40 Kata Mutiara Islami dari Hadis Nabi dan Nasihat Ulama

Kumpulan kata mutiara islami yang disarikan dari kutipan ayat, hadis hingga nasihat ulama untuk pelecut semangat kehidupan
Image title
29 September 2021, 12:20
Kumpulan kata mutiara islami yang disarikan dari kutipan ayat , hadis hingga nasihat ulama untuk pelecut semangat kehidupan
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Seorang anak mengaji di Masjid Baiturrohmah, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021). Masjid yang dibangun pada tahun 1938 oleh ulama besar yang juga pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, KH Usman Dhomiri tersebut merupakan masjid tertua di Kota Cimahi yang menjadi sarana penyebaran agama islam di kota tersebut..

Dalam kehidupan selalu ada pasang surut, baik terkadang ada rasa malas rajin atau sebaliknya. Oleh karenanya motivasi harus selalu dihadirkan agar laku kehidupan bisa terus berwarna dan semangat tetap bisa terjaga.

Berikut adalah 40 kata mutiara islami yang bisa dijadikan panduan dalam hidup, yang disarikan dari sejumlah hadis dan nasihat ulama. 

1. "Untuk mendapatkan apa yang Anda suka, pertama Anda harus bersabar dengan apa yang Anda benci." – Imam Al Ghazali.

2. "Saat aku tidak mengungkapkan kecantikanmu dengan kata-kata, aku menyimpan cintaMu di hatiku." – Jalaluddin Rumi

3. "Ketahuilah yang sebenarnya, maka Anda akan mengenal orang yang tepat. Benar Tidak diukur oleh umatnya, tetapi manusia diukur dengan kebenaran." – Ali bin Abi Thalib.

4. "Hidup seperti pohon yang berbuah; tinggal di pinggir jalan dan dilempari batu, tetapi dibayar dengan buah." - Abu Bakar Sibli.

5. "Manusia yang rasional adalah manusia yang suka menerima dan meminta nasehat." - Umar bin Khattab.

6. "Jangan bersedih hati. Apa pun yang hilang dari Anda akan dikembalikan dalam bentuk lain." – Jalaluddin Rumi.

7. “Rahasia kebahagiaan ada dalam 3 hal: Kesabaran, Syukur dan Ketulusan.”

8. “Jika kita berpikir tentang ketidakpercayaan, akan banyak hal yang harus kita keluhkan. Tetapi jika kita berpikir tentang rasa syukur, sungguh tak terhitung banyaknya nikmat yang telah kita terima.”

9. “Terkadang kehidupan yang Anda keluhkan adalah kehidupan yang didambakan banyak orang.”

10. “Ada dua macam kesabaran: kesabaran untuk sesuatu yang tidak Anda inginkan dan kesabaran untuk menahan diri dari sesuatu yang Anda inginkan” Ali Bin Abi Thalib.

 11. “Hidup adalah pilihan, apapun yang membuatmu sedih, pergilah. Dan apapun yang membuatmu tersenyum, jangan lepaskan.”

12. “Saat perjalanan hidup terasa membosankan. Maka Tuhan menyuruh kita untuk sangat bersyukur.”

13. “Takutlah akan dosa-dosamu ketika kamu sendirian, ketika saksimu juga menjadi hakimmu.” (Ali bin Abi Tholib).

14. “Dalam konteks kesabaran, hinaan dan hujatan adalah prosesi pencairan dosa manusia oleh Yang Maha Penyayang.”

15. “Seandainya tidak ada kehidupan setelah kematian, maka yang miskin, yang bodoh dan yang teraniaya akan kalah! Robb, betapa adilnya dirimu.”

16. “Hati menjadi gelisah dan gelisah ketika kita terbiasa berspekulasi dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan kehidupan.” – Aa Gym.

17. “Sabar dan mampu memurnikan sesuatu yang telah hilang adalah salah satu cara untuk menemukan kebahagiaan.”

18. “Kebanyakan dari kita tidak bersyukur atas apa yang telah kita miliki, tetapi kita menyesali apa yang belum kita capai.”

19. “Mereka yang sangat terluka karena meninggalkan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya terlalu jauh.”

20. “Iman membuat seseorang mencintai kematian. Ketidakpercayaan membuat seseorang takut akan kematian.”

21. “Barangsiapa tidak bersyukur sedikit, maka dia tidak akan bisa bersyukur untuk banyak.” - HR. Ahmad |

22. “Lebih baik kehilangan sesuatu demi Tuhan. Dari pada kehilangan Tuhan karena sesuatu.” – Mufti Menk.

23. “Tuhan tidak pernah berkata bahwa jalan hidup akan mudah. ​​Tapi, Dia berkata ‘Aku akan bersama mereka yang sabar.'”

24. “Kesabaran adalah saat hati tidak merasa marah pada apa yang sudah ditakdirkan dan mulut tidak mengeluh.” – Ibn Qayyim

25. “Dua hal yang bisa mendeskripsikan Anda, yaitu kesabaran Anda saat tidak memiliki apa-apa dan sikap Anda saat Anda memiliki segalanya.”

26. “Jika kamu bisa bersabar sejenak saat marah, maka itu bisa menyelamatkanmu dari ribuan penyesalan di masa depan.” – Ali bin Abu Thalib.

27. “Kesabaran adalah kunci dari semua kesenangan abadi.”

28. “Setiap pekerjaan ada resikonya, setiap kesuksesan juga ada resikonya. kesabaran dan keikhlasan bisa merubah resiko menjadi lebih indah.”

29. “Setiap malapetaka mengandung permata yang berharga, tetapi hanya mereka yang bersabar yang berhak mendapatkannya.”

30. “Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan.” (HR. Tirmidzi).

 31. “Kesabaran adalah ilmu tingkat tinggi. Ia dipelajari setiap hari, dipraktekkan sepanjang waktu, ujiannya sering kali tiba-tiba, pendidikannya berlangsung seumur hidup.”

32. “Bencana itu seperti air keruh, makin banyak diaduk makin keruh. Bersabarlah karena sebentar lagi akan jelas.”

33. “Bukan kesabaran jika masih ada batasnya dan bukan keikhlasan jika masih terasa sakit.”

34. “Kami tidak melihat sesuatu yang lebih bermanfaat untuk menyembuhkan segalanya daripada kesabaran.“- Hasan Al-Bashri.

35. “Minumlah kesabaran. Jika kesabaran membunuh Anda maka dia membunuh Anda dalam keadaan mati syahid. Dan jika kesabaran itu membuat Anda tetap hidup maka Dia membuat Anda tetap hidup dalam keadaan yang mulia.” – Ibn Qayyim.

36. "Jangan hanya bersyukur kepada Tuhan ketika semuanya berjalan dengan baik, bersyukurlah bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

37. "Banyak orang telah meninggal, tetapi nama baik mereka tetap ada. Dan banyak orang yang masih hidup, tetapi seolah-olah mereka adalah orang mati yang tidak berguna." – Imam Syafi’i.

38. “Sabar bukan berarti tidak bergerak saat bencana melanda. Tapi kesabaran secara aktif bergerak mencari kebaikan saat bencana melanda.”

39. “Tuhan tidak melihat penampilan dan harta benda Anda, tetapi Dia melihat hati dan perbuatan Anda.”

40. “Jangan berhenti berbuat baik.”

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait