Tips dan Trik Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Bagi Pemula

Berikut cara menghasilkan uang dari TikTok dan dapat menjadi pemasukkan tambahan bagi kehidupan sehari-hari.
Image title
16 September 2021, 15:13
Tips dan Trik Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Bagi Pemula
cottonbro/pexels
Ilustrasi cara menghasilkan uang dari tik-tok

Jagat dunia Media Sosial di Indonesia mulai beragam, dari Facebook, Twitter dan yang terbaru ada TikTok. aplikasi ini cukup digandrungi anak muda. Terbukti pengunggahnya mencapai jutaan orang melalui Play Store dan App Store.

Di TikTok mereka bisa bernyanyi, berjoget atau sekedar foto diiringi sejumlah instrumen musik. Aplikasi ini bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Makanya, banyak yang mencari cara menghasilkan uang dari TikTok.

Caranya beragam dan tentunya penghasilan bisa didapat setelah memiliki pengikut dengan jumlah yang tak sedikit. Semakin banyak pengikut, semakin besar pula potensi pendapatan yang akan diterima.

Tips Mencari Uang dari TikTok

Melansir Forbes, majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat, ada beberapa tahapan cara menghasilkan uang dari TikTok.

1. Membangun Merek

Merek adalah representasi dari jati diri. Di bidang pemasaran, merek yang memiliki kesan mendalam dapat menjadi modal utama dalam bergerak. Membangun merek adalah bagaimana sosok diri Anda dapat dikenali para pengguna TikTok lainnya.

Seperti aplikasi Media Sosial lainnya, para pengguna TikTok yang ingin mendapatkan uang harus memiliki target pengikut yang jelas. Sosok diri Anda akan menjadi penilaian dan gambaran mengenai gambaran ekosistem pengikut Anda di TikTok.

Putuskan sejak awal tema-tema video Anda. Apakah bertemakan hiburan atau guyonan humor hingga mungkin rangkuman kisah perjalanan wisata? Lalu tentukan juga apakah Anda membuat konten dengan tema lain seperti romantisme atau tentang perjalanan mencicipi kuliner makanan dan minuman di berbagai tempat? Atau tema lainnya yang sesuai dengan minat dan hobi Anda.

2. Pelajari Pasar dan Unggah Konten yang Diminati Banyak Orang

Tak hanya bagus secara estetika, video unggahan di TikTok harus dibuat sebaik mungkin. Dalam artian, video Anda harus memenuhi selera pasar. Dengan begitu, pasar bisa terbentuk melalui akun Anda dan uang akan masuk.

Konten yang menyenangkan harus selalu diperbarui setiap hari. Memberikan info terbaru kepada para penggemar, dan juga harus disuguhkan dalam format yang unik dan menarik.

3. Perbanyak Pengikut

Kumpulkan pengikut atau follower sebanyak mungkin. Mengumpulkan sebanyak-banyaknya pengikut sangat tergantung dengan kualitas konten atau faktor lain seperti mendapatkan momen bertepatan dengan viralnya video yang diunggah.

Salah satu contoh, seorang pengguna TikTok paling populer di dunia adalah Addison Rae Easterling. Dia mampu mengumpulkan harta hingga mencapai US$ 5 miliar hanya dari TikTok. Saat ini jumlah pengikutnya 54 juta orang yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Diperkiraan setidaknya membutuhkan 10.000 hingga 1 juta pengiku sebelum Anda benar-benar dapat memonetisasi akun Anda. Cara terbaik untuk mendapatkan pengikut adalah dengan memahami apa yang ingin dilihat pasar target Anda, dan mengunggah konten berkualitas kepada mereka beberapa kali sehari.

Tentu ini sebuah perjuangan, karena langkah pertama dalam membangun aplikasi ini adalah membuat ekosistem dan konsistensi untuk bisa membuat video terbaik saban hari.

Langkah Selanjutnya Dalam Mendapatkan Uang Dari Tiktok

Setelah akun TikTok bisa menjadi pemasukkan, Anda sebagai pengguna harus memiliki brand. Agar pengikut Anda terus memantau dan mengikuti segala kegiatan yang diunggah di akun TikTok:

  • Menjadi Influencer

Seperti media sosial lainya, para orang berpengaruh atau influencer di TikTok bisa mendapatkan pekerjaan dengan mempromosikan produk, merek, atau layanan suatu perusahaan dengan harapan bisa meningkatkan penjualan. Biasa kita menyebut pekerjaan tersebut dengan endorse, dan akan mendapat jumlah bayaran yang tentunya menyesuaikan seberapa pengaruh Anda di TikTok.

  • Membuat Konten Berbayar

Bila Anda pengguna TikTok dan sudah memiliki banyak pengikut, Anda bisa membuat program khusus atau video khusus yang didukung dan dibiayai oleh pihak lain. Contohnya, Loren Grey, pengguna TikTok dengan jumlah pengikut mencapai 45 juta mendapatkan kesepakatan dengan Revlon untuk membuat konten perusahaan kosmetik tersebut senilai US$ 2,6 juta.

  • Membuat Album atau Single Lagu

Pada masa awal TikTok hadir dan merajai media sosial di Indonesia. Banyak artis wajah baru yang diorbitkan atau mulai dikenal berkat kepopulerannya di TikTok.

Indonesia pernah memunculkan Bowo Alpenliebe alias Prabowo Mondardo sebagai artis TikTok pertama di Indonesia. Selain itu, banyak musik yang laku keras di pasaran setelah dipopulerkan di TikTok. Musik-musik tersebut tentu menghasilkan pendapatan yang tak sedikit.

Meski sempat menuai kontroversi dan penolakan dari masyarakat. Namun usaha dan pencapaiannya tentu tak bisa dipandang sebelah mata.

  • Jasa Konsultan TikTok

Aplikasi dari Tiongkok/China ini tergolong baru kehadirannya di Indonesia. Namun, dampak dan pasarnya cukup tinggi dan membuat sejumlah pengusaha melirik keberadaannya dan tidak semua orang bisa beradaptasi dengan aplikasi ini. Banyak yang mengira aplikasi ini hanya penyedia video joget dan menyanyi saja, padahal ada banyak manfaat yang bisa didapat.

Dengan membangun jasa konsultan TikTok, Anda bisa memberi nasihat dari proses awal mengunduh aplikasi, membangun strategi dan menentukan pasar. Potensi TikTok di masa depan yang masih cerah membuat jasa konsultan TikTok terbuka lebar segmentasinya bila ingin digeluti sebagai sebuah profesi.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait