Bola Voli, Sejarah Hingga Teknik Dasarnya

Image title
25 Oktober 2021, 11:28
Ilustrasi permainan bola voli.
ANTARA FOTO/REUTERS/Dylan Martinez/WSJ/dj
Ilustrasi permainan bola voli.

Bola voli merupakan cabang olahraga yang para pemainnya dituntut untuk dapat menjalin kerja sama yang baik dengan anggota tim guna menyerang area lawan. Permainan ini disebut mampu mendukung kecerdasan, karena merangsang koordinasi otak menjadi semakin baik.

Sejarah Bola Voli

Mengutip buku ajar “Permainan Bola Voli” oleh Drs. Syahrizal, permainan bola voli diciptakan oleh William C. Morgan, seorang direktur pendidikan jasmani pada organisasi Young Man Christian Assosiation (YMCA) pada 1895 di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Bola voli diciptakan awalnya bertujuan mengembangkan kesegaran jasmani para buruh di samping bersenam umum. Permainan bola voli dicanangkan untuk menggantikan olahraga basket yang dianggap terlalu melelahkan.

Di awal kelahirannya, permainan bola voli diberi nama Mintonette, dengan jumlah pemain yang tidak ditentukan. Hingga pada 1896, Alfred T. Halstead mengubah nama Mintonette menjadi bola vola. Menurutnya, nama tersebut lebih cocok, sebab mengacu pada ciri permainan, yakni melambungkan bola sebelum menyentuh tanah (volleying).

Di Indonesia, bola voli sudah diperkenalkan dan diajarkan oleh seorang guru pendidikan jasmani Belanda yang bertugas di sekolah lanjutan (HBS dan AMS). Hanya saja, saat itu bola voli belum mendapat tempat di hati masyarakat.

Menjelang kemerdekaan Indonesia, barulah bola voli mulai dikenal luas dan digemari. Hingga pada 1951, permainan bola voli secara resmi dipertandingkan  dalam PON II di Jakarta. Pertengahan 1954, pengurus Ikatan Perhimpunan Volley Ball Seorabaja (IPVOS) dalam rapatnya antara lain memutuskan untuk membentuk suatu induk organisasi bola voli di Indonesia.

Peraturan Bola Voli

Mengutip buku pendidikan jasmani “Melatih Gerak dengan Bola” oleh Widayanti, dkk, pemain bola voli harus melambungkan bola dengan melakukan passing dan melewati net tidak lebih dari tiga kali sentuhan.

Pemenang dalam bola voli adalah tim yang pertama kali memperoleh skor 25 atau harus berselisih dua angka antar setiap regu.

Adapun sarana dan prasarana permainan bola voli terdiri dari lapangan, net, dan bola voli. Sarana yang digunakan pemain meliputi kaos tim dan sepatu olahraga.

Bermain bola voli tidak harus dilakukan oleh enam orang, bisa dilakukan oleh empat orang dengan saling melakukan passing.

Selain itu terdapat sejumlah prasarana standar yang telah ditentukan oleh Federation Internationale de Volleyball (FIVB), di antaranya ukuran lapangan, bola, net, dan rot.

Ukuran Lapangan

Menurut FIVB, ukuran lapangan bola voli yaitu 9 x 18 meter dengan garis batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan harus berukuran 5 cm.

Daerah serang adalah daerah yang dibatasi oleh garis tengah lapangan dengan garis serang seluas 9 x 3 meter. Panjang garis samping; 18 meter, lebar lapangan; 9 meter, dan lebar garis serang; 3 meter.

Bola

Adapun kriteria bola dalam permainan bola voli, yaitu:

  • Bulat.
  • Terbuat dari kulit lunak atau bahan sintetis.
  • Memiliki kombinasi warna.
  • Berdiameter 65-67 cm dengan massa 260-280 gram.
  • Tekanan dalam dari bola sekitar 0.30-0.325 kg/cm2.

Jaring/Net

Jaring atau net dipasang untuk membagi wilayah kedua tim yang bermain. Tinggi net untuk permaian bola voli laki-laki yakni 2,43 meter. Sedangkan untuk bola voli perempuan setinggi 2,24 meter.

Rod Antena

Rod antena merupakan bagian dari jaring atau net bola voli. Antena ini merupakan tongkat lentur yang dijadikan sebagai batas samping dari area penyeberangan bola.

Papan Skor

Papan skor adalah sebuah papan khusus yang menjadi pencatat skor kedua tim saat bermain. Papan ini bergunan untuk memudahkan petugas melakukan pencatatan skor untuk kedua tim ketika pertandingan sedang berlangsung.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...