Nepal van Java, Objek Wisata Majalengka yang Jarang Diketahui

Objek wisata Majalengka paling terkenal adalah Terasering Panyaweuyan. Di dekat lokasi ini terdapat sebuah dusun yang disebut kampung Nepal-nya Majalengka. Keindahannya jarang diketahui wisatawan.
Image title
16 November 2021, 11:12
Dusun Cibuluh di Majalengka viral di media sosial karena keindahannya. Lokasi ini dianggap mirip seperti pemukiman di negara Nepal. Oleh sebab itu, Dusun Cibuluh juga sering disebut sebagai Nepal van Java Majalengka.
Katadata/Fathnur Rohman
Dusun Cibuluh di Majalengka viral di media sosial karena keindahannya. Lokasi ini dianggap mirip seperti pemukiman di negara Nepal. Oleh sebab itu, Dusun Cibuluh juga sering disebut sebagai Nepal van Java Majalengka.

Sebutan Nepal van Java atau kampung Nepal sangat melekat pada sebuah daerah bernama Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Terletak di lereng Gunung Sumbing, dusun ini memiliki lanskap mirip Nepal.

Kemiripan panoramanya dengan Nepal terlihat pada rumah-rumah yang dibangun di lereng Gunung Sumbing. Jika dilihat sekilas, rumah penduduk tersebut nampak tersusun bertumpuk dan menciptakan pemandangan layaknya pemukiman masyarakat di Nepal.

Pemandangan kampung Nepal di Dusun Butuh akan semakin cantik bila kondisi cuaca sedang cerah. Sebab, keindahan dari penampakan Gunung Sumbing yang memiliki ketinggian sekitar 3.371 mdpl (meter di atas permukaan laut) bisa terlihat jelas tanpa ada kabut yang menutupinya.

Selain Dusun Butuh, daerah di Pulau Jawa yang juga sering disebut dengan istilah Nepal van Java adalah Dusun Cibuluh, Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Pemandangan di kampung Nepal-nya Majalengka ini tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan Dusun Butuh.

Advertisement

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Nepal van Java yang menjadi destinasi wisata Majalengka dan wisata Magelang terbaru, berikut Katadata.co.id merangkum beberapa hal menarik dari kampung Nepal di Indonesia. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas tentang Kampung Nepal di Dusun Butuh

Dilansir dari situs Kemenparekraf.go.id, kampung Nepal di Dusun Butuh terletak pada ketinggian 1.600 mdpl. Kondisi dusun ini relatif bersih dengan udara yang sejuk, serta pemandangan alamnya masih sangat asri dan alami. Dusun Butuh pun dinobatkan sebagai dusun tertinggi di Magelang.

Julukan Nepal van Java disematkan ke Dusun Butuh karena rumah penduduk sekitar dibangun di lereng Gunung Sumbing. Tampilannya seolah rumah-rumah bertumpuk layaknya perumahan masyarakat di negeri Nepal.

Kampung Nepal di Magelang menjadi terkenal karena sebelumnya sempat viral di media sosial (medsos). Diceritakan bahwa ada seorang pengunjung yang merekam semua keindahan di Dusun Butuh dan mengunggahnya dalam bentuk video ke medsos. Lambat laun, video tersebut menyebar. Sehingga membuat kampung ini mendapat sorotan lebih dari wisatawan domestik dan mancanegara.

Aktivitas yang bisa dilakukakan saat datang ke tempat ini adalah menjelajah seluk-beluk kampung Nepal. Lokasinya yang berada di ketinggian, membuat kampung Nepal memiliki spot-spot foto menarik dan cantik.

Selain itu, beberapa homestay pun sudah tersedia di kampung Nepal. Untuk wisatawan yang ingin bermalam di objek wisata Magelang terbaru ini, bisa lanngsung menyewa homestay tersebut.

Aktivitas pertanian yang jadi mata pencaharian penduduknya, menjadi daya tarik lainnya yang dimiliki kampung Nepal di Magelang. Tempat ini bisa dijadikan sebagai destinasi terbaik saat berkunjung ke Magelang.

Nepal van Java Majalengka

Dusun yang terletak di lereng Gunung Ciremai ini diapit oleh perbukitan di sekitarnya. Dusun yang juga disebut sebagai kampung Nepal-nya Majalengka ini memilki nama Dusun Cibuluh.

Serupa dengan Dusun Butuh di Magelang, Dusun Cibuluh di Majalengka pun viral setelah keindahannya terekspos ke media sosial. Video Nepal van Java asal Majalengka ini pertama kali diunggah oleh akun instagram @exploremajalengka. Video ini dibuat oleh akun bernama @alanland1.

Video tersebut menampilkan lanskap tampak atas dari pemandangan Dusun Cibuluh. Keindahan dari hijaunya kebun sayur dan keunikan pemukiman rumah warga sekitar, terekam jelas dalam video itu.

Setelah viral karena keindahannya, kampung Nepal di Dusun Cibuluh kemudian mendadak ramai dikunjungi wisatawan. Khususnya dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan).

Mereka umumnya datang untuk berswafoto dan mengabadikan setiap momen di Dusun Cibuluh. Spot foto terbaik, tentunya pemandangan dari rumah penduduk yang terlihat bertumpuk, mirip pemukiman di Nepal.

Lokasi Nepal van Java Majalengka

Lokasi Nepal van Java terletak di Dusun Cibuluh, Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Untuk menjangkau tempat ini relatif mudah. Sebab jalannya sudah beraspal.

Kampung Nepal di Majalengka ini letaknya berdekatan dengan kawasan wisata Terasering Panyaweuyan. Sehingga, pemandangan yang disuguhkan tidak hanya lanskap rumah warga saja. Sepanjang perjalanan, pelancong akan dimanjakan dengan keindahan ladang sayur milik warga di Kecamatan Argapura, yang ditanam pada bukit terasering.

Jarak dari Terasering Panyaweuyan ke Nepal van Java di Majalengka hanya berjarak 6,3 km, dengan waktu tempuh sekitar 16 menit. Kontur jalurnya didonimasi oleh jalan menanjak. Meski begitu wisatawan bisa datang ke tempat ini dengan mengendarai sepeda motor ataupun mobil.

Pesona Nepal van Java Majalengka

Seperti dijelaskan sebelumnya, daya tarik dari kampung Nepal di Majalengka ini adalah lanskap rumah penduduk yang terlihat bertumpuk, dengan latar belakang Gunung Ciremai. Tampilannya mirip seperti di Nepal.

Selain itu, ladang sayur milik warga bisa jadi wahana murah-meriah yang bisa dinikmati wisatawan.

Untuk menikmati suasana ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek cukup dalam. Sebab, kebun warga ini bisa diambil fotonya secara gratis. Namun, perlu diingat sebelum mengambil gambar diwajibkan untuk meminta izin kepada pemilik kebun tersebut.

Demikian pembahasan tentang Nepal van Java yang jadi objek wisata Majalengka dan Magelang terbaru. Waktu yang tepat untuk mengunjungi kampung Nepal ini adalah saat kondisi cuaca sedang cerah. Sebab, panorama alam gunung tinggi yang menjadi latar belakangnya akan terlihat jelas.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait