Segudang Manfaat Kurma untuk Anemia Hingga Ibu Melahirkan

Image title
16 September 2021, 16:43
ilustrasi manfaat kurma
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Ilustrasi buah kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski buahnya kecil, namun manfaatnya sangat besar. Kurma hidup di padang pasir dengan area sedikit air. Meski demikian sejumlah wilayah di Indonesia mulai melakukan pengembangan agar buah tersebut bisa tumbuh dengan subur di negeri tropis ini.

Manfaat kurma dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti : konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker abdomen, dan kondisi-kondisi lain.

Advertisement

Buah yang ramai saat bulan Ramadan ini juga sangat baik untuk menaikkan berat badan. Kandungan kurma terdiri dari vitamin, mineral, dan serat. Kurma juga mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat bagi tubuh.

Beberapa ahli kesehatan membuktikan khasiat dan manfaat kurma dalam jurnal ilmiah. Banyak di antara mereka yang menuliskan manfaat kurma bagi perkembangan ibu hamil dan menyusui. Manfaat kesehatan dari kurma telah menjadikan buah ini sebagai bahan baku terbaik untuk perkembangan otot.

Agar lebih nikmat, sajian buah kurma dapat dicampurkan dengan sejumlah varian, seperti: mencampur adonan kurma dengan susu, yogurt, atau dengan roti dan mentega. Dengan campuran tersebut, selain menambah manfaat juga menambah rasa agar tidak membosankan.

Sebagai salah satu menu buka puasa kurma membantu menghindari makan berlebihan setelah puasa berakhir. Saat tubuh mulai menyerap nutrisi yang terkandung pada kurma, rasa lapar juga hilang.Sistem syaraf dapat terbantu dengan mengkonsumsi kurma, karena sistem syaraf memiliki potasium dalam jumlah yang tinggi. Oleh karenanya sangat dianjurkan sekali setelah berbuka, minum air putih dan makan kurma.

American Cancer Society menyebutkan mengonsumsi 1 butir kurma setiap hari dapat memenuhi kebutuhan serat harian yang berjumlah 20 gram hingga 35 gram. Konsumsi rutin kurma juga membantu menjaga mata seumur hidup. Karena kurma dikenal cukup efektif dalam melindungi mata dari rabun senja.

Kurma memiliki nilai manfaat begitu besar karena ada kandungan beragam viatmin dan mineral. Kandungan gula dan serat menjadi sumber energi yang baik. Adapun jenis mineral seperti: kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc ditemukan pada kurma. Sedangkan vitaminnya terdiri atas : thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Berikut berbagai macam manfaat kurma bagi kesehatan tubuh manusia:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement