Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar Beserta Artinya

Dwi Latifatul Fajri
17 September 2021, 16:01
Doa Sebelum Belajar, doa sesudah belajar
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Berdoa untuk menuntut ilmu dan belajar dianjurkan dalam Islam. Dalam Islam, ada dua doa yang bisa dilafalkan sebelum dan sesudah belajar. Tujuan dari berdoa ini supaya lebih mudah menerima pelajaran, mendapatkan ilmu, dan berkah dari proses belajar.

Proses belajar ini membutuhkan fokus tinggi, suasana yang nyaman, dan mendapat hasil yang memuaskan. Belajar dan menuntut ilmu merupakan bentuk ibadah. Berikut doa sebelum dan sesudah belajar serta artinya, yang perlu diketahui umat muslim.

Doa Sebelum Belajar dan Artinya

Doa pertama

Doa ini dibaca sebelum memulai belajar. Doa ini ampuh untuk memulai belajar singat dan mudah. Doa ini disebutkan dalam Surat Taha bab 20 ayat 114.

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodhitu billahirobba, wabil islaamidina, wabi-muhammadin nabiyyaw warosula. Robbi zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya: "Aku rida Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

Doa kedua

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh."

Doa Sesudah Belajar dan Artinya

Doa pertama

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya kutitipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam."

Doa kedua

اَللّ هُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa'ah. Wa arinal baathila ba-thilan warzuqnaj tinaabahu

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan, sehingga kami dapat menjauhinya"

Doa ketiga

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّ هِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kullihal

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

Dalam menuntut ilmu dan agama tidak diragukan lagi manfaatnya. Orang yang berilmu mulai belajar dari awal untuk mendapatkan pengetahuan yang makin tinggi.

Mengutip dari almanhaj.or.id, Syaikh as-Sa’di rahimahullah menjelaskan alasan mengapa Rasulullah SAW, memerintahkan untuk berdoa dan memohon tambahan ilmu.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...