5 Wisata Jepara Nuansa Bali yang Patut Anda Kunjungi

Berikut lima daftar wisata Jepara nuansa Bali yang bisa menjadi referensi untuk berlibur bersama sanak kerabat, keluarga atau pasangan sembari menyegarkan pikiran.
Image title
19 November 2021, 10:10
Suasana wisata Jepara nuansa Bali di Pulau Kartini
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jepara
Suasana wisata Jepara nuansa Bali di Pulau Kartini

 

Saat menyebut nama Kabupaten Jepara apa yang terlintas di benak Anda. Nama Raden Ajeng Kartini atau industri kayu dan mebel yang telah merambah pasar hingga luar negeri. Namun ternyata di balik semua itu, Jepara memiliki kekayaan wisata yang bisa menghibur diri Anda, untuk mengobati semua kepenatan dari rutinitas.

Secara definitif Kabupaten Jepara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Kecamatan Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa.

Industri pariwisata di Jepara didukung topografi yang bagus. Wilayahnya terbagi dalam empat yaitu wilayah pantai di bagian pesisir Barat dan Utara, dataran rendah di bagian tengah dan Selatan, pegunungan di bagian Timur yang merupakan lereng Barat dari Gunung Muria, serta wilayah perairan atau kepulauan di bagian utara merupakan serangkaian Kepulauan Karimunjawa.

Dengan kondisi topografi demikian, Kabupaten Jepara memiliki variasi ketinggian antara 0 m sampai dengan 1.301 m dpl (dari permukaan laut), daerah terendah adalah Kecamatan Kedung antara 0 - 2 mdpl yang merupakan dataran pantai, sedangkan daerah yang tertinggi adalah Kecamatan Keling antara 0-1.301 mdpl merupakan perbukitan.

Variasi ketinggian tersebut menyebabkan Kabupaten Jepara terbagai dalam empat kemiringan lahan, yaitu datar 41.327,060 hektare (ha) , bergelombang 37.689,917 ha, curam 10.776 ha dan sangat curam 10.620,212 ha.

Dari kondisi wilayah Kabupaten Jepara tersebut, terdapat sejumlah area wisata yang memiliki kemiripan dengan wisata yang ada di Pulau Dewata. Sehingga tanpa berjauh-jauh harus menyeberang pulau anda sudah bisa mendapatkan wisata Jepara nuansa Bali.

1. Pantai Kartini

Seperti nama tokoh yang berasal dari Jepara, nama pantai ini disematkan dengan menggunakan kata Kartini. Berjarak tidak jauh dari Pendopo Kabupaten Jepara, atau sekitar 2,5 kilometer, pulau ini memiliki berbagai fasilitas yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga, seperti kereta mini yang bisa mengantarkan Anda mengelilingi area pantai seluas 3,5 hektare sambil menikmati semilir angin pantai.

Selain itu, air di pantai ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seperti gatal - gatal dan rematik hanya dengan cara mandi di pantai tersebut. Oleh karenanya sembari bermain air Anda juga bisa melakukan lulur dengan pasir yang masih terjaga kealamiannya.

2. Pulau Panjang

Pilihan wisata Jepara nuansa Bali yang kedua adalah Pulau Panjang. Jarak tempuh ke tempat ini cukup dekat dengan Pulau Kartini. Di pulau ini Anda bisa menikmati keindahan pantai yang bisa dibilang masih terjaga dan berpasir putih. Anda juga bisa menikmati sejuknya hutan tropis yang berada tepat di tengah-tengah pulau ini, sangat cocok dijadikan tempat bumi perkemahan.

Pesona utama yang di tawarkan dari Pulau Panjang Jepara yaitu wisata snorkeling, pantai cantik, hingga ziarah ke makan wali. Liburan paket lengkap di Jepara bisa Anda dapatkan dengan explore pesona keindahan dari Pulau Panjang bersama orang terdekat kita.

3. Pulau Mandalika

Spot wisata pantai Jepara selanjutnya adalah Pulau Mandalika yang sangat indah apabila dipandang dari Benteng Portugis yang ada di dekat pantai. Debur ombak, dan angin yang sepoi-sepoi membuat suasana semakin syahdu.

Apabila Anda berjalan di sekitar pantai makan akan menikmati sensasi pasir putihnya juga indah dan nyaman digunakan untuk berjalan. Kegiatan utama yang bisa dilakukan adalah memancing. Karena di sini banyak sekali jenis ikan kakap, kerapu, juga ikan pari. Pemandangan alamnya masih sangat murni dan asri.

Untuk mencapai tempat ini Anda bisa menyeberang dengan menggunakan kapal atau perahu yang disediakan oleh warga sekitar dari Benteng Portugis.

4. Air Terjun Songgo Langit

Secara bahasa Songgo Langit berarti penyangga langit. Nama itu muncul berdasarkan tinggi air terjun yang mencapai 80 meter. Letaknya berada di di Dukuh Ngelecer, Bucu, Kembang, Kabupaten Jepara.

Dengan lebar 2 meter, air terjun ini menghantarkan ribuan kubik air segar dari pegunungan yang bisa kamu nikmati. Yang menambah daya tarik adalah, di sekitar air terjun Anda bisa menjumpai berbagai macam kupu-kupu yang indah. Sehingga selain bisa bermain dengan deburan air Anda juga bisa mencari gambar sembari berfoto.

5. Benteng Portugis

Rekomendasi wisata Jepara nuansa Bali yang terakhir ada di Benteng Portugis. DItilik dari sisi sejarahnya, Benteng Portugis merupakan benteng yang dibangun oleh Bangsa Portugis saat masa penjajahan VOC berlangsung. Di sini kamu Anda berfoto dengan latar belakang benteng yang megah.

Dari sini Anda bisa menikmati suasana Pulau Mandalika dari kejauhan. Karena jaraknya cukup dekat dan bisa ditempuh dengan sekali menyeberang menggunakan perahu atau kapal.

Dari lima pilihan wisata Jepara nuansa Bali ini Anda bisa menikmati suasana alam yang shadu sembari membayangkan suasana Pulau Dewata.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait