16 Jenis Anjing yang Bisa Menjadi Hewan Peliharaan

Siti Nur Aeni
16 September 2021, 09:00
16 Jenis Anjing yang Bisa Menjadi Hewan Peliharaan
unsplash.com/
Ilustrasi anjing dengan ras Akita Inu

Anjing menjadi hewan peliharaan yang banyak dimiliki orang. Menurut penjelasan di Jurnal Intra Vol. 4 No. 2, anjing merupakan binatang peliharaan yang banyak disukai bahkan sering disebut sebagai “men’s best friend”. Hewan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.  

Jenis anjing sangatlah beragam. Namun pernahkan kita mencari tahu sebenarnya kapan anjing pertama kali ditemukan? Pada jurnal tersebut juga dijelaskan bahwa anjing sudah mengalami penjinakan dari serigala abu-abu sejak 15 ribu tahun lalu atau bahkan sejak 100 ribu tahun berdasarkan bukti genetik yang ditemukan pada fosil dan tes DNA. Meskipun demikian, penelitian tentang penjinakan anjing ini belum lama dilakukan.

Advertisement

Jenis-Jenis Anjing Peliharaan

Ada beberapa jenis anjing yang cocok untuk dijadikan peliharaan. Anjing ini memiliki karakteristiknya masing-masing. Penasaran apa saja jenis anjing tersebut? Ini dia daftarnya.

1. Pug

Jenis anjing peliharaan selanjutnya yaitu pug. Anjing ini memiliki karakter penuh humor akan tetapi bisa bersikap antai dan kuat. Pug tidak senang menggong, mengunyah, atau menggali. Jika Anda ingin memelihara anjing yang satu ini, maka perhatikan cuaca dan kelembapan lingkungan tempat tinggalnya. Sebab anjing jenis ini tidak bisa tumbuh dengan baik di lingkungan yang terlalu panas dan lembap.

2. Siberian Husky

Kelompok anjing selanjutnya yang bisa dipelihara yaitu siberian husky. Anjing ini memiliki ukuran sedang dan berbulu tebal. Ras ini terkenal sebagai anjing yang aktif bahkan tidak bisa diam. Siberian ini juga memiliki sikap yang bersahabat dan menyenangkan. Sehingga sangat cocok untuk menjadi teman di rumah.

3. Alaska Malamute

Jenis anjing peliharaan selanjutnya yaitu alaska malamute. Ras ini memiliki tubuh besar. Sesuai dengan namanya, anjing ini berasal dari Alaska, Amerika Serikat. Anjing ini awalnya dimanfaatkan sebagai penarik kereta barang namun seiring berjalannya waktu, anjing ini dipelihara keluarga.

Secara fisik anjing ini memiliki bulu tebal dan terlihat seperti mantel. Alaska malamute ini memiliki sifat ramah, bersahabat, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Masa hidup anjing diketahui sekitar 12-14 tahun.

4. Doberman pinscher

Doberman pinscher atau anjing doberman menjadi salah satu anjing peliharaan di rumah. Anjing jenis ini memiliki tubuh gagah dan maskulin. Banyak orang memelihara anjing ini sebagai penjaga rumah dan pelacak. Selain gagah, doberman juga memiliki karakter pintas, tangkas, dan berwibawa.

5. Boxer

Jenis anjing berikutnya yang bisa menjadi peliharaan yaitu anjing dari jenis boxer. Anjing ini berasal dari Jerman dengan ciri fisik besar dan gagah. Meskipun memiliki penampilan yang menyeramkan, namun boxer mempunyai karakter pintar, ramah, bersahabat, dan menyenangkan.

Jenis Anjing Paling Setia

Anjing dikenal sebagai hewan yang setia dan bersahabat dengan manusia. Menurut halodoc.com alasan anjing memiliki sifat setia yaitu ada relasi dengan manusia, makhluk yang memiliki kasih sayang, dan teman baik manusia. Mengutip dari petpintar.com, beberapa jenis anjing setia yang biasa dipelihara, sebagai berikut:

1. Akita Inu

Akita inu merupakan anjing yang berasal dari Jepang. Akita memiliki karakter pintar dan ramah. Kesetiaan anjing ini bahkan diabadikan dalam sebuah film berjudul Hachiko. Film ini bercerita tantang anjing akita inu yang setia menunggu majikannya yang sudah meninggal di Stasiun Shibuya, Tokyo.

2. German Shepherd

German shepherd dikenal juga dengan herder. Anjing ini biasanya digunakan pada lingkungan kepolisian dan militer. Dahulunya herder mempunyai tugas menarik tentara yang terluka, melindungai polisi, dan menyelamatkan anak-anak. Selain setia, anjing ini juga pintar dan berenergi besar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement