Daftar 10 Nama Malaikat yang Wajib Diimani Umat Muslim

Image title
25 Oktober 2021, 16:22
10 nama malaikat yang wajib diimani
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sebagai seorang muslim sudah menjadi kewajiban untuk memercayai dan memahami keberadaan malaikat. Apalagi, mengimani malaikat masuk dalam salah satu poin dalam rukun iman.

Setidaknya ada sepuluh nama malaikat yang menjadi utusan Allah harus diajarkan pada anak sejak dini. Masing-masing malaikat memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Advertisement

Seperti yang sudah dipaparkan dalam paragraf sebelumnya, dalam agama Islam, sebagai muslim wajib meyakini rukun iman yang berjumlah enam. Adapun rukun iman yang kedua yakni percaya kepada malaikat-malaikat Allah.

Sebagai orang tua, keimanan terhadap malaikat harus Anda ajarkan kepada anak, meskipun sosok malaikat tak bisa dilihat secara kasat mata. Dalam agama Islam, malaikat diciptakan dari cahaya dan semua muslim wajib beriman kepadanya.

Malaikat juga merupakan mahluk ciptaan Allah SWT yang selalu taat terhadap perintah-Nya. Sebenarnya ada ribuan malaikat, tapi hanya ada 10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui.

Berikut sepuluh nama malaikat beserta tugasnya yang wajib diimani dan dipelajari:

1. Malaikat Jibril, sang penyampai wahyu

Dari daftar malaikat, Jibril duduk di posisi pertama. Malaikat Jibril merupakan sang penyampai wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Sekarang sudah tidak ada nabi dan rasul, karena Nabi Muhammad SAW menjadi nabi dan rasul terakhir. Nabi Muhammad SAW juga sudah meninggal berabad-abad lalu.

Oleh karenanya, selain tugas utamanya menyampaikan wahyu malaikat Jibril juga meniupkan roh pada setiap janin yang masih ada didalam kandungan.

2. Malaikat Mikail, sang penebar rezeki

Malaikat Mikail berada di posisi kedua dalam daftar 10 nama malaikat yang wajib diimani. Secara spesifik tugas malaikat Mikail adalah memberikan rezeki kepada seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Sehingga, malaikat Mikail tidak hanya memberikan rezeki kepada manusia saja.

Walaupun demikian, tidak hanya bertugas memberikan rezeki saja, malaikat Mikail juga memiliki tuga lain yaitu mengatur hujan, angin, dan juga tanaman. Semua kendali tersebut ada di tangan Malaikat Mikail yang tentunya atas izin Allah SWT.

3. Malaikat Israfil, sang peniup sangkakala

Malaikat ketiga dari 10 nama malaikat yang wajib diimani oleh seorang muslim adalah malaikat Israfil. Tugas malaikat Israfil yaitu meniupkan sangkakala pada hari kiamat nanti.

Sangkakala sendiri adalah sejenis terompet. Saat Allah menyuruh malaikat Israfil meniup sangkakala, saat itulah hari kiamat tiba dan membuat semua mahluk hidup bernyawa akan mati.

Setelah meniup sangkakala yang pertama, Allah SWT akan meghidupkan kembali malaikat Israfil dan kembali menyuruhnya untuk meniup terompet kedua.

Tiupan kedua ini akan membangkitkan semua mahluk hidup yang mati. Setelah tiupan terompet kedua dan semua mahluk hidup kembali hidup, inilah yang dinamakan hari kebangkitan.

4. Malaikat Israil Sang Pencabut Nyawa

Sosok malaikat Izrail merupakan salah satu dari 10 nama malaikat yang wajib diimani yang bertugas untuk mencabut nyawa. Tidak ada satu makhluk pun yang akan terlewat dari takdirnya untuk meninggal jika memang sudah waktunya. Maka, Malaikat Izrail akan mendatangi makhluk tersebut dan mencabut nyawanya.

Sosok malaikat ini bisa dikatakan menjadi malaikat yang namanya cukup dikenal diantara nama malaikat yang lain. Malaikat Izrail adalah malaikat yang sangat patuh pada perintah Allah SWT, termasuk membinasakan apapun itu. Ia tega mencabut nyawa, asalkan bisa mematuhi perintah Allah SWT sebagai Maha Pencipta.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement