Segudang Manfaat Kurma untuk Anemia Hingga Ibu Melahirkan

Sejuta manfaat kurma bagi kesehatan dan ibu hamil. Meski buahnya kecil namun dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Buah ini biasa ramai di saat bulan puasa dan haji.
Image title
16 September 2021, 16:43
ilustrasi manfaat kurma
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Ilustrasi buah kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski buahnya kecil, namun manfaatnya sangat besar. Kurma hidup di padang pasir dengan area sedikit air. Meski demikian sejumlah wilayah di Indonesia mulai melakukan pengembangan agar buah tersebut bisa tumbuh dengan subur di negeri tropis ini.

Manfaat kurma dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti : konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker abdomen, dan kondisi-kondisi lain.

Buah yang ramai saat bulan Ramadan ini juga sangat baik untuk menaikkan berat badan. Kandungan kurma terdiri dari vitamin, mineral, dan serat. Kurma juga mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat bagi tubuh.

Beberapa ahli kesehatan membuktikan khasiat dan manfaat kurma dalam jurnal ilmiah. Banyak di antara mereka yang menuliskan manfaat kurma bagi perkembangan ibu hamil dan menyusui. Manfaat kesehatan dari kurma telah menjadikan buah ini sebagai bahan baku terbaik untuk perkembangan otot.

Agar lebih nikmat, sajian buah kurma dapat dicampurkan dengan sejumlah varian, seperti: mencampur adonan kurma dengan susu, yogurt, atau dengan roti dan mentega. Dengan campuran tersebut, selain menambah manfaat juga menambah rasa agar tidak membosankan.

Sebagai salah satu menu buka puasa kurma membantu menghindari makan berlebihan setelah puasa berakhir. Saat tubuh mulai menyerap nutrisi yang terkandung pada kurma, rasa lapar juga hilang.Sistem syaraf dapat terbantu dengan mengkonsumsi kurma, karena sistem syaraf memiliki potasium dalam jumlah yang tinggi. Oleh karenanya sangat dianjurkan sekali setelah berbuka, minum air putih dan makan kurma.

American Cancer Society menyebutkan mengonsumsi 1 butir kurma setiap hari dapat memenuhi kebutuhan serat harian yang berjumlah 20 gram hingga 35 gram. Konsumsi rutin kurma juga membantu menjaga mata seumur hidup. Karena kurma dikenal cukup efektif dalam melindungi mata dari rabun senja.

Kurma memiliki nilai manfaat begitu besar karena ada kandungan beragam viatmin dan mineral. Kandungan gula dan serat menjadi sumber energi yang baik. Adapun jenis mineral seperti: kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc ditemukan pada kurma. Sedangkan vitaminnya terdiri atas : thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Berikut berbagai macam manfaat kurma bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Kurma Memperkuat Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Kurma mengandung mineral yang sangat tinggi dan bermanfaat bagi stimulus pelawan penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium; seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang, khususnya bagi orang-orang yang mulai menua dan tulang mereka mulai melemah. Jadi makanlah kurma dan rasakan manfaatnya pada tulang anda.

2. Kurma Menyembuhkan Konstipasi

Konstipasi sebuah penyakit gangguan yang menyebabkan gangguan pencernaan sehingga seseorang buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Gangguan penyakit tersebut dapat diatasi dengan kurma.

Kurma memiliki efek pencuci perut. Untuk mendapat hasil maksimal bisa dilakukan dengan merendam kurma dalam air semalam. Kemudian, makan kurma yang telah direndam dan sudah menjadi seperti sirup. Kurma memiliki tingkat serat yang tinggi, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan perut dan memperlancar buang air besar dan menyembuhkan gejala konstipasi. Karena manfaat tersebut kurma juga memiliki julukan sebagai buah pencuci perut.

3. Kurma Mengatasi Gangguan Usus

Kurma mengandung nikotin yang bermanfaat dalam mengobati berbagai penyakit yang mengenai usus. Konsumsi buah kurma secara rutin membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi tubuh pada usus. Untuk masalah pencernaan, kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien. Artinya dengan mengonsumsi kurma lebih banyak nutrisi akan diserap oleh sistem pencernaan dan memasuki tubuh untuk penggunaan yang benar.

4. Kurma Mengatasi Anemia

Kandungan mineral yang tinggi dalam kurma, sangat bermanfaat untuk mengobati anemia. Hal itu disebabkan kurma yang mengandung zat besi yang sangat tinggi. Selain itu kurma juga menjadi pengganti energi dan di saat bersamaan juga berguna untuk menghilangkan rasa lelah dan lesu.

5. Kurma Dapat Mencegah Alergi

Di dalam buah kurma terkandung sulfur organik yang menjadi aspek penting dan kaya manfaat. Sulfur organik ini bukanlah nutrisi umum yang bisa ditemukan pada makanan, namun memiliki kekayaan manfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

Menurut penelitian di tahun 2002, kandungan sulfur organic dapat memiliki dampak positif pada penderita SAR (Seasonal Allergic Rhinitis), yang mempengaruhi 23 juta penduduk Amerika Serikat. Kurma merupakan cara yang sangat baik untuk mengurangi efek yang muncul akibat alergi musiman dikarenakan kontribusi sulfur yang berasal dari kurma.

7. Kurma Dapat Membantu Persalinan Ibu Hamil

Ada banyak manfaat kurma bagi kesehatan dan salah satunya untuk ibu hamil. Di saat mereka sedang membutuhkan banyak nutrisi, kurma hadir sebagai buah yang mungil yang kaya akan manfaat. Berbagai jurnal melakukan penelitian terhadap buah ini. Salah satunya dari Poltekkes Mataram yang menyebut bahwa jus kurma dapat membantu ibu hamil saat mengalami kontraksi. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait