13 Jenis Anjing Langka yang Jarang Dipelihara

Image title
1 Desember 2021, 17:01
Tibetan Mastiff, termasuk jenis anjing langka.
puppytoob.com
Tibetan Mastiff, termasuk jenis anjing langka.

Ada beragam jenis anjing yang dijadikan hewan peliharaan, mulai dari yang bertubuh kecil seperti Cihuahua sampai yang bertubuh tambun seperti Golden Retriever.

Kendati jumlahnya sangat banyak, ada beberapa jenis anjing yang mungkin cukup asing di telinga sebagian orang. Anjing-anjing tersebut termasuk jenis anjing yang langka. 

13 Jenis Anjing Langka

Mengutip Pat Plan, Outside, dan sumber terkait lainnya, berikut 13 jenis anjing langka yang jarang dipelihara.

1. Tibetan Mastiff

Tibetan Mastiff
Tibetan Mastiff (puppytoob.com)

Anjing bertubuh besar ini terkenal dengan ekspresi wajahnya yang “khusyuk”. Tibetan Mastiff punya sifat menyendiri, waspada, dan mandiri sehingga cenderung enggan untuk kegiatan yang terorganisir dan berbagai latihan kepatuhan.

Tibetan Mastiff merupakan jenis anjing yang berasal dari dataran tinggi Tibet. Bobot anjing ini bisa mencapai 68 kg untuk Tibetan Mastiff jantan. Sebagai anjing penjaga, Tibetan Mastiff memiliki karakteristik tubuh yang bertenaga dan berotot untuk menghalangi hewan pemangsa, seperti serigala dan beruang.

Saking langkanya, anjing ini dijual dengan harga US$15.000 atau setara Rp213,7 juta.

2. Norwegian Lundehund

Norwegian Lundehund
Norwegian Lundehund (thehappypuppysite.com)

Anjing Norwegian Lundehun sudah ada sejak zaman es dan diakui sebagai salah satu anjing paling langka di dunia.

Berasal dari pulau-pulau di lepas pantai Norwegia, anjing ini dikembangkan untuk berburu burung puffin di sepanjang tebing pantai. Karenanya, anjing Norwegian Lundehund cukup lincah dan lihai memanjat tebing.

3. American Foxhound

Sekilas anjing ini terlihat seperti jenis Beagle, tapi jangan salah, sebab anjing langka ini cukup sulit ditangani. Hanya pemilik anjing berpengalaman yang bisa mengadopsinya.

Foxhound adalah salah satu ras Amerika tertua dan paling sering ditemukan di Pesisir Atlantik atau Amerika Serikat Selatan, biasanya sebagai anggota kelompok yang dimiliki oleh klub pemburu rubah.

4. Lagotto Romagnolo

Lagotto Romagnolo
Lagotto Romagnolo (thekennelclub.org.uk)

Sering dikira Poodle-cross, Lagotto Romagnolo merupakan anjing tertua yang hidup sejak abad pertengahan dan dikembangkan sebagai anjing pekerja untuk mengambil bebek dari tanah rawa Italia.

Lagotto Romagnolo memiliki bulu yang kedap air, tubuh berotot, dan indra penciuman yang tajam. Tak heran, jenis ini diperkerjakan untuk membantu berburu bebek selama berabad-abad. Di samping itu, anjing ini tergolong menyenangkan, mudah dilatih, dan suka menghabiskan banyak waktu bersama pemiliknya.

5. Swedish Vallhund

Swedish Vallhund
Swedish Vallhund (thesprucepets.com)

Anjing ini merupakan jenis yang atletik, patuh, lincah, dan peka. Zaman dahulu, Swedish Vallhund dipelihara sebagai anjing pertanian yang digunakan untuk menggiring ternak.

Vallhund Swedia sangat mirip dengan Pembroke Corgi. Anjing ini diyakini telah diangkut oleh Viking ke Inggris. Vallhund yang berarti anjing penggembala, ini berkembang biak dan memiliki banyak bakat seperti menggembala ternak hingga sebagai penjaga.

6. Beauceron

Tergolong anjing pelindung, Beauceron merupakn ras bertubuh besar dan kuat. Mereka adalah jenis anjing gembala Prancis, sehingga cenderung fleksibel dan dominan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...