Mengenal Sejarah, Properti, dan Pola Lantai Tari Gambyong

Dwi Latifatul Fajri
12 November 2021, 09:37
Tari Gambyong
pariwisatasolo.surakarta.go.id

Tari Gambyong berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Penarinya  terdiri dari 2 orang perempuan remaja yang memakai kostum kemben hijau, bawahan batik, dan selendang yang melingkar di pinggang. Tari gambyong diiringi gamelan jawa dan penyanyi (sinden).

Gambyong menjadi tarian hiburan dan penyambutan tamu kehormatan. Dahulu tarian ini ditampilkan di lingkungan keraton, lalu mengalami perkembangan sebagai pentas kesenian.

Mengutip dari Indonesia.go.id, tari gambyong mengalami perkembangan sehingga menghasilkan jenis tarian baru. Contoh tarian baru yaitu gambyong Sala Minulya, Ayun-Ayun, Gambir Sawit, Dewandaru, Mudhatama, Pangkur, dan Campursari.

Pola Lantai Tari Gambyong

Gerakan tari gambyong terdiri dari 3 bagian yaitu gerakan awal (maju beksan), gerakan utama (beksan), dan gerakan penutup (mundur beksan). Tarian dimulai ketika alunan gending pangkur yang menjadi nyanyian awal mengundang penari naik ke panggung.

Pola lantai tari gambyong menonjolkan gerakan kaki, tangan, tubuh, dan kepala. Gerakan dasar tarian ini adalah kepala dan tangan. Keunikan gerakan yaitu pandangan penari sering melihat jari tangan. Pergerakan kaki bergerak harmonis mengikuti alunan musik pengiring.

Tarian ini memiliki tempo lambat sehingga penari menampilkan gerakan lemah gemulai. Gerakan ini menggambarkan keindahan dan kelembutan seorang wanita.

Mengutip dari jurnal berjudul Kajian Estetis Koreografis Tari Gambyong Retno Kusumo Di Sanggar Soerya Soemirat Kota Surakarta, pola lantai gerakan adalah garis yang dilalui penari di atas lantai. Baris tari gambyong ada yang lulus dan ada yang lengkung.

Sementaar itu formasi penari beriringan yang memberi kesan kekuatan dan kebersamaan. Arah menghadap tarian ini yaitu ke samping, ke depan, dan kebelakang.

Properti Tari Gambyong

Properti tari gambyong terdiri dari desain kostum, tata pentas, tata rias, dan tata lampu. Pakaian penari gambyong memakai warna kalem yang disesuaikan isi cerita. Contohnya saja tari gambyong Jangkung Kuning mengambil cerita Timun Mas, maka kostum penari berwarna netral atau kalem.

Pakaian yang digunakan penari bernuansa kuning dan hijau. Kedua warna ini merupakan simbol kemakmuran dan kesuburan. Mengutip dari jurnal Koreografi Tari Gambyong Jangkung Kuning di Surakarta, kostum atau tata busana penari gambyong terdiri dari:

  1. Kain jumputan
  2. Kain jarik
  3. Sampur
  4. Stagen
  5. Kamisol
  6. Sanggul
  7. Subal
  8. Aksesoris bros
  9. Cundhuk jungkat
  10. Cundhuk mentul
  11. Gelang
  12. Kalung
  13. Giwang
  14. Bunga

Seni pertunjukan tari gambyong memakai tata rias sesuai karakter cerita. Contohnya tari gambyong jangkung kuning memakai tata rias garis wajah penari lebih tegas dan cantik. Tata rias penari gambyong jangkung kuning, memakai warna di kelopak mata memakai warna perpaduan coklat dan hitam.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...