Makna dan Gerakan Tari Bungong Jeumpa

Dwi Latifatul Fajri
12 November 2021, 16:06
Tari Bungong Jeumpa
ANTARA FOTO/Rahmad

Tari Bungong Jeumpa berasal dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam. Tarian ini gerakannya hampir sama dengan tari Saman. Bungong Jeumpa merupakan judul lagu populer di Aceh yang artinya bunga cempaka.

Awal mula lagu ini karena bunga Jeumpa tumbuh liar di daerah Aceh. Pohon cempaka tumbuh besar dan tinggi menyangga dahan dan ranting. Sementara bagian bunga mengeluarkan bau harum yang khas.

Bunga Jeumpa memiliki aneka warna yaitu kuning, hijau, dan merah. Dalam tradisi masyarakat Aceh, bunga ini menjadi simbol keindahan. Bunga Jeumpa digunakan untuk upacara tradisi dan pernikahan. Bagian kuncupnya dipakai sebagai hiasan kepala pengantin yang disebut dara baro.

Mengutip dari kemdikbud.go.id, di Aceh Selatan, bunga cempaka menjadi bahan campuran wewangian untuk prosesi mandi balimau sebelum Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Tradisi mandi balimau dahulu adalah prosesi mandi wajib untuk membersihkan diri dari hadas besar dan kecil. Dahulu masyarakat Aceh memakai bahan campuran limau kaco berupa jeruk limau kasturi seukuran jempol dan kelopak Jeumpa untuk keramas.

Bunga ini juga dijadikan campuran air untuk upacara pernikahan mempelai perempuan di Aceh. Bagian kelopak jeumpa dilepas dari tangkai dan dicampur dengan bunga wangi lainnya. Bunga jeumpa juga menjadi wewangian air untuk ziarah makan masyarakat Aceh. Bunga jeumpa dicampur bunga lain seperti mawar, melati, seulanga, dan bunga harum lain untuk menyiram makam.

Bunga Jeumpa juga menjadi simbol ragam hias kerajinan di Aceh. Jeumpa menjadi inspirasi desain interior rumah tradisional Aceh. Selain ornamen rumah, bunga ini menjadi motif tenunan songket khas Aceh.

Lirik lagu dan terjemahan Bungong Jeumpa

Bungong teuleube, teuleube, indah lagoina
(Bunga yang sangat indah rupanya)

Bungong jeumpa bungong jeumpa, meugah di Aceh
(Bunga cempaka yang terkenal di Aceh)

Bungong teuleube, teuleube, indah lagoina
(Bunga yang sangat indah rupanya)

Puteh kuneng.. meujampu mirah
(Warna putih, kuning, bercampur dengan warna merah)

Bungong si ulah indah lagoina
(Setangkai bunga yang indah sekali)

Puteh kuneng.. meujampu mirah
(Warna putih, kuning, bercampur dengan warna merah)

Bungong si ulah indah lagoina
(Bunga yang sangat indah rupanya)

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...