22 Jenis Anjing Bertubuh Kecil yang Bikin Gemas

Jenis anjing bertubuh kecil menjadi incaran para penikmat hewan peliharaan. Tubuh yang mungil dan menggemaskan menjadi alasan orang memelihara anjing ini. Berikut 20 jenis anjing bertubuh kecil.
Image title
14 Oktober 2021, 17:44
Cihuahua, salah satu jenis anjing bertubuh kecil.
Pexels.com
Cihuahua, salah satu jenis anjing bertubuh kecil.

Jenis anjing bertubuh kecil cukup diminati oleh sebagian penyuka hewan peliharaan. Ukurannya yang mungil membuatnya terlihat lucu dan imut. Selain itu, jenis anjing ini tidak memerlukan kandang atau kediaman yang luas untuk mereka bermain.

Ada beragam jenis anjing ras kecil yang menggemaskan. Di antara mereka, ada yang memiliki sifat pemberani, penyayang, cerdas, aktif, sampai pemalas. Dengan beragamnya sifat ini, pemilik bisa menentukan anjing mana yang sekiranya mereka butuhkan.

Mengutip Good House Keeping, Better Homes and Gardens, dan beberapa laman terkait lainnya, berikut 22 jenis anjing bertubuh kecil yang cocok jadi peliharaan di rumah:

Jenis Anjing Bertubuh Kecil

1. Alaskan Klee Kai

Mendambakan anjing Husky, tapi tidak punya ruang yang cukup? Jangan khawatir, anjing Alaskan Klee Kai bisa menjadi pilihan. Terlihat seperti anjing Husky, anjing ini memiliki berat sekitar 6 kilogram (kg). dengan tinggi 38-43 cm, ras anjing jenis Spitz ini bisa hidup hingga usia 12-16 tahun.

2. Cihuahua

Dinamai berdasarkan negara bagian Cihuahua di Meksiko. Anjing Cihuahua merupakan hewan setia bertubuh mungil dengan berat sekitar 2 kg. Anjing berbulu halus dan panjang ini punya sifat aktif sekaligus tangguh.

3. Pomeranian

Anjing Pomeranian memiliki bulu lebat dan panjang. Hewan dengan tinggi badan 18-30 cm ini memiliki wajah ceria dan kaki mungil yang lincah. Anjing yang mampu bertahan di suhu dingin ini bisa akrab dengan hewan peliharaan lainnya, seperti kucing dan anjing kecil.

Pomeranian termasuk di antara tiga anjing yang selamat dari tenggelamnya kapal Titanic pada 1912 silam.

4. Papillon

Papillon termasuk anjing kecil yang aktif dan pintar. Anjing dengan ciri khas telinga kupu-kupu ini merupakan anjing yang setia, penyayang, dan cocok untuk anak-anak. Anjing yang mudah menjalin persahabatan ini juga dikenal dengan nama Continental Toy Spaniel.

5. Japanese Chin

Anjing Japanese Chin
Anjing Japanese Chin (American Kennel Club)

 

Sejak zaman dahulu, Japanese Chin sudah menjadi hewan peliharaan bangsawan Jepang. Bila tidak dirawat dengan baik, anjing manis yang suka diemong ini rentan terkena masalah kesehatan umum, seperti tempurung lutut tergelincir, katarak, dan murmur jantung dini.

6. Maltese

Dengan berat kurang dari 7 kg, anjing putih dengan sifat pemberani ini suka diajak jalan-jalan. Maltese cukup energik dan setia dengan pemiliknya. Berumur 12-15 tahun, anjing ini memiliki tinggi badan antara 20-25 cm.

7. Shih Tzu

Anjing kecil dengan rambut panjang dan halus ini merupakan hewan peliharaan dengan sikap waspada dan percaya diri. Terlepas dari ukurannya, anjing ini sebenarnya cukup kuat dan dapat bertahan sendiri. Nama Shih Tzu berasal dari bahasa Cina yang berarti ‘singa kecil’.

8. Dachshund

Dachshund memiliki kepribadian yang menyenangkan dan ceria, sehingga cocok untuk anak-anak. Anjing berkaki mungil ini sering bertingkah dan melakukan berbagai aktivitas lainnya semata untuk mencuri perhatian pemiliknya. Anjing bertubuh bulat panjang ini hadir dalam tiga jenis bulu, yaitu halus, panjang, atau kaku.

9. French Bulldog

French Bulldong cocok untuk mereka yang ingin memelihara Bulldog, tapi terhalang karena ukurannya yang besar. Meskipun terlihat sangar, anjing ini sebenarnya ramah dan mudah bergaul. Walaupun cenderung malas, anjing French Bulldog bisa menjadi aktif apabila diajak bermain oleh pemiliknya.

10. Mini Poodle

Anjing Poodle dikenal dengan bulu ikalnya yang ketat dan potongan rambut tertentu seperti “pom-pom” di atas persendiannya. Anjing mungil yang cocok jadi teman penghibur ini termasuk dalam golongan anjing cerdas.

11. Yorkipoo

Dengan perawakan mungil dari jenis Yorkshire Terrier dan kecerdasan pudel mini, anjing ras campuran yang lucu ini menjadi hewan peliharaan yang sempurna untuk keluarga. Plus, mereka hipoalergenik, sehingga cocok untuk penderita alergi.

12. Pekingese

Anjing Pekingese
Anjing Pekingese (American Kennel Club)

 

Anjing yang berasal dari Cina ini memiliki tubuh mungil, namun berotot dan berat. Hewan berbulu lebat ini cenderung sulit diajari dan keras kepala. Walau demikian, Pekingese termasuk anjing yang ramah, agresif, dan suka diajak bermain.

13. Pug

Anjing Pug memiliki ciri khas hidung pendek dan pesek serta kulit yang keriput. Hewan ini tergolong anjing yang suka bersosial dan senang menjalani gaya hidup yang tenang.

Hewan berwajah bundar ini termasuk anjing penjaga yang baik, mengabdi kepada pemilik, dan akrab dengan hewan peliharaan lainnya.

14. Yorkshire Terrier

Anjing hipoalergenik ini sangat setia kepada pemiliknya dan tidak takut apabila ada hewan lainnya di tempat mereka. Anjing dengan bulu panjang halus ini umumnya tidak pernah memiliki berat lebih dari 3,2 kg.

Yorkshire Terrier memiliki ciri khas kepala kecil, terlinga berbentuk V, dan mata hitam berukuran sedang. Ras ini bisa menjadi anjing pengawas sekaligus teman yang baik.

15. Schnauzer

Terdapat tiga jenis anjing Schnauzer, yang standar dan paling populer yakni Schnauzer dengan tinggi sekitar 46 cm dan berat 20 kg. Anjing setia dengan jiwa perlindungan yang kuat kepada pemiliknya ini memiliki ciri khas janggut menyerupai pria tua.

16. Cavalier King Charles Spaniels

Cavalier King Charles Spaniels merupakan jenis anjing penyayang dan setia. Anjing ini sangat suka berbaring di sofa atau di samping pemiliknya. Anjing yang mudah beradaptasi ini memiliki berat maksimal 12,7 kg dan tinggi sekitar 30-33 cm.

17. Corgi

Anjing peliharaan Ratu Elizabeth II ini tergolong hewan cerdas dan kompak. Terdapat dua jenis Corgi, yakni Corgi Pembroke Welsh dan Corgi Cardigan Welsh. Pembroke umumnya tidak memiliki ekor dengan telinga berbentuk runcing. Sedangkan, cardigan memiliki ekor dan telinga yang bulat.

18. Beagle

Beagle sebenarnya merupakan ras anjing pemburu, namun karena tubuhnya yang kecil beberapa orang menjadikannya hewan peliharaan. Anjing dengan indra penciuman yang baik ini tergolong keras kepala dan sulit dilatih.

Anjing yang cenderung malas ini diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu Beagle berukuran kerdil, sedang, Beagle rubah, dan terrier (berbulu kasar).

19. Bichon Frise

Anjing yang sekilas tampak seperti boneka dengan bulu mirip bola kapas ini dikenal sangat bahagia, penuh kasih sayang, dan menyenangkan. Anjing cerdas dan sedikit keras kepala ini hanya memerlukan sedikit waktu untuk berolahraga.

20. Border Terrier

Anjing pemberani ini dikenal tangguh dan pekerja keras. Mereka secara naluri akan mengejar dan berburu binatang di sekitarnya. Alhasil, pemilik harus tetap waspada apabila hendak memelihara anjing ini, apalagi kalau ada hewan lain di satu rumah yang sama.

21. Boston Terrier

Anjing ini penuh kasih sayang dan sangat dekat dengan anak-anak. Boston Terrier tidak memiliki temperamen yang berapi-api layaknya anjing jenis Terrier lainnya. Mereka necis, cerdas, dan suka diperhatikan.

22. Cairn Terrier

Anjing yang ceria ini cenderung sibuk dengan urusannya sendiri. Mereka termasuk anjing yang penuh semangat, khususnya jika sedang bersama anjing lain, dan tidak rukun dengan kucing. Cairn Terrier membutuhkan pengawasan orang dewasa jika bermain bersama anak-anak.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait