16 Manfaat Toge untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Toge atau tauge masuk dalam biji-bijian yang dibiarkan tumbuh menjadi kecambah. Toge memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut manfaat toge untuk kesehatan.
Dwi Latifatul Fajri
21 September 2021, 13:55
16 Manfaat Toge untuk Kesehatan Pria dan Wanita
KlikDokter.com

Toge atau toge masuk dalam biji-bijian yang dibiarkan tumbuh menjadi kecambah. Toge digunakan sebagai sayuran pelengkap di soto, tumis, gado-gado, pecel, dan masih banyak lagi. Toge juga menjadi pelengkap hidangan yang bermanfaat untuk tubuh.

Proses pertumbuhan biji ke toge cukup mudah. Biji toge direndam selama beberapa jam di suhu dan kelembaban yang tepat. Kemudian, kecambah akan muncul selama dua sampai tujuh hari. Pertumbuhan toge biasanya 2-5 cm.

Manfaat Toge untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi pada toge dinilai baik untuk pria dan wanita. Toge bisa meningkatkan produksi sperma pada pria. Sedangkan pada wanita, toge mampu menjaga kesuburan, menstruasi, dan perawatan kulit.

Toge memiliki berbagai kandungan seperti vitamin, mineral, dan juga rendah kalori. Beberapa penelitian menunjukkan kalau kecambah mengandung asam amino dan protein yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat toge:

1. Manfaat Toge untuk Pria

Toge mengandung selenium yang bisa meningkatkan kualitas sperma. Kandungan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah yang membantu mencegah disfungsi ereksi.

Toge juga memiliki vitamin E sebagai antioksidan yang penting untuk proses reproduksi. Selain itu vitamin E dibutuhkan untuk membentuk sperma yang sehat. Vitamin E juga membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan memperlambat penuaan.

Selain toge, selenium bisa ditemukan pada ayam, daging sapi, ikan, roti gandum, daging kalkun, dan keju. Sedangkan vitamin E banyak diperoleh dari sayuran hijau dan biji-bijian.

2. Manfaat Toge untuk Wanita

Kecambah bisa bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, termasuk sel kanker payudara. Proses kacang menjadi kecambah ditentukan 90% rantai polisakarida. Proses tersebut akan menjadi karbohidrat sederhana, sehingga mudah diserap tubuh.

Selain itu, toge juga mudah terserap oleh tubuh tanpa menghasilkan gas. Biji kecambah ini juga mengandung serat dan air yang membantu pencernaan. Manfaat toge lainnya, yakni bisa mengurangi zat beracun yang meresap ke dalam tubuh.

3. Mengontrol Gula Darah

Toge juga dapat meningkatkan kemampuan mengatur enzim amilase yang bisa memecah dan mencerna gula dengan benar. Mengutip Healthline.com, penelitian mengenai kecambah dilakukan pada beberapa orang yang terkena diabetes tipe 2.

Mereka mengonsumsi 60 gram kecambah alias toge setiap hari dan makanan bergizi lainnya. Sementara orang lain mengonsumsi makanan normal. Sekitar 8 minggu, orang yang rutin mengonsumsi kecambah berhasil menurunkan 10% kadar hemoglobin (sel darah merah).

Orang yang menderita diabetes tipe 2 ini rutin mengonsumsi suplemen kecambah, sehingga berhasil menurunkan kadar insulin dalam darah.

4. Melancarkan Pencernaan

Biji toge mengandung serat untuk mencerna makanan. Kecambah ini juga mengurangi gluten (jenis protein) yang ditemukan pada biji-bijian. Kandungan gluten berlebih bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mengganggu pencernaan. Toge membantu melancarkan pencernaan terutama bagi yang sensitif pada gluten.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan kolesterol jahat pada penderita diabetes bisa memicu risiko jantung dan aterosklerosis atau penyempitan dan penumpukan pembuluh darah. Manfaat toge dalam hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes, karena mengandung asam lemak omega-3.

6. Mencegah Osteoporosis

Manula (lanjut usia) terutawa wanita mengalami penurunan kepadatan tulang atau osteoporosis. Sementara itu, toge mengandung estrogen alami yang bisa meningkatkan pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatan tulang.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Biji toge bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya antioksidan. Antioksidan bisa membuang racun pada tubuh yang disebabkan radikal bebas.

8.  Perawatan Kulit

Vitamin E sebagai antioksidan bisa melembabkan dan meremajakan kulit. Vitamin E juga bisa menjaga keseimbangan hormon. Antioksidan pada kecambah bisa melindungi kulit dari sinar matahari, hingga menangkal kanker kulit.

9. Menurunkan Berat Badan

Manfaat toge lainnya, yakni baik dikonsumsi sebagai menu diet karena rendah lemak. Dalam 124 gram toge hanya mengandung 0,11 gram lemak. Toge bisa menjadi sumber nutrisi yang penting untuk diet rendah lemak dan menurunkan diabetes.

10. Mencegah Gangguan Menstruasi

Menstruasi menyebabkan wanita cenderung mengalami gejala kesakitan sampai nyeri. Hal itu terjadi karena adanya kontraksi otot pada dinding rahim. Kontraksi ini meningkatkan hormon prostaglandin yang memicu rasa sakit.

Toge mampu meningkatkan aliran darah dan menetralisir faktor-faktor yang membantu munculnya rasa sakit tersebut. Jika Anda memasuki waktu menstruasi, mengonsumsi kecambah untuk mengurangi rasa sakit bisa menjadi pilihan tepat.

11. Kandungan Estrogen

Toge mengandung estrogen yang baik untuk hormon wanita. Bagi wanita, kandungan alami estrogen bisa mencegah pengeroposan tulang, kanker payudara, dan masalah menopause.

12. Anemia (kekurangan darah)

Gejala tubuh menderita anemia adalah lemas, lelah, sakit kepala, sering mengantuk, kulit terlihat pucat, nyeri dada, dingin di tangan dan kaki. Zat besi pada toge bisa membentuk sel darah merah pada tubuh.

Hemoglobin dibentuk dari protein yang terkandung dalam sel darah merah. Rutin mengonsumsi toge bisa mengurangi gejala anemia. Vitamin C bisa mendorong penyerapan zat besi pada usus.

13. Sembelit

Toge mengandung 1,9 gram serat yang baik untuk pencernaan. Selain memperlancar usus halus, toge juga mampu memperlancar buang air besar. Jika Anda sering menderita sembelit atau susah buang air besar cobalah rutin mengonsumsi toge. Selain toge, serat bisa ditemukan pada buah pir, tomat, brokoli, jagung, alpukat, dan beras merah.

14. Merawat Kuku

Jika Anda ingin merawat kuku yang bersih, kuat, dan cantik cobalah mengonsumsi toge. Toge mengandung seng, vitamin dan protein yang bisa menjaga kesehatan kuku.

15. Kesehatan Mata

Toge mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Antioksidan pada toge bisa melindungi sel-sel mata dari radikal bebas.

16. Kesehatan Rambut

Toge mengandung vitamin C dan K yang membuat rambut tumbuh panjang dan kuat. Toge bisa mencegah rambut rontok dan membuat rambut berkilau dan halus.

Vitamin E pada toge bisa meningkatkan sirkulasi darah ke tengkorak, sehingga akar rambut bisa mendapatkan nutrisi. Mineral dan zat besi membawa oksigen untuk mencapai rambut dan akarnya.

Kandungan omega-3 pada toge bisa mencegah rambut rontok dan kering. Mengutip dari Foodtolive.com, kecambah bisa memelihara akar rambut untuk mencegah rambut rontok dan rapuh.

Jenis Kecambah

Ada berbagai jenis kecambah yang dijual di pasaran yaitu:

  • Kacang dan toge

Jenis kacang dan toge seperti kedelai, kacang hijau, kacang hitam, kacang merah, kacang hijau dan kecambah kacang polong.

  • Biji-bijian

Jenis kecambah ini antara lain beras merah, soba, bayam, kamut, quinoa, dan kecambah gandum.

  • Kecambah sayur atau daun

Jenis kecambah seperti lobak, brokoli, bit, sawi, semanggi, selada

  • Kecambah kacang dan biji

Jenis kecambah ini seperti almond, biji lobak, biji alfalfa, biji labu, biji wijen atau kecambah biji bunga matahari

Tips Membeli Toge

Toge atau kecambah biasanya dikonsumsi mentah dan menjadi pelengkap hidangan. Kecambah mentah bisa berbahaya bagi tubuh jika tidak dibersihkan dengan baik.

Kecambah mentah bisa menjadi sarang perkembang biakan bakteri E. coli dan Salmonella. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), menemukan 48 jenis penyakit yang berhubungan dengan toge mentah.

Keracunan pada kecambah sering terjadi. Biasanya, gejala keracunan ini muncul 12-72 jam setelah makan kecambah disertai diare, kram perut, dan muntah. Keracunan makanan bisa berakibat fatal bagi ibu hamil, anak-anak, lansia, serta menurunkan sistem imun. Berikut tips membeli toge berkualitas:

1. Belilah kecambah dingin karena kecambah segar biasanya didinginkan terlebih dahulu
2. Lihat penampilan kecambah apakah segar dan bersih. Hindari membeli kecambah yang berbau dan berlendir
3. Setelah membeli, simpan toge di lemari es pada suhu di bawah 48°F (8°C).
4. Sebelum membersihkan toge, cuci tangan terlebih dahulu agar toge terbebas dari kuman dan bakteri.

Itulah 16 manfaat toge untuk kesehatan pria dan wanita. Toge mengandung nutrisi penting bagi tubuh dan bisa dimakan mentah, sekaligus menjadi menu pilihan diet rendah lemak.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait