Tidak Sulit, Ini Pilihan Cara Menghapus Akun Google

Ada beberapa cara menghapus akun Google dari hp ataupun di laptop. Berikut ini penjelasan lengkapnya.
Image title
2 Agustus 2021, 17:58
cara menghapus akun Google, cara menghapus akun Google di hp, cara menghapus akun Google permanen, menghapus akun google
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Penguna Google mengakses melalui HP

Banyak pengguna Google yang ingin mengetahui cara menghapus akun Google di ponsel pintar (hp) maupun di laptop. Keputusan untuk menutup akun Google tersebut ada banyak alasannya. Salah satu alasan yang biasanya muncul yakni, karena pemilik akun tersebut sudah memiliki akun Google baru. Ada beberapa cara sebenarnya yang bisa dilakukan untuk menghapus akun Google dari hp ataupun di laptop. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Hal Penting Sebelum Hapus Akun Google

Sebelum mengetahui cara menghapus akun Google, Anda juga harus mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan sebelum menghapus akun tersebut. Berikut ini beberapa hal penting yang harus anda perhatikan:

  1. Pratinjau terlebih dahulu akun yang Anda miliki dan pelajari bagaimana mengunduh data yang sudah disimpan di akun tersebut.
  2. Jika menggunakan alamat email tersebut untuk keperluan sosial media atau bahkan akun perbankan, pastikan Anda mengganti atau menambahkan akun Google lain di aplikasi sosial media atau akun perbankan terlebih dahulu sebelum menghapus akun.
  3. Pebarui informasi pemulihan akun terlebih dahulu sebelum menghapus akun tersebut. Langkah ini perlu dilakukan dengan tujuan, jika suatu saat Anda ingin memulihkan akun Google tersebut.

Cara Menghapus Akun Google di HP

Ada beberapa cara menghapus akun Google dari hp. Anda bisa memilih salah satu dari cara yang akan dijelaskan berikut ini. Cara-cara ini bisa dilakukan untuk anda yang menggunakan hp android. Berikut penjelasa lengkapnya:

Cara pertama

  1. Buka terlebih dahulu menu pengaturan yang ada di android Anda.
  2. Kemudian klik "Accounts" atau "Akun", lalu pilih "Google". Pada menu ini anda akan meilhat beberapa akun yang login di hp android tersebut.
  3. Anda bisa langsung klik akun yang akan dihapus. Lalu pilih "Remove Account" atau "hapus akun". Menu hapus akun ini akan terlihat jika Anda klik ikon titik tiga yang ada pojok kanan.
  4. Kini akun Google Anda sudah terhapus dari perangkat android tersebut. Namun cara ini tidak menghapus akun secara permanen, hanya menghapus pada perangkat tersebut saja.

Cara kedua

  1. Buka aplikasi Google mail di hp atau tablet android yang Anda gunakan.
  2. Klik ikon strip tiga yang ada di pojok kiri.
  3. Pada bagian informasi email klik nama email yang akan anda keluarkan.
  4. Kemudian klik "manage account".
  5. Lalu masuk ke menu pengaturan akun, dan pilih menu "Google".
  6. Pilih akun gmail yang akan anda hapus, dan klik opsi hapus akun.

Cara Menghapus Akun Google di iPhone dan iPad

Selain di android, ada juga cara menghapus akun Google di hp dari jenis iPhone maupun iPad. Caranya tidak sulit. Anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini:

Advertisement
  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum menghapus akun Google yaitu backup atau unduh terlebih dahulu seluruh data yang ada di akun tersebut.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi Gmail yang sudah terpasang di iPhone atau iPad yang Anda gunakan.
  3. Pada bagian kanan atas, klik foto profil dari akun Gmail yang akan di hapus.
  4. Lalu klik menu kelola akun Google anda.
  5. Pilih menu "data & personalisasi".
  6. Di menu “download, hapus, atau buat rencana untuk data anda”, klik hapus layanan atau akun anda,
  7. Kemudian klik hapus layanan.
  8. Selanjutnya di samping menu “Gmail” Anda bisa klik ikon hapus.
  9. Lanjutkan dengan mengikuti arahan pada layar iPhone atau iPad anda.

Cara Menghapus Akun Google Permanen

Selain menghapus akun Google dari perangkat smartphone, Anda juga bisa menghapus akun Google secara permanen. Ada beberapa langkah yang harus anda ikuti untuk bisa menghapus akun Google secara permanen. Berikut penjelasannya:

1. Buka terlebih dahulu akun Google yang akan di hapus

Cara menghapus akun Google permanen pertama, yaitu buka akun Google dengan menggunakan aplikasi browser. Disarankan untuk menggunakan laptop atau komputer untuk mempermudah proses penghapusan akun. Anda bisa menggunakan browser Google Chrome, karena lebih mudah dan sederhana.

Buka akun Google dengan cara klik ikon akun yang biasanya ada di kanan atas. Biasanya ikon akun Google berupa lingkaran dengan foto profil atau inisial dari akun tersebut. Selanjutnya Anda bisa klik “kelola akun Google anda”.

2. Pilih menu Data & Personalisasi

Jika sudah masuk ke dalam akun Google, Anda pasti akan melihat menu "Data & Personalisasi". Kemudian klik menu tersebut, dan Anda bisa mengontrol akitivitas yang ada di akun tersebut mulai dari iklan, histori, dan lain sebagainya.

3. Klik pilihan “Hapus Layanan atau Akun Anda”

Apabila sudah klik Data & Personalisasi, scroll ke bawah kemudian akan terlihat menu “Download, hapus, atau buat rencana untuk data anda”. Anda bisa masuk ke menu tersebut, maka anda bisa klik “Hapus layanan atau akun anda”.

4. Lakukan penghapusan akun

Cara menghapus akun Google terakhir yakni dengan klik hapus akun anda yang ada di menu “Hapus Akun Google Anda”. Setelah itu, akun Google beserta dengan data-data lain seperti email, foto, atau dokumen akan hilang secara permanen.

Data Apa Saja yang Hilang Jika Menghapus Akun Google?

Setelah mengetahui cara menghapus akun Google di hp baik permanen atau sementara, ada beberapa hal yang akan hilang. Berikut ini daftar data atau yang akan dihilang ketika Anda menghapus akun Google yang anda miliki:

  1. Data seperti email, dokumen, kalender, dan foto yang anda miliki pada akun Google tersebut akan menghilang.
  2. Layanan Google seperti Google Email, Google Drive, Google Kalender, dan Google Play tidak bisa digunakan lagi menggunakan akun tersebut.
  3. Layanan dan konten yang anda beli menggunakan akun tersebut seperti YouTube dan Google Play tidak akan bisa diakses lagi.
  4. Beberapa data dan konten lainnya juga akan hilang termasuk data-data yang tersimpan pada Google drive di akun tersebut.
  5. Anda akan kehilangan kontak yang tersimpan pada akun Google tersebut.
  6. Anda tidak bisa menggunakan layanan di Google Play Store menggunakan akun tersebut.

Cara Memulihkan Akun Google

Apabila anda sudah menutup akun Google dan ingin menggunakannya lagi, jangan khawatir karena Google juga menyediakan cara untuk memulihkan akun Google yang sudah di tutup. Ada dua pilihan cara yang bisa anda pilih untuk memulihkan akun yakni dengan menggunakan nomor hp pemulihan dan alamat email pemulihan. Anda bisa memilih salah satu dari kedua cara tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

Menggunakan nomor hp pemulihan

  1. Buka laman accounts.Google.com/signin/recovery?hl=en pada aplikasi browser.
  2. Isi alamat email yang akan dipulihkan. Lalu klik Berikutnya.
  3. Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi dari akun tersebut. Masukkan kata sandi dengan benar kemudian pilih “Coba pertanyaan lain” yang ada di bawahnya.
  4. Masukkan nomor hp pemulihan yang pernah Anda daftarkan saat membuat akun Google tersebut. Lalu, klik "Kirim SMS".
  5. Tunggu sebentar, lalu buka handphone Anda dan lihat SMS yang berisi kode verifikasi.
  6. Masukkan kode verifikasi tersebut dengan benar, lalu klik "Berikutnya".
  7. Jika sudah, Anda akan masuk ke halaman untuk membuat password baru. Anda bisa membuat password baru sesuai dengan yang anda inginkan.
  8. Akun Google Anda sudah dipulihkan dengan password baru dan bisa diakses seperti biasanya.

Menggunakan email pemulihan

  1. Buka halaman accounts.Google.com/signin/recovery?hl=in di aplikasi browser.
  2. Masukkan alamat email yang hendak dipulihkan.
  3. Lalu klik "Berikutnya".
  4. Selanjutnya Anda bisa memilih “Coba pertanyaan lain”.
  5. Kemudian masukkan alamat email pemulihan yang pernah Anda daftarkan di email tersebut, lalu klik "Kirim".
  6. Buka email pemulihan dan lihat kode verifikasi yang dikirimkan oleh Google.
  7. Masukkan kode verifikasi yang berisi 6 digit angka lalu klik "Berikutnya".
  8. Kemudian Anda bisa mengubah kata sandi di akun tersebut dengan cara klik "Ubah sandi".
  9. Setelah password atau kata sandi baru selesai dibuat, akun Google Anda sudah dipulihkan dan bisa digunakan seperti biasanya.

Manfaat Email Google

Sebagai tambahan informasi, tak ada salahnya untuk mengetahui manfaat dari email Google sebelum memutuskan untuk menggunakan cara menghapus akun Google yang sudah dijelaskan sebelumnya. Beberapa manfaat dari email Google atau gmail yaitu:

  • Gmail bisa digunakan untuk mengakses berbagai layanan di Google Play Store untuk pengguna hp atau tablet Android. Google Play Store bisa Anda gunakan untuk mengunduh aplikasi digital di Android secara gratis dan cepat.
  • Anda bisa menggunakan gmail untuk mengirim dan menerima email dalam bentuk apapun dengan jumlah yang sangat banyak.
  • Akun gmail juga bisa digunakan untuk membuka akun bank atau e-wallet.
  • Anda bisa memiliki blog dengan menggunakan gmail, atau bisa mendaftarkan sosial media populer seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dengan mudah.
  • Gmail bisa anda gunakan untuk membuka Channel YouTube.
  • Bisa digunakan untuk melamar pekerjaan dan membuat branding diri menjadi lebih profesional.

Itulah beberapa hal tentang akun Google mulai dari cara menghapus akun Google sampai manfaat dari email Google yang harus anda ketahui. Manfaatkan akun Google dengan bijak, agar Anda bisa mendapatkan layanan terbaik yang dikeluarkan oleh Google.

Jika terdapat masalah dalam akun Google, Anda juga bisa menghubungi pihak Google untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Pastikan untuk update berbagai aplikasi milik Google agar anda bisa mendapatkan layanan terbaru yang lebih canggih.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait