Daftar 10 Negara Tertua di Dunia Berdasarkan Sejarah Kerajaan

Dwi Latifatul Fajri
5 Oktober 2021, 10:12
Negara Tertua Di Dunia
pixabay.com/Chikilino

Kehidupan manusia terbentuk jutaan tahun yang lalu. Manusia ini membentuk peradaban awal yang berkembang. Sekitar 6500 SM (sebelum masehi), orang-orang mulai berhenti hidup nomaden (berpindah-pindah) dan mulai menetap.

Perkembangan manusia membentuk kelompok dan menetap ini kemudian membentuk kerajaan dan negara. Perbedaan kerajaan memiliki wilayah yang kurang jelas secara geografi. Sementara negara memiliki wilayah dan sistem yang jelas. Kerajaan seperti sekelompok negara yang berbagi pemerintahan.

Mengutip dari thoughtco.com, kerajaan adalah unit politik yang kekuasaannya mencakup wilayah luas. Sedangkan negara adalah sebuah tempat yang memiliki penduduk, wilayah, dan pemerintahan sendiri.

Beberapa negara seperti Tiongkok kuno, Jepang, Iran (Persia), Yunani, Roma, Mesir dahulu membentuk kerajaan. Menurut sejarah, kerajaan-kerajaan di negara ini memiliki pemerintah pusat yang memimpin wilayah mereka.

Daftar Negara Tertua Di Dunia

1. Mesir

Menurut sejarah, Mesir menjadi negara tertua di dunia. Dinasti Mesir pertama berdiri sekitar 3100 SM. Dahulu wilayah hulu dan hilir Mesir disatukan menjadi kerajaan oleh Raja Menes.

Menes sebenarnya adalah kata Mesir untuk pendiri. Sejarawan percaya pendiri Mesir adalah penguasa bernama Narmer. Dinasti ini menjadi awal pemerintahan negara Mesir selama tiga milenium, sampai akhirnya ditaklukkan oleh Alexander Agung pada 332 SM. Kemudian Mesir modern berdiri tahun 1953 setelah Revolusi Mesir tahun 1952.

2. India

Melansir dari laman oldest.org, orang-orang menetap di India sekitar 3300 SM. Namun, India membentuk negara dimulai ketika periode Veda yang berlangsung dari 1500 SM sampai 600 SM.

Periode waktu ini menurut sejarah, ditemukan melalui teks-teks Veda dalam bahasa Sansekerta Veda. Peradaban Veda menjadi dasar agama Hindu dan budaya di negara tersebut.

Kerajaan pertama dibentuk sekitar 1.200 SM sampai akhir periode Veda. Akhir periode ini muncul agama baru seperti hinduisme, Jainisme, dan Buddhisme di India. India menjadi dinasti kuat selama tiga milenium berikutnya. Kemudian India modern berdiri tahun 1947 setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

3. Afghanistan

Afganistan telah ditempati pada awal 3000 SM. Kelompok manusia mendirikan kota pertama di dunia yaitu Mundi Gak, di dekat Kandahar modern. Para arkeolog juga menemukan peradaban di Lembah Indus, sebuah wilayah di Afghanistan.

Perkembangan waktu, muncul kelompok warga dari Asia Tengah yang menetap di Afghanistan. Kemudian Afghanistan ditaklukkan oleh Darius I dari Persia dan Alexander Agung dan berbagai kerajaan lainnya.

4. Tiongkok

Dinasti Tiongkok yang pertama adalah Dinasti Xia, selama 2070 SM – 1600 SM. Para arkeolog menemukan bukti dan situs keberadaan Dinasti Xia. Namun, dalam sejarah tertulis Tiongkok berasal dari Dinasti Shang (sekitar 1600 SM – 1046 SM).

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...