Serba-serbi Tari Remo, Tarian dari Jawa Timur yang Sarat Makna

Image title
22 November 2021, 13:51
Tari Remo berasal dari daerah Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
Pinterest
Tari Remo

Tari Remo, siapa yang pernah mendengar tarian yang satu ini? Tari Remo yang berasal dari daerah Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini, mungkin masih cukup asing dan tidak sepopuler tarian dari daerah lain. Namun demikian, properti dan makna tari Remo tak kalah kental dengan nilai budaya.

Selain menjadi hiburan rakyat, salah satu fungsi dari tarian adalah untuk menyambut tamu, tentunya tamu kehormatan atau tamu istimewa. Demikian juga dengan Tari Remo, yang biasa dipentaskan untuk menyambut tamu kehormatan, seperti misalnya tamu kenegaraan.

Advertisement

Seiring dengan perkembangan zaman, selain untuk menyambut tamu kehormatan, tari Remo juga kerap menjadi bagian dari pembukaan kesenian Ludruk.

Tari Remo mengisahkan tentang seorang pangeran, yang sedang berlaga di medan pertempuran. Tak heran jika tari Remo banyak dibawakan oleh penari laki-laki. Hal tersebut, tentu menyesuaikan dengan kisah atau latar belakang tarian ini.

Namun dengan perkembangan zaman, tari Remo juga banyak dibawakan oleh perempuan, dan juga disebut sebagai tari Remo putri.

Properti Tari Remo

Sebagai salah satu tarian tradisional, properti tari Remo tentu saja berkaitan dengan tradisi daerah setempat. Tari Remo, yang juga sering disebut sebagai tari Ludruk, mengisahkan tentang perjuangan seorang pangeran yang sedang berlaga di medan pertempuran.

Tari Remo telah diadopsi di beberapa daerah di Jawa Timur, sehingga kostum dan juga properti yang digunakan pun cukup bervariasi. Namun, ada beberapa properti yang menjadi ciri khas dan seolah wajib ada di setiap pertunjukan tari Remo.

Secara umum, ada beberapa jenis busana tari Remo, yakni: Surabayan, gaya Sawunggaling, Malangan, Jombangan dan Remo Putri. Kelima jenis busana tari Remo itu terbilang identik dan hanya ada beberapa hal kecil atau detail yang membedakan.

Pada gaya Surabayan, penari menggunakan ikat kepala merah, baju hitam tanpa kancing bergaya kerajaan abad ke-18, celana tanggung dengan kait jarum emas, sarung batik Pesisiran, setagen untuk mengikat pinggang, serta keris yang rapi terselip di belakang.

Penari membawa dua selendang, yang masing-masing dipakai di pinggang dan tersemat di bahu. Kedua tangan penari memegang ujung selendang, serta gelang berlonceng, yang dipakai di pergelangan kaki.

Serupa dengan gaya Surabayan, pada gaya Sawunggaling pun tak jauh berbeda. Perbedaan hanya ditemukan pada pakaian putih lengan panjang, menggantikan pakaian hitam bergaya kerajaan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement