Membedah Apa Itu Teks Diskusi, Serta Contoh, Struktur dan Tujuannya

Image title
26 November 2021, 16:04
Tujuan teks diskusi adalah menyampaikan pendapat terhadap sebuah isu, hingga kemudian menciptakan kesepakatan bersama. Teks diskusi juga biasanya bertujuan untuk menguji sistem dan respons dari sebuah isu, hingga bertukar pikiran.
Pixabay.com/StockSnap
Ilustrasi orang menulis

Teks diskusi merupakan perkembangan argumen terhadap suatu isu. Pada forum diskusi, perbedaan sudut pandang tentu jadi hal yang lumrah, dan dari situlah muncul argumen yang kemudian menghasilkan teks diskusi. Struktur teks diskusi juga cukup sederhana, karena tujuannya adalah memberikan pendapat terkait isu.

Teks diskusi adalah dua argumen yang saling bertentangan. Tujuan teks diskusi adalah menyampaikan pendapat untuk bertukar ide atau gagasan, serta melihat dari sudut pandang yang lebih luas.

Advertisement

Untuk lebih jelas lagi, mari membedah apa itu teks diskusi, beserta contoh, struktur teks diskusi dan penjelasan dari tujuan teks diskusi yang lebih komplet.

Contoh dan Struktur Teks Diskusi

Secara singkat, struktur teks diskusi adalah: Isu, argumen pendukung, argumen penentang dan kesimpulan. Beberapa contoh teks diskusi berikut ini merupakan materi pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan oleh Kemdikbud. Pada contoh teks diskusi berikut ini, juga akan dijelaskan tentang struktur teks diskusi.

Isu

Struktur teks diskusi yang pertama adalah isu. Seperti telah disebutkan sebelumnya, isu merupakan pokok permasalahan atau pembahasan tentang sebuah topik. Isu biasanya disampaikan secara singkat, tapi pada beberapa kesempatan juga bisa disajikan mendetail.

Contoh teks diskusi berikut ini, mengangkat isu tentang penghapusan seragam sekolah:

Mantan Mendiknas (Menteri Pendidikan Nasional) terdahulu, Bambang Sudibyo punya rencana menghapus seragam sekolah. Artinya, tidak ada lagi kewajiban bagi siswa dari jenjang SD hingga SMA untuk menggunakan seragam. Kita masih menunggu, apakah rencana tersebut akan menjadi kenyataan dan ditaati sekolah-sekolah, mengingat seragam sekolah adalah sebuah identitas, baik dari sisi jenjang pendidikan maupun identitas sekolah. Siswa SD menggunakan seragam baju putih dan bawahan merah, siswa SMP menggunakan bawahan berwarna biru dan baju putih, sedang  siswa SMA menggunakan bawahan abu-abu dan baju putih. Seperti diketahui pula, masing-masing sekolah bebas menentukan seragam sekolahnya, misalnya, warna sepatu harus hitam dan  bertali,  menggunakan kaos kaki putih dan ikat pinggang hitam. Motif seragam merupakan identitas sekaligus kebanggaan sekolah.

Argumen

Struktur teks diskusi yang berikutnya adalah argumen, argumen ini sendiri terbagi menjadi dua yaitu argumen pendukung dan argumen penentang. Argumen akan menyajikan dua sudut pandang terkait isu yang diangkat. Pada struktur teks diskusi ini, kedua argumen biasanya disertai dengan data atau fakta untuk menguatkan argumen.

Contoh argumen yang pertama adalah argumen pendukung, dari isu tentang penghapusan seragam sekolah di atas:

Rencana kebijakan Mendiknas, menghapus seragam sekolah patut dipertimbangkan. Kita tidak perlu khawatir penghapusan seragam sekolah, yang mungkin akan menimbulkan efek negatif terhadap siswa, misalnya  akan terjadi perang pamer kekayaan yang berujung pada timbulnya kecemburuan sosial.

Sementara isi dari argumen penentang adalah sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement