Cara Transfer ShopeePay ke Bank dan Isi Saldo
Cara transfer ShopeePay ke Bank adalah sesuatu yang mesti diketahui oleh para penikmat belanja online. ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran online.
Selain itu, dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan transfer offline di merchant ShopePay dan menarik atau mentransfer saldo ShopeePay ke rekening bank.
Cara Transfer ShopeePay ke Bank
Berdasarkan laman resmi Shopee, pengguna dapat menarik dana dari Saldo ShopeePay ataupun dari Dana Pengembalian melalui halaman ShopeePay. Sebelum melakukan penarikan dana, pastikan telah menambahkan rekening bank ke akun ShopeePay terlebih dahulu.
Saldo ShopeePay adalah dana yang didapatkan ketika mengisi saldo atau transfer dari kontak pengguna. Sementara Dana Pengembalian adalah dana dari pesanan yang dibatalkan melalui metode pembayaran ShopeePay atau Transfer Bank.
Pastikan sudah melakukan verifikasi identitas dan rekening bank sebelum melakukan penarikan dana dari ShopeePay ke rekening bank. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:
Untuk melakukan penarikan, pilih menu Saya, klik ShopeePay > Tarik Dana > pilih rekening bank tujuan > isi jumlah dana yang ingin ditarik > Lanjutkan > Konfirmasi > masukkan PIN ShopeePay.
Perlu diketahui, penarikan dana di bawah Rp50.000 ke BRI, BCA, BNI, dan Bank Mandiri dikenakan tarif Rp 3.000. Sementara, untuk penarikan dana di atas nominal tersebut tidak dikenakan biaya tambahan. Detail penarikan dapat dilihat pada menu Transaksi Terakhir.
Berikut estimasi waktu proses penarikan dana dari ShopeePay ke rekening bank untuk setiap bank:
- Seabank: 1 hari kalender
- BCA: 1 hari kalender
- BNI: 1 hari kalender
- BRI: 1 hari kalender
- Mandiri: 1 hari kalender
- Bank lainnya: 1-7 hari kalender.
Penarikan dana (selain ke SeaBank) setelah pukul 22.00 WIB membutuhkan waktu proses lebih lama, sebab proses penarikan akan dimulai pada pukul 06.00 WIB. Pihak Shopee menyarankan untuk melakukan penarikan dana pada pukul 05.00-22.00 WIB.
Dalam proses transfer beberapa kendala mungkin dapat terjadi, seperti munculnya notifikasi mengani penambahan Rekening Bank Terverifikasi atau dana belum diterima meski sudah melewati estimasi waktu. Berikut cara mengatasinya:
- Jika melihat notifikasi mengenai penambahan Rekening Bank Terverifikasi, refresh aplikasi Shopee dan periksa kembali detail rekening bank yang ditambahkan.
- Jika tidak menerima dana dalam kurun waktu sesuai dengan estimasi waktu penarikan, bisa jadi karena data rekening bank salah. Penarikan dana ShopeePay akan dijeda dan pengguna diminta untuk menghapus detail rekening bank yang salah dan menambahkan yang benar.
Selain itu, tidak masuknya dana ke rekening bisa terjadi karena pengguna telah melakukan transfer ke rekening bank yang salah. Jika pengguna melakukan transfer ke akun yang tidak valid, penarikan akan otomatis dibatalkan. Namun, jika masuk ke rekening yang ada, tetapi penerima yang salah, maka pengguna harus menghubungi pihak bank untuk memproses penarikan dana tersebut.
Untuk mengecek status penarikan, silakan klik ShopeePay pada halaman Saya > Pilih Transaksi Terakhir > Pilih penarikan yang ingin dicek > klik pada penarikan tersebut > pengguna akan langsung diarahkan ke halaman Rincian Penarikan yang akan menunjukkan status penarikan tersebut.
Cara Isi Saldo ShopeePay
Pengisian saldo ShopeePay dapat dilakukan dengan metode sebagai berikut:
- Mitra Shopee.
- Bank Transfer (Virtual Account): SeaBank, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank Syariah Indonesia/Bank Syariah Mandiri, dan Bank Permata.
- Alfamart/Alfamidi/Dan+Dan.
- Indomaret/i-Saku.
- BCA OneKlik.
- Scan Kode QR di Circle K.
Mengutip laman Shopee, untuk mengisi saldo ShopeePay klik Saldo ShopeePay di halaman utama Shopee > Isi Saldo > pilih metode pembayaran yang diinginkan > konfirmasi dan selesaikan pembayaran.
Saldo ShopeePay akan masuk dalam 1x24 jam setelah pembayaran diverifikasi. Pengguna dapat menghubungi customer service Shopee apabila mengalami kendala pembayaran saat mengisi saldo ShopeePay.
Pengguna dapat melakukan top up saldo ShopeePay sampai Rp2 juta untuk akun yang belum diverifikasi dan Rp10 juta untuk akun yang telah diverifikasi. ShopeePay menetapkan limit akumulasi saldo masuk hingga Rp20 juta per bulan. Limit ini akan kembali dari awal di tanggal 1 setiap bulannya.
Biaya tambahan isi saldo ShopeePay dengan virtual account
Mulai 1 Oktober 2021 lalu, pengguna ShopeePay yang melakukan isi saldo melalui virtual account di beberapa bank dikenakan biaya admin mulai dari Rp 500. Berikut detail biaya admin isi saldo melalui virtual account:
- BCA: Rp500 (biaya admin via bank).
- Mandiri: Rp500 (biaya admin via bank).
- BRI: Rp500 (biaya admin via bank).
- BSI: Rp500 (biaya admin via bank).
- BNI: Rp1.000 (biaya admin via bank).
- Permata: Rp500 (biaya admin via ShopeePay).
- Bank lainnya (via Mandiri): Rp500 (biaya admin via ShopeePay).
- SeaBank: Bebas biaya admin.
Berikut cara isi saldo ShopeePay melalui virtual account:
Pilih ShopeePay > klik Isi Saldo > Transfer Bank > pilih bank yang diinginkan dan klik konfirmasi > selanjutnya akan diarahakan ke halaman Pembayaran > klik Ok jika sudah memahami petunjuk transfer > untuk melihat Rincian Isi Saldo, klik Transaksi Terakhir yang ingin dilihat di halaman utama ShopeePay.
Jumlah saldo yang masuk ke ShopeePay sama dengan nilai yang di top up (khusus BCA, Mandiri, BRI). Jika mengisi saldo sebesar Rp100, maka jumlah saldo yang masuk adalah Rp100. Pengisian saldo melalui SeaBank tidak akan dikurangi biaya admin.