6 Cara Membuat Footnote di Word dengan Mudah

Berikut cara membuat footnote di Word dengan mudah dan bermanfaat untuk penulis.
Image title
30 November 2021, 16:45
Ilustrasi cara membuat footnote di Word
Katadata
Ilustrasi cara membuat footnote di Word

Dalam proses penulisan, tentu sudah menjadi kewajiban untuk menghadirkan footnote atau catatan kaki di Microsoft Word atau Word. Namun tidak semua penulis bisa menghadirkan catatan kaki dengan mudah. Oleh karenanya para penulis saat mengetik harus mengenal Microsoft word yang sudah dilengkapi fitur penambahan footnote, sehingga bisa dibuat dengan lebih mudah dan dinamis.

Dalam praktiknya, Microsoft Word selalu menyediakan fasilitas lengkap bagi penggunanya. Setiap versi baru diluncurkan, terdapat pengembangan fitur-fitur di dalamnya. Semakin perkembangan zaman, bertambah banyak pula fitur otomatis yang membuat aplikasi perkantoran ini semakin dicintai masyarakat luas.

Fitur yang paling banyak manfaat dan dibutuhkan adalah pembuat footnote default atau bisa disebut sebagai fitur pembuat catatan kaki. Catatan kaki hadir untuk menjadi sumber referensi sekaligus penjelas atas suatu kalimat atau teks di dalam tulisan. Keberadaannya akan memudahkan pembaca untuk mengetahui sumber kutipan atau mengetahui makna suatu istilah asing.

Hal yang perlu diingat adalah catatan kaki tidak boleh dilakukan secara asal. Ada aturan dan kaidah penulisan yang juga berbeda ketika menulis teks yang menjadi isi karya tulis yang dibuat.

Advertisement

Mengenal Pengertian Footnote

Dari pengertiannya, footnote atau catatan kaki yang dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan keterangan yang dicantumkan pada margin bawah pada halaman buku.

Catatan kaki bisa memiliki kekhasan, yang umumnya ditulis atau dicetak dengan ukuran yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan ukuran pada teks. Sehingga Anda bisa menemukannya berbaris rapi di margin bagian bawah.

Dengan keberadaan catatan kaki, maka pembaca akan lebih mudah memahami isi teks dan makna atau pesan yang ingin disampaikan penulis. Catatan kaki bersifat untuk memudahkan pembaca mengetahui sumber referensi dan sumber kutipan. Selain itu, untuk catatan kaki yang menjelaskan definisi suatu istilah dalam teks.

Fungsi Footnote Dalam Tulisan

Ada beberapa fungsi dari catatan kaki selain memberikan informasi terkait referensi, berikut di antaranya:

1. Penanda Referensi yang Telah Digunakan

Kegunaan catatan kaki yang pertama adalah menjadi bukti referensi yang digunakan dalam tulisan. Dalam catatan kaki berisi detail nama penulis dan judul buku maupun sumber lain yang dijadikan referensi. Oleh karenanya catatan kaki juga menjadi bukti bahwa penulis menyampaikan kutipan dari sumber referensi kredibel dan terpercaya.

Hal ini menjadi bukti nyata bahwa tulisan yang dibuat memiliki kapabilitas dan kualitas yang baik. Referensi terpercaya dapat menjadi acuan dalam membuat tulisan tersebut. Mencantumkan sumber referensi juga memberi informasi kepada pembaca mengenai media lain yang bisa dipelajari dan masih satu tema atau topik.

2. Penambah Informasi Lanjutan

Manfaat lain dari catatan kaki adalah sebagai informasi lanjutan. Sebagai sumber referensi, pembaca juga mendapatkan rekomendasi bacaan lain untuk membantu memahami topik yang sedang dibaca. Selain itu, catatan kaki yang isinya menjelaskan definisi suatu istilah.

Para pembaca tulisan akan dengan mudah untuk memahami isi tulisan secara keseluruhan. Sebab dengan adanya satu saja istilah yang tidak bisa dipahami, maka tulisan pun menjadi susah untuk dipahami secara keseluruhan. Hal ini akan membuat tulisan lebih ramah kepada pembaca, dan ilmu yang ditulis tersampaikan dengan baik.

3. Memperkaya Isi Pembahasan Teks

Penambahan catatan kaki juga berguna untuk memperluas penjelasan dari teks yang ditulis oleh sang penulis. Catatan kaki bisa memperjelas definisi dan kutipan yang ditambahkan dalam catatan kaki di bagian margin bawah.

Apabila catatan kaki menjelaskan definisi suatu istilah, pembacanya dengan mudah istilah secara lengkap. Hal ini akan membuat pembaca memahami istilah menarik yang masih asing. Terutama di beberapa keilmuan yang banyak memiliki kosakata asing.

Cara Mudah Membuat Footnote di Microsoft Word

Dari pengertian dan fungsi dari catatan kaki, selanjutnya adalah mengetahui secara detail tata cara membuat footnote di Word. Berikut cara membuat footnote di Word yang dikutip dari situs Penerbit Buku Dee Publish:

1. Awali dengan membuka Microsoft Word kemudian tuliskan teks dokumen yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Apabila di dalam teks perlu ditambahkan catatan kaki, maka letakkan kursor pada bagian akhir teks tersebut.

3. Selanjutnya, silakan klik 'insert footnote'.

4. Dalam lembar kerja, posrsi kursor dapat diletakkan di akhir teks yang hendak dibuat catatan kaki otomatis muncul tanda Superscript angka satu. Sedangkan pada bagian margin bawah akan muncul area catatan kaki, yang juga ada Superscript angka satu di depan.

5. Cara membuat footnote di word yang kelima adalah dengan mengetik manual untuk sumber referensi di area catatan kaki yang sudah terbentuk.

6. Dalam proses penambahan kembali catatan kaki, akan muncul tanda superscript secara otomatis yang bisa diikuti. sehingga akan menjadi kedua, ketiga, dan seterusnya. Setiap kali melakukan Insert Footnote maka kursor secara otomatis akan beralih ke area catatan kaki. Sehingga penulis bisa langsung menuliskan sumber referensi atau menjelaskan suatu istilah.

Demikianlah pengertian, fungsi dan cara membuat footnote di Word dengan mudah dan dapat langsung dipraktikkan bagi para penulis.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait