Tutorial Cara Menghapus Akun Google di Hp Paling Mudah

Cara menghapus akun google di hp itu sangat mudah. Jika ingin menghapusnya, berikut tutorial lengkapnya untuk Anda.
Image title
26 November 2021, 15:09
Tutorial Cara Menghapus Akun Google di Hp Paling Mudah
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Seorang pria membuka laman Google dari gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Badan Usaha Tetap (BUT) untuk mengejar pemasukan pajak dari perusahaan asing yang berbasis di luar negeri namun bertransaksi dan memperoleh penghasilan di Indonesia termasuk perusahaan-perusahaan besar 'Over The Top' (OTT) atau daring seperti Google, Facebook, Youtube dan lain-lain.

Ketika baru saja membeli sebuah ponsel pintar, pastinya Anda harus menambahkan akun google terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Akun tersebut merupakan sarana agar Anda bisa mengakses semua aplikasi pada handphone (hp) berbasis android.

Sejak diakuisisi oleh Google pada tahun 2015, sistem android kini sudah terhubung dengan berbagai macam aplikasi di Google Play Store. Selain itu, Anda akan dimudahkan untuk merambah email penting di gmail tanpa perlu membuka komputer atau laptop.

Dalam beberapa situasi,  sebagian orang ingin logout dan menghapus Gmail di ponsel Android. Namun, mereka terkadang tidak tahu bagaimana cara menghapus akun google di hp. Banyak alasan kenapa orang-orang ini hendak menghapusnya. Misalnya hendak mengganti ponsel android baru, atau menggantinya dengan akun baru.

Ada beberapa cara menghapus akun google permanen di ponsel pintar. Namun, langkah ini bukan berarti tidak memiliki risiko. Sebelum menghapus akun google di hp, pastikan agar semua dokumen penting yang ada disimpan pada perangkat lain. Ini untuk menghindari berkas berharga di dalam akun google lama tidak lenyap begitu saja.

Sebelum membahas cara menghapus akun google di hp, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui.

1. Pastikan Data Penting Aman

Apa yang akan terjadi saat akun google dihapus? Pertanyaan ini mungkin akan muncul di benak Anda dan orang-orang yang hendak menghapus akun google di hp. Umumnya, setelah akun itu dihapus maka semua file penting yang tersimpan di Google Drive, Google Photo, dan sebagainya akan terhapus pada ponsel tersebut. Untuk memulihkannya lagi Anda harus menambahkan akun google kembali.

Supaya Anda terhindar dari hal itu, pastikan semua data yang dianggap penting dipindahkan ke perangkat lain. Dengan mentransfer data ke media penyimpanan baru, berkas milik Anda akan tetap aman. Langkah ini bisa dilakukan saat Anda bakal mengganti handphone atau menambahkan akun google di ponsel lain.

Data yang sudah dicadangkan, bisa Anda unggah kembali ke layanan penyimpanan google drive dan google foto. Nantinya semua berkas tersebut akan tetap aman.

2. Tidak Bisa Mengakses Layanan di Google Play Store

Semua aplikasi yang ada di Google Play Store, tidak bisa diakses kalau Anda menghapus akun google di hp. Seperti penjelasan sebelumnya, akun google memiliki peranan penting pada sistem operasi berbasis android. Oleh karena itu, kalau Anda sekedar menghapus akun google di dalam sebuah perangkat dan tidak melenyapkannya secara permanen, semua layanan di Google Play Store dapat diakses lagi. Anda hanya perlu login kembali.

Dalam beberapa kasus tertentu, Anda juga tidak bisa melakukan pembaruan pada aplikasi yang terpasang di ponsel pintar. Untuk itu sebelum mempelajari cara menghapus akun google di hp, Anda sebaiknya perlu memahami risiko tersebut.

3. Tidak Bisa Membuka Aplikasi Google di Ponsel

Menghapus akun google di hp, artinya Anda tidak bisa membuka semua aplikasi bawaan google pada ponsel seperti google drive, gmail, google books, google kalender, dan masih banyak lagi. Semua aplikasi tersebut masih bisa diakses lagi, jika Anda tidak menghapus akun google secara permanen.

Saat membeli hp baru berbasis android, Anda tinggal menambah akun google lama di ponsel tersebut. Dengan begitu, aplikasi google yang ada di perangkat sebelumnya dapat diakses kembali di hp baru Anda.

Tutorial Cara Menghapus Akun Google di Hp Paling Mudah

Ada banyak cara menghapus akun google di hp dan perangkat lainnya. Namun, hal ini ternyata masih belum diketahui oleh sebagian orang. Supaya memudahkan Anda, berikut tutorial menghapus akun google di hp seperti dikutip dari Support Google.

Cara Menghapus Akun Google di Hp

Sebelum membahas lebih jauh soal cara menghapus akun google di hp, ada beberapa catatan yang perlu Anda pahami. Langkah-langkah yang dijelaskan di dalam artikel ini bisa membantu seumpama Anda terlanjur login di hp orang lain, kemudian ingin segera menghapusnya. Selain itu, panduan ini bisa juga dipakai untuk memindahkan akun google dari perangkat lama ke ponsel baru Anda.  Singkatnya, tutorial di sini tidak membahas cara menghapus akun google permanen.

Jika Anda sudah memahaminya, berikut penjelasan lengkap cara menghapus akun google di hp.

Cara Pertama

  1. Buka setelan aplikasi, di ponsel Anda.
  2. Lalu ketuk Akun.
  3. Apabila tidak ada menu tersebut, Anda bisa menemukannya di menu Pengaturan dan Akun.
  4. Tentukan akun yang ingin Anda hapus.
  5. Kemudian ketuk Hapus Akun.
  6. Kalau akun tersebut satu-satunya akun di ponsel, biasanya Anda harus memasukan PIN, menggambar pola, atau memasukan sidik jari demi keamanan.

Cara Kedua

  1. Buka aplikasi gmail yang terpasang di ponsel pintar Anda.
  2. Kemudian tekan ikon strip tiga yang letaknya di bagian pojok kiri.
  3. Pilih akun yang ingin dikeluarkan pada menu informasi email.
  4. Selanjutnya ketuk menu "manage account".
  5. Lalu masuk ke pengaturan akun, dan pilih menu "Google".
  6. Pilih akun gmail yang akan anda hapus.
  7. Selanjutnya ketuk pilihan hapus akun.

Itulah cara menghapus akun google di perangkat ponsel. Anda dapat mengikuti semua tahapan sesuai tutorial yang sudah dijelaskan di atas. Akun google punya peranan penting dalam sistem operasi berbasis android. Sebab, dengan menambahkan akun di ponesl pintar Anda, semua layanan aplikasi dari google akan terhubung atau tersinkronisasi.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait