values. Values itu bukan hanya topline saja, tetapi value dari segi memastikan kita melakukan perusahaan kita dengan cara yang betul. 

Keempat adalah grow people. Kami ingin anak-anak Indonesia maju bersama Nestle untuk menciptakan peluang kerja. Jadi itu prioritas kami di short term dan juga long term.

Setelah 50 tahun beroperasi, ada yang baru juga nih di Nestle yaitu kantor baru ya Pak?

Iya betul sekali. Pada akhir Desember 2021 kami memasuki kantor baru. Kantor ini secara simbolik memberi peluang kepada semua karyawan dan karyawati Nestle untuk mencapai keseimbangan kerja dan hidup yang sempurna. Kantor didesain dengan ciri-ciri Indonesia seperti batik dan lukisan. Selain daripada itu, di kantor baru ini kami menerapkan policy flexible work assessment dengan memberi kesempatan karyawan dan karyawati untuk bekerja di rumah. Kami juga menyediakan ruang yang saya rasa lebih bagus untuk mereka berkolaborasi. 

PERLUASAN INVESTASI PT NESTLE INDONESIA
PERLUASAN INVESTASI PT NESTLE INDONESIA (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/foc.)
 

Bagaimana komitmen Nestle terhadap target Sustainable Development Goals (SDGs)?

Kami bangga dengan komitmen Nestle di Indonesia. Kami telah mengintegrasikan SDGs ini ke dalam cara kami bekerja. Cara kami bekerja ini dikenali sebagai creating shared value. Bersama itu kami menggabungkan SDGs ini dalam segala hal. Secara keseluruhan ada tiga ambisi besar untuk menyokong SDGs ini. Salah satunya mewujudkan konsep healthier happier. 

Nestle juga menargetkan net-zero emission di 2050. Nah, bagaimana perusahaan menjalankan bisnis hijau hijaunya saat ini?

Zero emission merupakan satu ambisi yang besar untuk Nestle di seluruh dunia dan di Indonesia. Komitmen ini pun kami lakukan dengan cara kecil tetapi dengan ambisi yang sama besarnya. Tantangan ini amat besar, tetapi kita harus lakukan mulai dari hari ini. Mungkin kami terlambat sedikit, tetapi ada banyak contoh-contoh spesifik di Indonesia yang akan membantu kami mencapai target tersebut.

Salah satu contoh kreatif di Indonesia yang kami lakukan di pabrik kami di Karawang dengan memanfaatkan sekam padi untuk bahan bakar. Di Jawa ada banyak sekam padi yang biasanya akan dibakar petani. Kami mengumpulkan sekam padi dari petani dan membakarnya di pabrik kami. Ini merupakan salah satu contoh terbaik untuk Nestle Group.

Contoh kecil lainnya, setiap produk minuman UHT Nestle menggunakan sedotan kertas 100%. Kami bangga dengan keputusan ini karena kami tidak dipaksa oleh pihak pemerintah. Ini dilakukan oleh Nestle dengan sukarela. 

Sedotan kertas lebih mudah untuk didaur ulang. Sedotan plastik mempunyai masalah yang walaupun bagus tetapi mempunyai masalah dari segi daur ulang. Kami juga menargetkan perusahaan bisa mencapai plastic neutrality pada tahun. Artinya kalau kami menggunakan plastik, kami akan coba mendaur ulang plastik yang digunakan ini. Sekali lagi ini bukan dipaksa. Kami lakukan dengan sukarela supaya lingkungan dapat dijaga dengan sepenuhnya.

Boleh diceritakan bagaimana Anda melihat indikator kesehatan di Indonesia?

Saya amat bangga dan kagum dengan kemajuan yang dicapai oleh Indonesia. Tahun ini Indonesia akan mencapai ulang tahun kemerdekaan yang ke-77.  Dalam 10 tahun terakhir terutama di masa pemerintahan Presiden Jokowi, kemajuan infrastrukturnya begitu bagus. Ada jalan raya tol Trans Jawa dan infrastruktur lain begitu bagus sekali. 

Halaman:
Reporter: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement