Pengertian Larutan Asam dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Image title
28 September 2021, 17:46
Pengertian Larutan Asam dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Pixabay
Ilustrasi hujan asam

Bila kita pergi ke dapur tentunya akan didapat aneka varian bumbu masak dengan beragam rasa. Ada pahit, manis dan asam. Dalam pembahasan ini kita akan membahas mengenai rasa asam yang masuk dalam kategori zat yang dalam ilmu kimia digolongkan sebagai asam.

Oleh karenanya semua bahan yang mempunyai rasa asam memang mengandung asam, contohnya: cuka mengandung asam asetat, jeruk nipis mengandung asam sitrun. Rasa pahit terkait dengan bahan lain yang digolongkan sebagai basa. Namun tidak semua yang pahit merupakan basa. Contoh basa dalam kehidupan sehari-hari yaitu kapur sirih.

Advertisement

Pembahasan ini akan dikupas secara detail dalam mata pelajaran kimia bagi para siswa kelas XI SMA atau Madrasah Aliyah. Dalam penjelasan singkat ini akan dibahas mengenai larutan asam yang lekat dalam kehidupan dari  varian makanan hingga beragam peristiwa alam. 

Definisi Larutan Asam

Melansir buku Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI karya Unggul Sudarmo, bahwasanya larutan Asam ialah larutan yang bersifat asam. Larutan asam bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion H+.  Pengertian Asam menurut kamus sains bergambar yaitu, suatu zat yang membentuk ion hidrogen dalam larutan; mengandung hidrogen yang bisa diganti dengan logam untuk membentuk garam. Beberapa asam bersifat korosif dan kebanyakan asam bisa mengubah suatu indikator.

Bila membaca penjelasan tersebut cukup jelas mengenai pengertian sifat asam. Selain itu, disebut juga mengenai sifat korosif. Korosi sendiri bermakna perusakan yang berlangsung lambat pada suatu logam akibat aktivitas zat-zat kimia seperti asam atau oksigen atmosfer, misalnya tembaga yang diletakkan di udara terbuka akan terkorosi dan membentuk suatu lapisan hijau. Sehingga kata korosi selalu identik dengan dengan sifat atau peristiwa kerusakan. 

 Secara istilah asam berarti suatu zat yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion hidrogen (H+). Jadi, pembawa sifat asam adalah ion H+ (ion hidrogen), sehingga rumus kimia asam selalu mengandung atom hidrogen. (HA, A adalah atom atau senyawa lain.. misal Cl (klorida) menjadi HCl = Asam Klorida). Ion hidrogen mempunyai muatan positif (makanya dikasih tanda plus (+) disebelah atas belakang H).

Ciri-Ciri Larutan Asam

  • Derajat keasaman atau PH-nya kurang dari 7.
  • Membuat kertas lakmus biru menjadi kertas lakmus merah (perubahan warna).
  • Bersifat asam.
  • Korosif (dapat melarutkan berbagai jenis logam.

Sifat-Sifat Larutan Asam

Asam memiliki sifat-sifat yang dapat dengan mudah dilihat dalam kehidupan keseharian, yakni sebagai berikut :

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement