Indah dan Bersejarah, Ini 11 Destinasi Wisata Temanggung

Image title
18 November 2021, 17:18
Gunung Kendil, destinasi wisata Temanggung.
ticmpu.id
Gunung Kendil, destinasi wisata Temanggung.

Objek wisata Temanggung menjadi destinasi sebagian wisatawan lokal maupun asing untuk beristirahat sejenak dari padatnya aktivitas harian. Salah satu faktor orang berkunjung Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini karena sebagian besar wilayahnya berupa dataran tinggi dan pegunungan, sehingga nyaman, sejuk, dan jauh dari kebisingan kota.

Di wilayah seluas 870,69 kilometer ini masyarkatnya sangat mengandalkan sektor pertanian sebagai sumber penghasilan. Tak heran, tersebar beberapa sentra penjualan sayur dan peternakan ayam di sepanjang Kabupaten Temanggung.

Kabupaten yang berdekatan dengan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing ini merupakan daerah penghasil tembakau terbaik dan terbesar di Indonesia. Faktor geografis menunjang kualitas tembakau yang dihasilkan Temanggung. Setidaknya hampir 200 ribu petani menggantungkan hidupnya pada tembakau.

Bukan hanya itu, Temanggung juga menjadi penghasil komoditas kopi robusta dan arabika terbesar di Jawa Tengah. Setidaknya, 60 persen kopi yang dihasilkan Jawa Tengah berasal dari Temanggung.

Kekayaan hasil alam tersebut seolah mencolek para pelancong untuk bertamu ke Kabupaten Temanggung dan menjamah sejumlah destinasi wisata yang disediakan.

Wisata Temanggung

Wisata Temanggung menyediakan banyak pilihan bagi pengunjungnya, mulai dari curug, hutan, bukit, gunung, candi, hingga danau.

1. Curug Lawe

Curug Lawe
Curug Lawe, destinasi wisata Temanggung (pegipegi.com)

Curug Lawe terletak di Muncar, Kecamatan Gemawang, Temanggung. Untuk mengunjungi air terjun ini, wisatawan mesti melewati kawasan hutan dengan jalanan yang menanjak dan agak licin.

Jalur trekking-nya lumayan jauh, namun selama perjalanan pengunjung ditemani berbagai pemandangan yang memanjakan mata, terutama area perkebunan cengkih.

Curug Lawe yang dalam bahasa Jawa berarti 'benang-benang halus' ini dapat diakses hanya dengan bermodal Rp6.000 sebagai tarif masuk.

2. Curug Trocoh

Curug Trocoh atau juga dikenal dengan nama Curug Surodipo menjulang hingga 120 meter di atas permukaan laut. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Air terjun ini bertingkat lima dan didampingi oleh tebing hijau di sekitarnya yang membuat tampilan curug ini terkesan asri dan menyejukan mata.

Curug deras ini berlokasi di Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. Untuk menikmati destinasi wisata yang satu ini pengunjung hanya perlu merogoh Rp5.000 per orang sebagai tarif masuk.

3. Hutan Pinus Sigrowong

Hutan ini merupakan hutan pinus yang difungsikan sebagai tempat wisata andalan Kabupaten Temanggung. Selain ribuan pohon pinus, di area ini ditanam pohon kopi yang menambah keragaman flora hutan.

Di samping itu, tersedia berbagai spot foto menarik, salah satunya perahu merah putih. Perahu ini terbuat dari kayu dan ban sepeda yang didesain sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk perahu.

Di hutan yang terletak di Kandangan Rowo Seneng, Kandangan, ini terdapat gua dengan kedalaman kurang lebih 7 meter yang konon pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat persembunyian semasa agresi militer Belanda.

Untuk mengakses Hutan Pinus Sigrowong beserta seluruh fasilitasnya, pengunjung dikenai tarif masuk sebesar Rp5.000 per orang.

4. Hutan Walitis

Hutan Walitis
Hutan Walitis, destinasi wisata Temanggung (triptrus.com)

Hutan Walitis berlokasi di Kawasan Desa Jetis, Tanggulanom, Selopampang. Salah satu keunikan hutan ini ialah banyaknya pohon besar dengan usia mencapai puluhan tahun.

Pohon-pohon raksasa tersbeut bahkan ada yang menjulang hingga 30 meter dengan lingkar diameter selebar 7,5 meter. Menurut kepercayaan masyarakat, pohon tersebut berasal dari tongkat Ki Ageng Makukuhan yang merupakan pengikut Wali Songo.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...