4 Bahan Alami untuk Mengobati Rambut Rontok

Untuk mengobati rambut rontok dapat digunakan dengan mudah dan murah serta bisa diterapkan di rumah Anda masing-masing.
Image title
21 Oktober 2021, 16:14
4 Bahan Alami untuk Mengobati Rambut Rontok
freepik.com
Kenali penyebab rambut rontok untuk hindari kebotakan

Rambut rontok sering kali menjadi momok yang menjengkelkan bagi sebagian besar kalangan terutama wanita. Rambut yang rontok kerap kali berimplikasi terhadap kebotakan. Tentunya hal itu harus dihindari karena kebotakan akan membuat citra penampilan menjadi menurun.

Jatuhnya banyak rambut yang rontok setelah mencuci atau ketika menyisir tentu akan membuat kamu jadi cemas. Meski sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang, tetapi kamu juga perlu mewaspadai saat rambut rontok secara berlebihan. Sebab ini bisa memicu kebotakan.

Supaya kebotakan tidak terus menerus terjadi, berikut tips mengatasi rambut rontok dengan bahan alami dikutip dari halodoc.com:

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya (Aloe vera) telah dipergunakan untuk banyak keperluan selama berabad-abad. Sejak ribuan tahun yang lalu sampai sekarang lidah buaya sangat dikenal khasiatnya karena pada pelepahnya terdapat berbagai macam kandungan nutrisi.

Advertisement

Lidah buaya diduga berasal dari kepulauan Canary di sebelah barat Afrika. Telah dikenal sebagai obat dan kosmetika sejak berabad-abad silam. Hal ini tercatat dalam Egyptian Book of Remedies.

Di dalam buku tersebut diceritakan bahwa pada zaman Cleopatra, lidah buaya dimanfaatkan untuk bahan komestika dan pelembab kulit. Orang Yunani pada awal tahun 333 SM (sebelum masehi) telah mengidentifikasi lidah buaya sebagai tanaman penyembuh segala penyakit. Salah satu manfaatnya yang akan dibahas disini adalah mengenai manfaatnya terhadap kesuburan rambut.

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

  • Vitamin, yaitu A, B1, B2, B3, B12, C, E, Choline, Inositol, Folic Acid.
  • Mineral, yaitu Calsium, Magnesium, Potasium, Sodium, Iron, Seng, Chromium.
  • Enzim, yaitu Amylase, Catalase, Cellulose, Carboxypepilase, Carboxyhelulose, Bradykinase.
  • Asam Amino, yaitu Arginin, Aspargin, Aspartat Acid, Analine, Serine, Glutamat, Threonine, Glycine, Phenil alanine.
  • Histidine, Isoliucine.

Cara Menggunakan Lidah Buaya Untuk Mengobati Rambut Rontok

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama lima belas menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan tersebut setiap hari secara teratur agar rambut rontok berkurang.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau minyak olive, bila dalam Bahasa Inggris yaitu Olive oil, adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.

Pohon ini bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak.

Kandungan Nutri Minyak Zaitun

Buah bersejarah yang tercantum dalam kitab suci tersebut, memiliki beragam kandungan gizi antara lain:

  • 13,5–14 gram lemak.
  • 0,1 miligram kalsium.
  • 0,1 miligram kalium.
  • 0,3 miligram natrium.
  • 1,9 miligram vitamin E.
  • 8 mikrogram vitamin K.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Mengobati Rambut Rontok

Anda bisa langsung mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat dengan lembut, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan sampo seperti keramas biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Santan

Santan merupakan salah satu bentuk cairan berwarna putih susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan disaring. Wujudnya yang tidak tembus cahaya dan rasanya yang kaya disebabkan oleh kandungan minyak, bagian terbesarnya adalah lemak jenuh. Dalam persebarannya bahan makanan ini menyebar dan merakyat di Asia Tenggara, Asia Selatan, Karibia, dan Amerika Selatan.

Kandungan Santan

Santan memiliki rasa lemak yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk membuat masakan menjadi gurih. Santan kelapa mengandung tiga nutrisi utama, yaitu lemak sebesar 33,80%, protein sebesar 6,10%, serta karbohidrat sebesar 5,60%.

Hal tersebut sesuai dengan peryataan dalam sebuah penelitian yang menyatakan penambahan santan dapat menambah cita rasa dan nilai gizi, contohnya dalam abon. Santan akan menambah rasa gurih karena memiliki kandungan lemak yang besar.

Cara Menggunakan Santan untuk Mengobati Rambut Rontok

Untuk menggunakan santan sebagai obat rambut rontok cukup mudah. Hanya dengan mengoleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan sampo dan air bersih.

4. Yoghurt

Kata yang diserap dari Bahasa Turki ini merupakan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi.

Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.

Kandungan Yogurt

8 gram protein.
8 gram lemak.
11 gram karbohidrat.
11 gram gula.
113 miligram sodium.

Cara Menggunakan Yogurt Untuk Mengobati Rambut Rontok

Anda cukup mengoleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut sambil memijat kepala seperti sedang creambath, biarkan selama 5 menit, kemudian bersihkan rambut dengan sampo dan air bersih.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait