Keunikan Alat Musik Tifa dan Cara Memainkannya

Image title
7 Desember 2021, 09:21
Keunikan Alat Musik Tifa dan Cara Memainkannya
Dok. Kedubes RI untuk AS

Setiap daerah di Indonesia memiliki instrumen musik yang unik dan khas. Salah satu di antaranya yang sudah dikenal luas hingga mancanegara adalah alat musik tifa. Bila dilihat sekilas, tifa hampir mirip dengan kendang. Bedanya, bagian bawah instrumen ini berlubang di tengahnya.

Alat musik tifa berasal dari daerah Indonesia timur, tepatnya Papua dan Maluku. Cara memainkan alat musik tifa yakni dengan ditabuh atau dipukul, sampai berbunyi suara mirip kendang.

Advertisement

Secara umum, fungsi alat musik tifa adalah sebagai instrumen pengiring tarian adat masyarakat Papua dan Maluku. Akan tetapi, jika ditinjau lebih jauh lagi khsusnya dalam konteks sosial budaya, fungsi alat musik tifa yakni sebagai bentuk kebesaran kepala suku, sekaligus menjadi alat musik bernilai sakral.

Menurut buku Alat Musik Tradisional Nusantara (2016) karya Akhmalul Khuluq, alat musik tifa dari Papua memiliki perbedaan mendasar jika dibandingkan dengan tifa asal Maluku. Perbedaan ini terlihat pada bentuk tifa.

Dalam buku tersebut dijelaskan, ukuran alat musik tifa dari Papua jauh lebih besar dan panjang ketimbang tifa asal Maluku. Kemudian di bagian sampingnya terdapat semacam tali untuk pegangan. Suara yang dihasilkan tifa Papua terdengar begitu khas.

Alat musik tifa terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi. Selain itu ada juga kulit hewan yang berfungsi sebagai membran. Membran ini dililitkan melingkar dengan rotan supaya kencang. Untuk memainkannya, diperlukan teknik menabuh yang benar supaya iramanya enak didengar telinga.

Besar dan kecilnya ukuran alat musik tifa akan mempengaruhi nada yang dihasilkan. Selain berfungsi sebagai pengiring tarian, alat musik tifa juga sering digunakan untuk menyambut tamu.

Apa Keunikan Alat Musik Tifa?

Alat musik tifa bisa dikategorikan sebagai single-headed frame drum. Instrumen ini biasanya dihiasi oleh ukiran dan corak warna dasar masyarakat Papua. Di Maluku, tifa dikenal juga dengan sebutan tihal atau tahito.

Saat ini tifa tidak hanya dimainkan di tanah Papua atau Maluku saja. Melainkan sudah menyebar ke sejumlah daerah di Indonesia. Alunan nada ritmik yang dihasilkan alat musik tifa, mampu mengiringi setiap gerakan tari tradisional suku-suku di Papua dengan irama yang pas.

Keunikan alat musik tifa terletak pada bunyi, serta motif di beberapa bagiannya. Motif ukiran pada tifa pun dapat menjadi tanda kepemilikan dan dari marga mana orang itu berasal.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement