Cara Memainkan Alat Musik Rebab, Asal-usul dan Fungsinya

Image title
30 November 2021, 08:18
Alat Musik Rebab, yang berasal dari jazirah Arab. Alat musik yang menyebar seiringan dengan penyebaran agama Islam.
Tropenmuseum
Alat Musik Rebab

Kesenian musik tradisional di Indonesia tak lepas dari berbagai kejadian di masa lalu, dan alat musik rebab jadi salah satu alat musik yang cukup menggambarkan hal tersebut. Alat musik rebab dimainkan dengan cara digesek, dan bisa kita lihat di berbagai daerah di Indonesia.

Alat musik rebab masuk ke dalam kategori atua jenis kordofon, yaitu alat musik yang menggunakan senar, dan dimainkan dengan cara dipetik atau digesek. Alat musik rebab bisa kita lihat di berbagai daerah di Indonesia, terutama di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan.

Seperti disebutkan di atas, alat musik rebab dimainkan dengan cara digesek. Dawai atau senar alat musik rebab digesek menggunakan sebuah alat yang terbuat dari kayu dan bulu ekor kuda. Sekilas, cara memainkan alat musik rebab mirip dengan biola, yaitu tangan kanan mengayunkan penggesek dan tangan kiri mengatur nada pada batang rebab. Perbedaan yang terlihat adalah, pemain alat musik rebab biasanya berada di posisi duduk tegak.

Asal-usul Alat Musik Rebab

Ada kisah panjang dari penyebaran alat musik rebab di Indonesia, karena alat musik rebab berasal dari daerah Arab, yang kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, seiring dengan penyebaran agama Islam.

Alat musik rebab juga tercatat dalam buku berjudul Kitab al-Musiqa al-Kabir yang ditulis oleh seorang filsuf dari jazirah Arab, Al-Farabi (872-950). Alat musik rebab disebut sebagai alat musik gesek pertama di dunia, yang kemudian menjadi cikal bakal alat musik biola, di era modern.

Sekitar abad ke-delapan Masehi, alat musik rebab mulai menyebar ke Eropa Barat. Selanjutnya, alat musik rebab menyebar bersamaan dengan persebaran Islam di Afrika Utara hingga ke Asia Tenggara. Mengutip dari laman encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, alat musik rebab masuk ke Indonesia melalui Turki dan Asia Tengah.

Fungsi Alat Musik Rebab

Di Indonesia, alat musik rebab termasuk ke dalam salah satu instrumen yang ada pada ensambel gamelan. Pada ensambel gamelan, alat musik rebab menjadi instrumen yang memberikan melodi dasar. Fungsi alat musik rebab pada ensambel gamelan pun lebih bebas, karena bisa dimainkan sendiri (bukan sebagai pengiring), dan bahkan jadi salah satu instrumen pembuka. Selain itu, alat musik rebab juga bisa menjadi penyelaras cengkok nada, baik menginterpretasikan irama gamelan, suara sinden hingga wiraswara atau penyanyi laki-laki.

Lebih luas lagi, alat musik rebab tidak hanya digunakan pada ensambel gamelan. Banyak lagi fungsi alat musik rebab, di berbagai kebudayaan di Indonesia. Pada beberapa kesenian tradisional Melayu seperti di Sumatera, Jawa dan Kalimantan, alat musik rebab juga jadi salah satu instrumen pengiringnya.

Seperti di kesenian Betawi, alat musik rebab biasanya digunakan sebagai alat musik pengiring pada pagelaran wayang kulit dan wayang topeng Betawi.

Lalu di kebudayaan Melayu Riau, alat musik rebab jadi salah satu alat musik yang memiliki kedudukan tinggi. Pada teater tradisional Makyong, ada satu adegan yang bernama Menghadap Rebab. Adegan tersebut menampilkan para pemain yang menari dan kemudian duduk menghadap pemain rebab.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...