16 Jenis Anjing yang Bisa Menjadi Hewan Peliharaan

Beberapa jenis anjing banyak digemari menjadi hewan peliharaan. Jenis-jenis anjing tersebut memiliki karakter yang berbeda. Ada yang berposter besar dan gagah, namun ada juga yang kecil dan lucu.
Image title
16 September 2021, 09:00
16 Jenis Anjing yang Bisa Menjadi Hewan Peliharaan
unsplash.com/
Ilustrasi anjing dengan ras Akita Inu

Anjing menjadi hewan peliharaan yang banyak dimiliki orang. Menurut penjelasan di Jurnal Intra Vol. 4 No. 2, anjing merupakan binatang peliharaan yang banyak disukai bahkan sering disebut sebagai “men’s best friend”. Hewan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.  

Jenis anjing sangatlah beragam. Namun pernahkan kita mencari tahu sebenarnya kapan anjing pertama kali ditemukan? Pada jurnal tersebut juga dijelaskan bahwa anjing sudah mengalami penjinakan dari serigala abu-abu sejak 15 ribu tahun lalu atau bahkan sejak 100 ribu tahun berdasarkan bukti genetik yang ditemukan pada fosil dan tes DNA. Meskipun demikian, penelitian tentang penjinakan anjing ini belum lama dilakukan.

Jenis-Jenis Anjing Peliharaan

Ada beberapa jenis anjing yang cocok untuk dijadikan peliharaan. Anjing ini memiliki karakteristiknya masing-masing. Penasaran apa saja jenis anjing tersebut? Ini dia daftarnya.

1. Pug

Jenis anjing peliharaan selanjutnya yaitu pug. Anjing ini memiliki karakter penuh humor akan tetapi bisa bersikap antai dan kuat. Pug tidak senang menggong, mengunyah, atau menggali. Jika Anda ingin memelihara anjing yang satu ini, maka perhatikan cuaca dan kelembapan lingkungan tempat tinggalnya. Sebab anjing jenis ini tidak bisa tumbuh dengan baik di lingkungan yang terlalu panas dan lembap.

2. Siberian Husky

Kelompok anjing selanjutnya yang bisa dipelihara yaitu siberian husky. Anjing ini memiliki ukuran sedang dan berbulu tebal. Ras ini terkenal sebagai anjing yang aktif bahkan tidak bisa diam. Siberian ini juga memiliki sikap yang bersahabat dan menyenangkan. Sehingga sangat cocok untuk menjadi teman di rumah.

3. Alaska Malamute

Jenis anjing peliharaan selanjutnya yaitu alaska malamute. Ras ini memiliki tubuh besar. Sesuai dengan namanya, anjing ini berasal dari Alaska, Amerika Serikat. Anjing ini awalnya dimanfaatkan sebagai penarik kereta barang namun seiring berjalannya waktu, anjing ini dipelihara keluarga.

Secara fisik anjing ini memiliki bulu tebal dan terlihat seperti mantel. Alaska malamute ini memiliki sifat ramah, bersahabat, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Masa hidup anjing diketahui sekitar 12-14 tahun.

4. Doberman pinscher

Doberman pinscher atau anjing doberman menjadi salah satu anjing peliharaan di rumah. Anjing jenis ini memiliki tubuh gagah dan maskulin. Banyak orang memelihara anjing ini sebagai penjaga rumah dan pelacak. Selain gagah, doberman juga memiliki karakter pintas, tangkas, dan berwibawa.

5. Boxer

Jenis anjing berikutnya yang bisa menjadi peliharaan yaitu anjing dari jenis boxer. Anjing ini berasal dari Jerman dengan ciri fisik besar dan gagah. Meskipun memiliki penampilan yang menyeramkan, namun boxer mempunyai karakter pintar, ramah, bersahabat, dan menyenangkan.

Jenis Anjing Paling Setia

Anjing dikenal sebagai hewan yang setia dan bersahabat dengan manusia. Menurut halodoc.com alasan anjing memiliki sifat setia yaitu ada relasi dengan manusia, makhluk yang memiliki kasih sayang, dan teman baik manusia. Mengutip dari petpintar.com, beberapa jenis anjing setia yang biasa dipelihara, sebagai berikut:

1. Akita Inu

Akita inu merupakan anjing yang berasal dari Jepang. Akita memiliki karakter pintar dan ramah. Kesetiaan anjing ini bahkan diabadikan dalam sebuah film berjudul Hachiko. Film ini bercerita tantang anjing akita inu yang setia menunggu majikannya yang sudah meninggal di Stasiun Shibuya, Tokyo.

2. German Shepherd

German shepherd dikenal juga dengan herder. Anjing ini biasanya digunakan pada lingkungan kepolisian dan militer. Dahulunya herder mempunyai tugas menarik tentara yang terluka, melindungai polisi, dan menyelamatkan anak-anak. Selain setia, anjing ini juga pintar dan berenergi besar.

3. Bulldog

Jenis anjing paling setia selanjutnya yaitu berasal dari ras bulldog. Anjing ini memiliki wajah galak namun sebenarnya berkarakter lucu dan baik. Namun sebagai pemilik, Anda harus melatihnya dengan sabar. Sebab jika tidak di latih, bulldog menjadi anjing yang tidak ramah.

4. Great Pyrenees

Anjing ini memiliki sifat pintar, lucu, dan tenang. Great pyrenees dikenal dekat dengan anak-anak. Jenis anjing ini juga memiliki sifat protektif, maka dari itu anjing ini dikenal sebagai anjing setia.

5. Neapolitan Mastiff

Anjing setia ini dahulunya diketahui menjadi pelindung. Pada masa Kerajaan Romawi, anjing ini digunakan dalam ajang gladiator dan pendamping prajurit perang. Meskipun demikian, neapolitan mastiff ternyata memiliki sifat lembut dan setia kepada majikannya.

6. American Staffordshire Terrier

Jenis anjing yang satu ini diketahui memiliki sifat setia dan ramah kepada anak-anak. Anjing ini memiliki tinggi badan 45-48 cm dengan waktu hidup 12 hingga 16 tahun. Bulu anjing ini memiliki warna yang sangat beragam dengan bulu mantel pendek dan halus.

Jenis Anjing Kecil

Anjing memiliki banyak jenis yang terbagi atas beberapa kriteria. Ukuran badan menjadi salah satu kriteria dari anjing tersebut. Anjing berukuran kecil bisanya banyak diminati sebagai hewan peliharaan. Berikut ini beberapa anjing dengan ukuran badan yang kecil.

1. Pudel

Anjing peliharaan yang pertama yaitu dari jenis pudel. Anjing ini memiliki leher panjang, ekor sedikit merapat, kaki panjang, punggung ekor lurus, dan telinga menurun. Dari karakternya tersebut anjing ini diketahui cerdas dan lincah. Meskipun demikian, pudel juga memiliki sura gongongan yang keras sehingga jangan sekali-kali meninggalkan anjing ini sendirian di rumah.

2. Daschund

Jenis anjing kecil selanjutnya yang biasa dipelihara yaitu daschund. Anjing ini memiliki tiga jenis yaitu anjing bulu halur, bulu panjang, dan bulu pendek. Anjing ini memiliki kaki pendek, tubuh panjang, dan badan gemuk. Pada dasarkan daschund merupakan anjing pemburu namun senang bermain. Sayangnya, anjing yang satu ini memiliki sifat keras kepala sehingga sulit dilatih.

3. Shih Tzu

Anjing ini memiliki kaki pendek dan bulu panjang yang halus. Shin tzu memiliki moncong pendek dengan telinga menggangtung ke bawah. Matanya bulat dan menonjol. Karakter anjing lucu ini yaitu loyal, bersemangat, pintar, menyenangkan, dan bisa menjadi anjing penjaga yang waspada. Sebagai teman manusia, anjing ini sangat ramah dan cocok menjadi peliharaan.

4. Chihuahua

Jenis anjing kecil ini memiliki tubuh lebih panjang dari tingginya. Hewan peliharaan ini memiliki moncong pendek, telinga tegak, dan ekor panjang. Meskipun bertubuh kecil, namun bersikap setia dan protektif. Keunikan dari anjing ini yaitu, sernang bersembunyi di dalam pakaianan, bantal, atau selimut.

5. Yorkshire Terrier

Ukuran anjing ini memiliki telinga berbentuk V dengan bulu panjang, halur, dan menjuntai ke bawah. Pada bagian kepala bulu anjing ini sangat lebat, maka banyak pemiliknya yang memotong bulu di kepala agar tidak menutupi mata. Anjing kecil ini sangat energik, berani, dan pintar. Yorkshire terrier ini juga cocok untuk menjadi penjaga rumah.  

Itulah beberapa jenis anjing yang bisa dipelihara. Meskipun mudah beradaptasi dengan lingkungan, namun untuk memelihara hewan ini Anda juga harus memperhatikan kebutuhan hidupnya. Beberapa hal yang penting diperhatikan yaitu tempat tinggal, makanan, hingga perawatan kesehatannya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait