Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar Beserta Artinya

Berdoa untuk menuntut ilmu dan belajar dianjurkan dalam Islam. Berikut doa sebelum belajar dan sesudah beserta artinya.
Dwi Latifatul Fajri
17 September 2021, 16:01
Doa Sebelum Belajar, doa sesudah belajar
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Berdoa untuk menuntut ilmu dan belajar dianjurkan dalam Islam. Dalam Islam, ada dua doa yang bisa dilafalkan sebelum dan sesudah belajar. Tujuan dari berdoa ini supaya lebih mudah menerima pelajaran, mendapatkan ilmu, dan berkah dari proses belajar.

Proses belajar ini membutuhkan fokus tinggi, suasana yang nyaman, dan mendapat hasil yang memuaskan. Belajar dan menuntut ilmu merupakan bentuk ibadah. Berikut doa sebelum dan sesudah belajar serta artinya, yang perlu diketahui umat muslim.

Doa Sebelum Belajar dan Artinya

Doa pertama

Doa ini dibaca sebelum memulai belajar. Doa ini ampuh untuk memulai belajar singat dan mudah. Doa ini disebutkan dalam Surat Taha bab 20 ayat 114.

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodhitu billahirobba, wabil islaamidina, wabi-muhammadin nabiyyaw warosula. Robbi zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya: "Aku rida Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

Doa kedua

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh."

Doa Sesudah Belajar dan Artinya

Doa pertama

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya kutitipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam."

Doa kedua

اَللّ هُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa'ah. Wa arinal baathila ba-thilan warzuqnaj tinaabahu

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan, sehingga kami dapat menjauhinya"

Doa ketiga

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّ هِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kullihal

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

Dalam menuntut ilmu dan agama tidak diragukan lagi manfaatnya. Orang yang berilmu mulai belajar dari awal untuk mendapatkan pengetahuan yang makin tinggi.

Mengutip dari almanhaj.or.id, Syaikh as-Sa’di rahimahullah menjelaskan alasan mengapa Rasulullah SAW, memerintahkan untuk berdoa dan memohon tambahan ilmu.

Kata beliau, “Sesungguhnya ilmu adalah kebaikan. Dan limpahan kebaikan memang dibutuhkan. Ilmu itu sendiri berasal dari Allah Azza wa Jalla. Dan cara untuk menggapainya ialah dengan keseriusan, antusiasme besar kepada ilmu, memintanya dan memohon bantuan kepada Allah Azza wa Jalla serta menghinakan diri kepada-Nya pada setiap saat. Demikian penuturan beliau dalam tafsirnya (hal. 551).

Waktu Terbaik untuk Belajar

Mengutip dari Islamhashtag.com, menurut Khatib Al-Baghdadi (rahimahullah) dalam bukunya berjudul “Al-Faqih wal-Mutafaqqih”, menjelaskan waktu terbaik belajar.

Waktu belajar terbaik dimulai ketika shubuh atau sahur sebelum berpuasa. Kemudian belajar bisa dilakukan tengah hari. Pada pagi dan sore hari bisa menghafal materi untuk belajar. Namun, waktu terbaik untuk belajar ketika malam hari.

Beliau berkata “dan tempat yang paling baik untuk menghafal adalah kamar-kamar yang berada di atas permukaan tanah dan semua tempat yang ada di dalamnya. Tidak ada gangguan. Lebih baik seseorang menghindari tempat-tempat hijau, tepi sungai dan pinggir jalan karena tempat-tempat seperti itu secara alami mengalihkan pikiran".

Sunah Sebelum Belajar dan Meningkatkan Daya Ingat Otak

Nabi Muhammad SAW menyarankan sebelum belajar disunahkan makan sedikit. Menurut penelitian ilmiah, sunah makan sebelum belajar membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Imam Bukhari (rahimahullah) pernah ditanya mengenai manfaat meningkatkan daya ingat otak. Beliau menjawab "Keserakahan sejati akan ilmu, dan mutala’ah (belajar) yang gigih".

Keutamaan Berdoa Sebelum Memulai Kegiatan

1. Doa merupakan ibadah bentuk ketaatan pada Allah SWT.

2. Doa dapat mencegah bala bencana.

3. Doa bermanfaat atas izin Allah SWT.

4. Doa merupakan sebab kuat dan semakin mendapat pertolongan untuk menghadapi musuh.

5. Doa merupakan bukti benarnya iman dan pengenalan seseorang pada Allah SWT.

6. Doa menunjukkan bukti benarnya tawakkal seseorang pada Allah SWT.

7. Doa sebagai peredam murka Allah SWT.

Itulah bacaan doa pendek sebelum dan sesudah belajar. Bacalah doa ini untuk mendapatkan ilmu dan hasil yang baik. Semoga Bermanfaat!

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait