25 Urutan Gedung Tertinggi di Dunia

Dwi Latifatul Fajri
5 Oktober 2021, 13:36
Urutan Gedung Tertinggi Di Dunia
pixabay.com

Gedung pencakar langit menjadi tempat wisata dan icon sebuah negara. Gedung pencakar langit atau skyscraper berada di beberapa ibukota negara seperti Dubai, Shanghai, kota New York, dan masih banyak lagi. Gedung yang dibangun tinggi ini umumnya digunakan sebagai kantor dan hotel.

Contoh bangunan tinggi yang terkenal adalah menara Eiffel di Paris, Perancis. Menara setinggi 324 meter (m) ini menjadi obyek wisata terkenal di dunia. Wisatawan sering berkunjung dan berfoto dengan latar belakang menara tersebut.

Urutan Gedung Tertinggi di Dunia

Gedung pencakar langit merupakan bangunan yang memiliki tinggi diatas rata-rata bangunan lain. Disebut pencakar langit karena ketinggian gedung seakan dapat menembus awan. Berikut urutan gedung tertinggi di dunia, berdasarkan laman skyscrapercenter.com:

1. Burj Khalifa (828 m)

Burj Khalifa
Burj Khalifa (pixabay.com/Makalu)

Gedung tertinggi di seluruh dunia adalah Burj Khalifa. Gedung setinggi 828 m ini berada di Dubai, Uni Emirat Arab.  Burj Khalifa mulai dibangun pada September 2004. Bagian luar gedung dibangun Oktober 2009. Burj Khalifa resmi dibuka pada Januari 2010, yang terdiri dari 163 lantai.

2. Shanghai Tower (632 m)

Gedung pencakar langit kedua adalah Shanghai Tower, terletak di Shanghai, Tiongkok. Bangunan ini digunakan sebagai kantor dan hotel. Shanghai Tower memiliki lift kedua tercepat di dunia setelah Burj Khalifa. Gedung ini terdiri dari 128 lantai dan bisa menampung 16.000 orang.

3. Makkah Royal Clock Tower (601 m)

Makkah Royal Clock Tower memiliki 120 lantai bangunan. Bangunan ini dipakai sebagai hotel, perumahan, dan ritel. Gedung ini berada di Mekah, Saudi Arabia. Makkah Royal Clock Tower dibangun untuk tempat mewah jemaah haji di seluruh dunia.

4. Ping An Finance Center (599,1 m)

Ping An Finance Center merupakan gedung pencakar langit keempat di dunia. Gedung ini terletak di Shenzhen, Tiongkok. Bangunan ini terdiri dari 115 lantai untuk area perkantoran.

5. Lotte World Tower (554,5 m)

Lotte World Tower merupakan bangunan tertinggi di Seoul, Korea Selatan.  Gedung ini memiliki 123 lantai yang digunakan untuk kantor, hotel, perumahan, dan ritel.  Lotte World Tower dirancang oleh Kohn Pedersen Fox Associates. Ciri khas gedung ini memiliki langit baja melengkung dan menjulang.

6. One World Trade Center (WTC) (541,3 m)

Gedung ini berada di Kota New York, Amerika Serikat. Terdiri dari 94 lantai, gedung ini dipakai untuk kantor dan observasi. Gedung WTC sempat dirusak ketika penyerangan teroris pada 11 September 2001.

7. Guangzhou CTF Finance Centre (530 m)

Bangunan setinggi 530 m ini memiliki 111 lantai. Guangzhou CTF Finance Centre dipakai untuk kantor, hotel, dan perumahan. Gedung ini punya nama lain  East Tower (Menara Timur). Bagunan ini menjadi gedung tertinggi di Guangzhou dan gedung pencakar langit ketiga di Tiongkok. Struktur gedung dirancang tahan gempa.

8. Tianjin CTF Finance Centre (530 m)

Tianjin CTF Finance Centre adalah gedung pencakar langit tertinggi kedua di Tianjin, Tiongkok. Gedung ini mulai dibangun tahun 2013 selesai dibangun pada 2019. Tianjin CTF Finance Centre memiliki 97 lantai, dipakai untuk kantor, apartemen, dan hotel.

9. CITIC Tower (527,7 m)

CITIC Tower selesai dibangun pada tahun 1997. Gedung ini memiliki 109 lantai yang dipakai untuk kantor. CITIC Tower merupakan bangunan tertinggi di Hongkong. Desain bangunan terdiri dari segitiga sama sisi dan lingkaran.

10. TAIPEI 101 (508 m)

TAIPEI 101 merupakan gedung tertinggi di Taipei, Taiwan. Bangunan ini terdiri dari 101 lantai untuk kantor dan berbagai acara. Taipei 101 digunakan untuk acara khusus seperti pameran kesenian, observatorium, dan acara lain.

11. Shanghai World Financial Center (492 m)

Gedung pencakar langit ini terletak di Pudong, wilayah Shanghai, Cina. Gedung ini memiliki 174 lantai untuk hotel, museum, perumahan, kantor, dan acara terkenal.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...