16 Manfaat Toge untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Dwi Latifatul Fajri
21 September 2021, 13:55
16 Manfaat Toge untuk Kesehatan Pria dan Wanita
KlikDokter.com

Toge atau toge masuk dalam biji-bijian yang dibiarkan tumbuh menjadi kecambah. Toge digunakan sebagai sayuran pelengkap di soto, tumis, gado-gado, pecel, dan masih banyak lagi. Toge juga menjadi pelengkap hidangan yang bermanfaat untuk tubuh.

Proses pertumbuhan biji ke toge cukup mudah. Biji toge direndam selama beberapa jam di suhu dan kelembaban yang tepat. Kemudian, kecambah akan muncul selama dua sampai tujuh hari. Pertumbuhan toge biasanya 2-5 cm.

Advertisement

Manfaat Toge untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi pada toge dinilai baik untuk pria dan wanita. Toge bisa meningkatkan produksi sperma pada pria. Sedangkan pada wanita, toge mampu menjaga kesuburan, menstruasi, dan perawatan kulit.

Toge memiliki berbagai kandungan seperti vitamin, mineral, dan juga rendah kalori. Beberapa penelitian menunjukkan kalau kecambah mengandung asam amino dan protein yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat toge:

1. Manfaat Toge untuk Pria

Toge mengandung selenium yang bisa meningkatkan kualitas sperma. Kandungan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah yang membantu mencegah disfungsi ereksi.

Toge juga memiliki vitamin E sebagai antioksidan yang penting untuk proses reproduksi. Selain itu vitamin E dibutuhkan untuk membentuk sperma yang sehat. Vitamin E juga membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan memperlambat penuaan.

Selain toge, selenium bisa ditemukan pada ayam, daging sapi, ikan, roti gandum, daging kalkun, dan keju. Sedangkan vitamin E banyak diperoleh dari sayuran hijau dan biji-bijian.

2. Manfaat Toge untuk Wanita

Kecambah bisa bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, termasuk sel kanker payudara. Proses kacang menjadi kecambah ditentukan 90% rantai polisakarida. Proses tersebut akan menjadi karbohidrat sederhana, sehingga mudah diserap tubuh.

Selain itu, toge juga mudah terserap oleh tubuh tanpa menghasilkan gas. Biji kecambah ini juga mengandung serat dan air yang membantu pencernaan. Manfaat toge lainnya, yakni bisa mengurangi zat beracun yang meresap ke dalam tubuh.

3. Mengontrol Gula Darah

Toge juga dapat meningkatkan kemampuan mengatur enzim amilase yang bisa memecah dan mencerna gula dengan benar. Mengutip Healthline.com, penelitian mengenai kecambah dilakukan pada beberapa orang yang terkena diabetes tipe 2.

Mereka mengonsumsi 60 gram kecambah alias toge setiap hari dan makanan bergizi lainnya. Sementara orang lain mengonsumsi makanan normal. Sekitar 8 minggu, orang yang rutin mengonsumsi kecambah berhasil menurunkan 10% kadar hemoglobin (sel darah merah).

Orang yang menderita diabetes tipe 2 ini rutin mengonsumsi suplemen kecambah, sehingga berhasil menurunkan kadar insulin dalam darah.

4. Melancarkan Pencernaan

Biji toge mengandung serat untuk mencerna makanan. Kecambah ini juga mengurangi gluten (jenis protein) yang ditemukan pada biji-bijian. Kandungan gluten berlebih bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mengganggu pencernaan. Toge membantu melancarkan pencernaan terutama bagi yang sensitif pada gluten.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan kolesterol jahat pada penderita diabetes bisa memicu risiko jantung dan aterosklerosis atau penyempitan dan penumpukan pembuluh darah. Manfaat toge dalam hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes, karena mengandung asam lemak omega-3.

6. Mencegah Osteoporosis

Manula (lanjut usia) terutawa wanita mengalami penurunan kepadatan tulang atau osteoporosis. Sementara itu, toge mengandung estrogen alami yang bisa meningkatkan pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatan tulang.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Biji toge bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya antioksidan. Antioksidan bisa membuang racun pada tubuh yang disebabkan radikal bebas.

8.  Perawatan Kulit

Vitamin E sebagai antioksidan bisa melembabkan dan meremajakan kulit. Vitamin E juga bisa menjaga keseimbangan hormon. Antioksidan pada kecambah bisa melindungi kulit dari sinar matahari, hingga menangkal kanker kulit.

9. Menurunkan Berat Badan

Manfaat toge lainnya, yakni baik dikonsumsi sebagai menu diet karena rendah lemak. Dalam 124 gram toge hanya mengandung 0,11 gram lemak. Toge bisa menjadi sumber nutrisi yang penting untuk diet rendah lemak dan menurunkan diabetes.

10. Mencegah Gangguan Menstruasi

Menstruasi menyebabkan wanita cenderung mengalami gejala kesakitan sampai nyeri. Hal itu terjadi karena adanya kontraksi otot pada dinding rahim. Kontraksi ini meningkatkan hormon prostaglandin yang memicu rasa sakit.

Toge mampu meningkatkan aliran darah dan menetralisir faktor-faktor yang membantu munculnya rasa sakit tersebut. Jika Anda memasuki waktu menstruasi, mengonsumsi kecambah untuk mengurangi rasa sakit bisa menjadi pilihan tepat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement