Cara Transfer ShopeePay ke Bank dan Isi Saldo

Image title
12 November 2021, 15:08
Ilustrasi cara transfer ShopeePay ke Bank.
shopeepay.co.id
Ilustrasi cara transfer ShopeePay ke Bank.

Cara transfer ShopeePay ke Bank adalah sesuatu yang mesti diketahui oleh para penikmat belanja online. ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran online.

Selain itu, dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan transfer offline di merchant ShopePay dan menarik atau mentransfer saldo ShopeePay ke rekening bank.

Cara Transfer ShopeePay ke Bank

Berdasarkan laman resmi Shopee, pengguna dapat menarik dana dari Saldo ShopeePay ataupun dari Dana Pengembalian melalui halaman ShopeePay. Sebelum melakukan penarikan dana, pastikan telah menambahkan rekening bank ke akun ShopeePay terlebih dahulu.

Saldo ShopeePay adalah dana yang didapatkan ketika mengisi saldo atau transfer dari kontak pengguna. Sementara Dana Pengembalian adalah dana dari pesanan yang dibatalkan melalui metode pembayaran ShopeePay atau Transfer Bank.

Pastikan sudah melakukan verifikasi identitas dan rekening bank sebelum melakukan penarikan dana dari ShopeePay ke rekening bank. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

Untuk melakukan penarikan, pilih menu Saya, klik ShopeePay > Tarik Dana > pilih rekening bank tujuan > isi jumlah dana yang ingin ditarik > Lanjutkan > Konfirmasi > masukkan PIN ShopeePay.

Perlu diketahui, penarikan dana di bawah Rp50.000 ke BRI, BCA, BNI, dan Bank Mandiri dikenakan tarif Rp 3.000. Sementara, untuk penarikan dana di atas nominal tersebut tidak dikenakan biaya tambahan. Detail penarikan dapat dilihat pada menu Transaksi Terakhir.

Berikut estimasi waktu proses penarikan dana dari ShopeePay ke rekening bank  untuk setiap bank:

  • Seabank: 1 hari kalender
  • BCA: 1 hari kalender
  • BNI: 1 hari kalender
  • BRI: 1 hari kalender
  • Mandiri: 1 hari kalender
  • Bank lainnya: 1-7 hari kalender.

Penarikan dana (selain ke SeaBank) setelah pukul 22.00 WIB membutuhkan waktu proses lebih lama, sebab proses penarikan akan dimulai pada pukul 06.00 WIB. Pihak Shopee menyarankan untuk melakukan penarikan dana pada pukul 05.00-22.00 WIB.

Dalam proses transfer beberapa kendala mungkin dapat terjadi, seperti munculnya notifikasi mengani penambahan Rekening Bank Terverifikasi atau dana belum diterima meski sudah melewati estimasi waktu. Berikut cara mengatasinya:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...