9 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Sembilan manfaat minyak kemiri untuk rambut yang bisa diperoleh dengan menggunakannya setiap hari serta aman karena terbuat dari bahan alami.
Image title
1 November 2021, 15:50
Ilustrasi orang yang menggunakan sampo dan manfaat minyak kemiri untuk rambut
Unsplash
Ilustrasi orang yang menggunakan sampo

Pengolahan buah kemiri tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur atau penyedap makanan. Kemiri juga bisa diolah menjadi minyak yang memiliki banyak manfaat. Khasiat bahan alami satu ini sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Bentuk buahnya mirip kacang walnut sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai walnut Indonesia. Namun, tidak seperti kacang walnut, kemiri tidak boleh dikonsumsi mentah-mentah karena beracun. Bumbu masakan ini harus diolah, entah dimasak atau dijadikan minyak, terlebih dahulu agar Anda dapat merasakan manfaatnya.

Kandungan Gizi Kemiri

Mengutip Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap biji kemiri terkandung banyak zat bermanfaat, seperti protein, lemak, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, kalium, dan fosfor.

Beberapa jenis metabolisme sekunder dalam buah kemiri telah berhasil diisolasi dan dikarakterisasi dari berbagai bagian lain tanaman kemiri. Pada bagian daun dan ranting pohon kemiri ditemukan; 3, 4-seco-podocarpane-type trinorditerpenoids,moluccanic acid,moluccanic acid Methylester, dan 6,7- dehydromoluccanic acid.

Senyawa baru golongan phorbol diester (13-O-myristyl-20-O-acetyl-12-deoxyphorbol) ditemukan pada bagian teras kayu pohon kemiri. Sebagai tambahan, senyawa hentriacontane, 6, 7- dimethoxycoumarin, 5, 6, 7-trimethoxycoumarin dan β-sitosteroltercatat pertama kali ditemukan pada spesies ini.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Melansir SehatQ.com, setidaknya ada sembilan manfaat minyak kemiri untuk rambut yang bisa didapatkan bila digunakan secara rutin, antara lain:

1. Menghindari Potensi Rambut Kering

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang pertama adalah memberikan kelembapan sehingga mencegah terjadinya rambut kering dan kusut. Khasiat minyak kemiri untuk rambut ini berasal dari kandungan asam amino dan asam lemak esensial yang dapat menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. Oleh karenanya, rambut Anda terlihat lebih sehat dan terasa lebih lembap.

2. Membuat Rambut Semakin Berkilau dengan Warna Hitam

Salah satu kandungan dalam minyak kemiri adalah asam gamma-linolenic yang berfungsi sebagai conditioner alami bagi rambut.
Fungsi minyak kemiri untuk rambut dari kandungan tersebut diyakini mampu mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut Anda akan tampak berkilau hitam alami.

3. Penyubur Rambut

Selanjutnya, manfaat minyak kemiri untuk rambut yaitu mencegah kebotakan. Pasalnya, khasiat minyak kemiri untuk rambut ini mampu mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

4. Menguatkan Rambut

Minyak kemiri juga bisa memperkuat rambut. Fungsi minyak kemiri untuk rambut ini berasal dari kandungan asam linoleat dan linolenat yang dapat melapisi, menutrisi, dan melembapkan rambut, bahkan memperbaiki masalah rambut bercabang. Anda bisa memperoleh khasiat minyak kemiri untuk rambut ini dengan cara mengoleskan masker rambut dari minyak kemiri secara rutin.

5. Melembapkan Kulit Kepala

Kelembapan kulit kepala sangatlah dibutuhkan demi kesehatan tumbuhnya rambut. Kemiri bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasinya. Minyak kemiri mengandung tanin yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan tanin pada minyak kemiri dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, bersih, dan bebas dari bakteri.

6. Mengobati Ketombe

Ketombe membuat kepala gatal dan penampilan menjadi semakin buruk. Hal itu dapat ditangani dengan minyak kemiri. Karena khasiat dari kandungan asam linoleat yang berfungsi sebagai antiradang. Kandungan tersebut dipercaya mampu mengurangi peradangan pada kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe.

7. Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Aktivitas keseharian membuat rambut rentan dan rawan terpapar radiasi siniar matahari. Minyak kemiri bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Khasiat minyak kemiri untuk rambut satu ini berasal dari kandungan vitamin E di dalamnya.

Vitamin E dikenal dapat menjaga kerusakan kulit kepala akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama. Vitamin E bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas dan menjaga sel membran dari kerusakan sinar matahari.

8. Mengobati Gejala Psoriasis

Gejala psoriasis dapat ditanggulangi dengan minyak kemiri. Pada saat kulit kepala kering, berbagai masalah kulit dapat terjadi. Salah satunya adalah psoriasis yang ditandai dengan munculnya kulit bersisik, gatal, hingga rambut rontok.

Untuk mengatasinya, butuh pelembap khusus kulit kepala yang berfungsi untuk meringankan peradangan dan gatal. Minyak kemiri sebetulnya dapat melakukan tugas tersebut. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa khasiat minyak kemiri ini hanya dapat mengurangi gejala psoriasis dalam skala kecil.

 9. Ramah Terhadap Kulit Kepala Sensitif

Minyak kemiri terbuat dari bahan alami sehingga tidak memiliki efek samping berlebihan, seperti produk kecantikan lainnya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut adalah salah satunya sangat aman untuk kulit sensitif.

Demikian sembilan manfaat minyak kemiri untuk rambut yang bisa didapat bila rutin digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bila menemukan gejala lain saat digunakan segera menghubungi dokter terdekat untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait