Daftar 10 Negara Tertua di Dunia Berdasarkan Sejarah Kerajaan

Kehidupan manusia terbentuk jutaan tahun yang lalu. Perkembangan manusia membentuk kelompok dan menetap ini kemudian membentuk sebuah negara. Berikut daftar negara tertua di dunia.
Dwi Latifatul Fajri
5 Oktober 2021, 10:12
Negara Tertua Di Dunia
pixabay.com/Chikilino

Kehidupan manusia terbentuk jutaan tahun yang lalu. Manusia ini membentuk peradaban awal yang berkembang. Sekitar 6500 SM (sebelum masehi), orang-orang mulai berhenti hidup nomaden (berpindah-pindah) dan mulai menetap.

Perkembangan manusia membentuk kelompok dan menetap ini kemudian membentuk kerajaan dan negara. Perbedaan kerajaan memiliki wilayah yang kurang jelas secara geografi. Sementara negara memiliki wilayah dan sistem yang jelas. Kerajaan seperti sekelompok negara yang berbagi pemerintahan.

Mengutip dari thoughtco.com, kerajaan adalah unit politik yang kekuasaannya mencakup wilayah luas. Sedangkan negara adalah sebuah tempat yang memiliki penduduk, wilayah, dan pemerintahan sendiri.

Beberapa negara seperti Tiongkok kuno, Jepang, Iran (Persia), Yunani, Roma, Mesir dahulu membentuk kerajaan. Menurut sejarah, kerajaan-kerajaan di negara ini memiliki pemerintah pusat yang memimpin wilayah mereka.

Daftar Negara Tertua Di Dunia

1. Mesir

Menurut sejarah, Mesir menjadi negara tertua di dunia. Dinasti Mesir pertama berdiri sekitar 3100 SM. Dahulu wilayah hulu dan hilir Mesir disatukan menjadi kerajaan oleh Raja Menes.

Menes sebenarnya adalah kata Mesir untuk pendiri. Sejarawan percaya pendiri Mesir adalah penguasa bernama Narmer. Dinasti ini menjadi awal pemerintahan negara Mesir selama tiga milenium, sampai akhirnya ditaklukkan oleh Alexander Agung pada 332 SM. Kemudian Mesir modern berdiri tahun 1953 setelah Revolusi Mesir tahun 1952.

2. India

Melansir dari laman oldest.org, orang-orang menetap di India sekitar 3300 SM. Namun, India membentuk negara dimulai ketika periode Veda yang berlangsung dari 1500 SM sampai 600 SM.

Periode waktu ini menurut sejarah, ditemukan melalui teks-teks Veda dalam bahasa Sansekerta Veda. Peradaban Veda menjadi dasar agama Hindu dan budaya di negara tersebut.

Kerajaan pertama dibentuk sekitar 1.200 SM sampai akhir periode Veda. Akhir periode ini muncul agama baru seperti hinduisme, Jainisme, dan Buddhisme di India. India menjadi dinasti kuat selama tiga milenium berikutnya. Kemudian India modern berdiri tahun 1947 setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

3. Afghanistan

Afganistan telah ditempati pada awal 3000 SM. Kelompok manusia mendirikan kota pertama di dunia yaitu Mundi Gak, di dekat Kandahar modern. Para arkeolog juga menemukan peradaban di Lembah Indus, sebuah wilayah di Afghanistan.

Perkembangan waktu, muncul kelompok warga dari Asia Tengah yang menetap di Afghanistan. Kemudian Afghanistan ditaklukkan oleh Darius I dari Persia dan Alexander Agung dan berbagai kerajaan lainnya.

4. Tiongkok

Dinasti Tiongkok yang pertama adalah Dinasti Xia, selama 2070 SM – 1600 SM. Para arkeolog menemukan bukti dan situs keberadaan Dinasti Xia. Namun, dalam sejarah tertulis Tiongkok berasal dari Dinasti Shang (sekitar 1600 SM – 1046 SM).

Periode dinasti Tiongkok berlangsung sampai tahun 1912 setelah dinasti Qing berakhir. Kemudian Republik Rakyat Tiongkok didirikan pada tahun 1949, sebagai Tiongkok modern.

5. Georgia

Georgia merupakan negara di Eropa Timur. Dahulu adalah bekas jajahan Uni Soviet dan berbatasan langsung dengan Rusia di sebelah Utara, Turki dan Armenia di sebelah Selatan.

Menurut sejarah, Kerajaan Colchis dan Kerajaan Karlti/Iberia berada di negara ini. Sekitar 1500 SM, kedua kerajaan ini berada di zaman perunggu. Kerajaan Colchis sering disebutkan dalam mitologi Yunani.

Georgia menjadi negara kecil sejak abad ke-12 SM. Negara ini memiliki sejarah panjang seperti Romawi singkat sekitar 66 SM. Georgia juga diperintah oleh Persia dan Rusia. Kemudian Georgia menjadi negara modern dan merdeka tahun 1991.

6. Ethiopia

Ethiopia adalah salah satu negara di benua Afrika. Kehidupan berkembang di Ethiopia salah satunya kerajaan pertama Dʿmt yang berdiri sekitar 980 SM – 400 SM. Kerajaan ini mengembangkan skema irigasi, peralatan dari besi, dan alat pertanian. Setelah jatuhnya D'mt, kerajaan Aksumite berkembang sekitar 100 M sampai 940 M.

7. Yunani

Yunani menjadi pusat ilmu pengetahuan di Eropa. Periode Archaic Yunani merupakan periode menonjol yang meletakkan dasar periode klasik Yunani. Waktu itu menjadi fondasi peradaban Eropa modern. Dalam sejarah, Yunani dimulai sekitar 800 SM setelah Yunani mulai muncul dari Abad Kegelapan.

Orang Yunani memiliki kemajuan dalam bidang teknologi, seni, dan puisi. Sejarah menemukan periode waktu tersebut adalah polis atau negara kota. Periode tersebut, muncul alfabet Yunani yang dikembangkan.

8. Jepang

Sekitar 660 SM, berdiri kaisar pertama Jepang yaitu Kaisar Jimmu. Kaisar Jimmu diyakini sebagai keturunan dewi matahari Amaterasu. Menurut sejarah, tidak dapat dipastikan apakah kaisar Jimmu benar-benar ada.

Namun masyarakat Jepang merayakan Yayasan Nasional pada tanggal 11 Februari, bertepatan dengan kenaikan kaisar Jimmu. Dalam sejarah tercatat orang-orang berpindah ke Jepang dari daratan Asia sekitar 13.000 SM.

9. Iran

Dalam sejarah, Iran kuno dikenal sebagai Persia di dunia Barat sampai tahun 1935. Iran kuno berdiri sekitar 550 SM di bawah Kekaisaran Achaemenid. Setelah muncul kerajaan, beberapa kelompok tinggal di wilayah yang kemudian menjadi Iran. Kelompok ini menetap di wilayah Barat dan Barat daya Iran modern.

10. San Marino

San Marino adalah negara terkecil kelima di dunia. Letaknya di benua Eropa dan dikelilingi oleh negara Italia. San Marino menjadi disebut kota tertua di dunia. Negara ini resmi berdiri pada 3 September 301 M ketika Saint Marinus membangun sebuah gereja di Monte Titano. Gereja tersebut tumbuh di kota San Marino.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait