Beragam Manfaat Air Mawar Dari Cegah Penuaan Hingga Penumbuhan Jerawat

Manfaat air mawar bagi kesehatan kulit dan terutama dapat menjadi pembersih muka agar cerah kembali
Image title
23 September 2021, 14:06
Larutan Air Mawar
Pixabay
Larutan Air Mawar

Bunga mawar adalah salah satu jenis tanaman semak yang berasal dari genus Rosa. Apabila meniliki pada spesies mawar liar maka jumlahnya bisa mencapai 100 lebih. Jumlah tersebut kebanyakan berada di belahan bumi utara dengan nuansa udara yang sejuk.

Mawar umumnya memiliki karakter tumbuhan semak yang dapat merambat kepada tanaman lain. Varian tingginya pun beraneka ragam, dari 2 hingga 5 meter. Bahkan ada beberapa jenis bunga mawar yang bisa memiliki tinggi 20 meter. Namun, jenis tersebut tak lazim ditemui di ekosistem flora Indonesia.

Bunga yang selalu diidentikkan dengan citra feminim ini juga memiliki kemewahan dan sering digunakan sebagai bahan mempercantik diri. Manfaatnya bisa diperoleh dari proses penyulingan kelopak mawar dan sebagainya.

Khasiat Air Mawar

Dalam keseharian mawar selalu diolah dengan menggunakan air sehingga diperoleh melalui rendaman. Teknik sudah diketahui sejak ribuan tahun lamanya. Air mawar dibuat dengan cara melakukan penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar.

Air mawar mengandung bahan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat karena efek relaksasinya pada kulit. Sifat dari air mawar sendiri yang anti inflamasi juga akan meredakan efek ruam atau peradangan pada kulit Anda. Selain itu, air mawar juga mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini dapar bekerja dengan baik di kulit wajah sebagai antioksidan yang dipercaya mampu melawan penuaan (aging).

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Kulit

Melansir Hellosehat.com, ada beragam manfaat dari air mawar. Selain untuk menjaga kesehatan kulit dari berbagai penyakit, air mawar juga berfungsi untuk menjaga kecantikan sehingga wajah tetap berseri alami sepanjang waktu.

1. Menjadi Pembersih Wajah Alami

Salah satu khasiat air mawar adalah sebagai pembersih wajah. Atau akrab dalam percakapan masyarakat disebut dengan toner. Efeknya bisa membersihkan dan memberikan kesegaran pada wajah secara alami. Cara menggunakannya juga mudah. Anda bisa menuangkan air mawar pada kapas, lalu tepuk-tepuk pada permukaan wajah Anda. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini sebelum tidur secara rutin.

2. Mencegah Tumbuhnya Jerawat

Air mawar mengandung antiseptik alami yang bermanfaat untuk menangani masalah bakteri yang sangat rentan pada kulit berjerawat. Anda dapat menggunakan air mawar di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan skincare. Bila air mawar ini rutin digunakan selama sekitar tiga minggu, maka manfaatnya akan cukup baik untuk menangani masalah kulit berjerawat.

3. Membuat Kulit Wajah Semakin Bersinar

Manfaat lain dari air mawar adalah membersihkan wajah dan menjadikannya semakin bersinar.Hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin A dan E yang bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidan dari air mawar mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

4. Mencegah Penuaan Dini

Salah sau formula dari air mawar yang menjadi andalan adalah rose hip seeds. Sejumlah penelitian menyebut zat ini memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Nutrisi yang meresap ke dalam kulit, mampu meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan di wajah sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.

5. Menyembuhkan Peradangan Kulit

Salah satu sifat air mawar adalah inflamasi. SIfat ini dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat iritasi, jerawat, ataupun masalah kulit lainnya. Selain itu, air bunga mawar ini juga bisa mengontrol minyak berlebih pada kulit dan membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di pori-pori yang yang menyebabkan komedo.

6. Memberikan Ketenangan dan Meregangkan Otot

Tidak hanya efek kesegaran yang timbul dari air mawar. Namun khasiatnya juga manjur untuk digunakan sebagai campuran air untuk berendam dengan air hangat. Anda bisa menyampurkan dua gelas ekstrak air mawar untuk merileksasi tubuh ketika mandi setelah lelah beraktivitas seharian.

7. Merontokkan Ketombe

Bukan hanya shampo yang bisa menjadi penangkal ketombe, air mawar juga diketahui sebagai pengobatan untuk radang kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Masyarakat juga dapat menjadikan air mawar sebagai kondisioner alami yang memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut Anda.

Pemuliaan Mawar

Masyarakat mendorong teknik kultur in vitro yang menjadi alternatif agar budidaya mawar tidak memiliki ketergantungan terhadap musim karena dilakukan di ruang tertutup, daya multiplikasi tinggi, dan dapat menghasilkan tanaman yang bebas bakteri dan cendawan.

Kultur jaringan adalah suatu metode untuk mengisolasi bagian dari tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik, sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman lengkap kembali.

Teknik ini dilakukan dengan menggunakan salah satu bagian tanaman mawar yang digunakan sebagai eksplan (jaringan, organ, embrio, sel tunggal, protoplas, dan sebagainya) dan ditanam pada media bernutrisi secara aseptis.

Media tersebut mengandung berbagai konsentrasi hormon untuk mendukung pertumbuhan eksplan yang diinginkan.Adapun yang menjadi dasar kultur jaringan ini adalah teori totipotensi.

Demikianlah manfatat dari bunga mawar yang tak hanya digunakan sebagai hiasan namun juga ramuan obat bagi kesehatan kulit. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait