Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Teks Fiksi Singkat dari Cerpen

Dwi Latifatul Fajri
7 Desember 2021, 13:05
Teks Fiksi
pixabay.com/Katrina_S

Cerita fiksi ditemukan pada buku bacaan dan novel yang berisi khayalan penulis. Teks fiksi adalah cerita rekaan murni khayalan dari pengarang. Berbeda dengan teks non fiksi, cerita fiksi berdasarkan fakta yang diperoleh dari pengalaman diri sendiri dan orang lain.

Kemudian teks tersebut dibuat menjadi cerita yang menarik. Teks fiksi tidak perlu dicari kebenaran kisahnya di dunia nyata. Teks fiksi biasanya ada di dalam cerita dongeng, legenda, cerita anak, fiksi sejarah, dan novel.

Ciri-Ciri Teks Fiksi

Berikut ciri-ciri teks fiksi yang ditemukan pada cerpen, novel, dan cerita bergambar:

  1. Cerita fiksi memakai cerita rekaan atau cerita nyata. Cerita tersebut kemudian ditambah atau dikurangi oleh pengarang.
  2. Tujuan teks fiksi untuk menghibur dan menceritakan suatu peristiwa.
  3. Memiliki alur cerita yang menarik.
  4. Bahasa komunikatif.
  5. Teks fiksi memakai bahasa yang tidak baku dan menarik pembaca.
  6. Cerita fiksi memberikan tekanan emosi dan perasaan pada pembaca.

Jenis-Jenis Teks Fiksi

Mengutip dari Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia kelas XI, ada dua jenis teks fiksi yakni novel dan cerita pendek. Keduanya merupakan karya sastra dan fiksi.

Menurut Nurgiyantoro, teks fiksi sengaja dibatasi untuk karya prosa, prosa naratif, dan teks naratif. Nurgiyantoro membagi karya sastra sebagai fiksi historis, untuk dasar penulisan fakta sejarah, fiksi biografi, dan fiksi sains.

Berikut penjelasan jenis-jenis teks fiksi menurut Nurgiyantoro:

  • Fiksi historis

Contohnya novel fiksi historis yaitu Darji Zaidan seperti Bendera Hitam dari Khurasan dan Tentara Islam di Tanah Galia, dapat dipandang sebagai fiksi historis. Novel historis berkaitan dengan fakta-fakta yang dikumpulkan oleh penulis. Melalui sumber akurat, maka penulis bisa memberi kisah fiksi melalui pikiran dan perasaan tokoh lewat percakapan.

  • Fiksi biografis

Fiksi biografi merupakan karya sastra imajinasi dari penulis. Teks fiksi ini memunculkan bentuk dialog yang dibuat oleh penulis. Contohnya yaitu Kuantar Kau ke Gerbang (Ramadhan K. H.), Tahta untuk Rakyat (Mochtar Lubis), dan Sang Pencerah (Akmal Nasery Basral).

  • Fiksi sains

Berbeda dengan historis dan biografis, fiksi sains berhubungan dengan fakta ilmu pengetahuan. Contohnya novel George Orwell berjudul 1984.

  • Cerita pendek atau cerpen

Teks fiksi terdiri dari prosa pendek atau cerita pendek.

  • Novelet

Novelet merupakan teks fiksi yang lebih panjang dari cerpen, tetapi lebih pendek dari novel. Segmentasi novel bisa beragam, ada novel remaja (teenlit), novel dewasa, dan novel untuk anak-anak.

  • Novel

Novel adalah cerita berbentuk prosa yang memiliki unsur-unsur teks fiksi lebih luas dan rinci. Konflik yang dibuat oleh penulis lebih rumit.

  • Cerita anak

Cerita anak bisa berbentuk prosa. Rentang pembaca adalah anak-anak dibawah 14 tahun.

  • Dongeng

Dongeng merupakan hasil khayalan dari penulis yang unik dan tidak nyata.

  • Fabel

Fabel adalah cerita rekaan binatang. Teks fiksi ini menceritakan tokoh binatang yang bisa bicara seperti manusia. Contoh fabel yaitu si Kancil yang Cerdik.

  • Hikayat

Hikayat adalah cerita, cerita sejarah, dan cerita romantis fiksi. Tujuan hikayat ini untuk membangkitkan semangat, pelipur lara, dan meramaikan pesta. Contoh hikayat yaitu Hikayat Hang Tuah dan Hikayat Seribu Satu Malam.

  • Legenda

Legenda adalah dongeng tentang suatu kejadian, bisa berupa asal usul daerah. Contoh legenda adalah Malin Kundang, asal mula Candi Prambanan, dan Tangkuban Perahu.

  • Mite

Mite berhubungan dengan kepercayaan masyarakat yang mengandung kisah gaib dan kekuatan. Contoh mite yaitu Nyi Roro Kidul.

  • Cerita Perumpamaan

Merupakan sebuah dongeng yang berisi tentang nasihat dan mendidik. Contoh cerita perumpamaan tentang Haji Bakhil.

  • Cerita Penggeli Hati

Teks fiksi ini menceritakan unsur komedi dan kritikan yang ditujukan pada perilaku manusia atau masyarakat. Contoh cerita penggeli hati yaitu si Kabayan.

Unsur-Unsur Teks Fiksi

Ada dua unsur teks fiksi yaitu unsur intrinsik terdiri dari tema, tokoh, plot, latar, amanat, sudut pandang, dan penokohan. Sedangkan unsur ekstrinsik dipakai untuk membentuk suatu karya sastra. Unsur ekstrinsik terdiri dari keyakinan, pandangan hidup, psikologi, dan keadaan subjektif individu maupun pengarang.

Contoh Teks Fiksi Singkat

Contoh teks fiksi singkat adalah cerita pendek (cerpen). Cerpen ini menceritakan sekilas kehidupan seseorang, serta menghadirkan nilai-nilai kebaikan di dalamnya. Mengutip dari belajar.kemdikbud.go.id, berikut contoh cerpen:

Arnab yang Pemalas

Di sebuah hutan tinggallah sepasang sahabat. Mereka adalah seekor arnab dan seekor tupai. Setiap hari mereka menghabiskan waktu bersama-sama.

Pada suatu hari, tupai berkata kepada arnab, "Mari kita buat sarang. Sekarang dah tiba musim hujan. Apabila hujan, kita ada tempat berteduh."

"Ya, betul kata awak. Tapi biarlah saya berehat dulu," jawab arnab.

Pada petang itu, hujan turun dengan lebatnya. Tupai dan arnab berteduh di bawah pokok. Mereka basah dan kesejukan.

"Jika kita ada sarang, tentu kita tak akan basah begini," kata tupai.

"Ya, betul kata awak," jawab arnab.

"Pagi esok kita akan buat sarang," kata arnab lagi.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait