Cara Membuat Bingkai di Word Agar Dokumen Lebih Berwarna dan Variatif

Image title
30 November 2021, 14:51
cara membuat bingkai di word
Katadata
cara membuat bingkai di word

Sering berinteraksi dengan Microsoft Word dan merasa tampilan dari aplikasi tersebut terlalu membosankan? Anda wajib tahu cara untuk membuat bingkai di Microsoft Word agar hasil dari pekerjaan bisa lebih menarik dan enak dipandang.

Pada dasarnya, Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata keluaran Microsoft dan berada satu paket dalam Microsoft Office. Aplikasi ini sangat akrab bagi para mahasiswa, karyawan dan banyak masyarakat dalam hal catat-mencatat secara digital.

Dalam praktiknya, Microsoft Word tidak hanya berguna untuk mengolah kata, Word juga memiliki fitur-fitur yang membuat dokumen Anda jadi lebih berwarna. Ada fitur pembuat tabel, halaman, tulisan grafis, dan ada juga fitur pembuat bingkai. Keberdaan bingkai memiliki fungsi untuk membuat tampilan dokumen Anda di Word menjadi lebih tertata rapi.

Sehingga saat bekerja, memandang Microsoft Word tidak hanya sekedar garis semata. Oleh karenanya cara membuat bingkai di Word menjadi suatu hal yang patut untuk dipelajari.

Cara Membuat Bingkai di Word

Mengutip Glints.com, fitur bingkai pertama yang bisa Anda pakai di Microsoft Word, salah satunya garis. Pada bingkai jenis ini dapat ditampilkan garis yang meliputi setiap sisi dari dalam dokumen.

Untuk bisa memasukkan bingkai ini, caranya juga cukup mudah. Mulanya Anda harus membuka dokumen di Word yang ingin Anda pasangi bingkai. Setelah itu, pilih menu 'Design', letaknya di dekat menu 'Insert'.

Klik menu tersebut dan Anda akan mendapati menu 'Page Borders'. Ada banyak pilihan yang dapat Anda pakai sebagai penghias dokumen dengan bingkai. Kemudian klik 'OK', dan bingkai yang dipilih akan terpasang rapi di dokumen Word.

Variasi bingkai juga bisa dilakukan dengan menentukan warna dan ketebalan dari bingkai garis yang Anda buat ini. Menu ini masih ada di dalam menu Page Border. Apabila hal itu sudah dilakukan, Anda juga bisa melakukan beberapa pengaturan khusus terhadap bingkai yang Anda buat.

Tidak hanya pada pilihan style saja, nantinya juga ada pilihan Setting yang bisa Anda gunakan. Kemudian juga ada Box, Shadow, 3D, hingga bisa melakukan custom secara manual.

Ada sejumlah pilihan untuk merias dokumen Anda agar bisa lebih indah dan menarik di mata. Caranya juga cukup mudah hanya dengan memilih menu 'Page Borders'. Kemudian, lewati pilihan Style, ambil pilihan 'Art'. Di situ, ada banyak pilihan bingkai gambar yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih bingkai mana yang ingin Anda pakai, klik pilihan tersebut, dan klik 'OK'.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...