11 Alat Musik Maluku dan Cara Memainkannya

Dwi Latifatul Fajri
23 November 2021, 14:10
Alat Musik Maluku
Dok. Kedubes RI untuk AS

Maluku merupakan provinsi yang memiliki pulau-pulau kecil di Indonesia. Daerah kepulauan di Maluku ini memiliki seni budaya yang menarik untuk dipelajari.

Seni budaya provinsi Maluku terdiri dari bahasa daerah, tarian tradisional, sampai alat musik. Contoh tarian tradisional Maluku yang populer adalah bambu gila yang berkaitan dengan nuansa mistis.

Sementara itu, alat musik tradisional Maluku digunakan sebagai pengiring musik, proses ibadah dan ritual adat. Alat musik Maluku ini memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Contoh alat musik populer yang terkenal yaitu tahuri, fu, totobuang, bonang, gong, suling bambu, toleng-toleng, dan bulu aer. 

Alat Musik Maluku dan Cara Memainkannya

1. Tifa

Tifa adalah alat musik dari Maluku dan Papua. Bentuk alat musik ini seperti tabung yang dimainkan dengan cara dipukul. Biasanya, pemain musik memakai tongkat pemukul yang terbuat dari pelepah dahan sagu, yang disebut gaba-gaba.

Tifa ditampilkan untuk upacara adat, pertunjukan musik, mengiringi tarian tradisional dan pentas seni. Di daerah Maluku, tifa digunakan untuk acara pertandingan Perahu Belang Arumbai dan komponen totobuang. Pemakaian tifa di acara pertandingan berfungsi memberikan semangat pada pendayung yang sedang bertanding.

Mengutip dari Kemenparekraf.go.id, tifa khas Maluku tidak diberi pegangan dan berbentuk tabung. Bentuk alat musik ini berbeda dengan Papua Tengah yang memiliki pegangan dan bentuk tifa melengkung.

Bahan membuat tifa yaitu kayu, rotan, dan kulit binatang. Ada juga model tifa yang bentuknya bulat dan dianyam memakai tali rotan. Bagian yang dipukul adalah kulit binatang, sehingga menghasilkan suara.

2. Tahuri Alat Musik dari Kerang

Mengutip dari Kemdikbud.go.id, dahulu masyarakat di Maluku memakai kulit bia atau kerang untuk berkomunikasi. Kemudian, berkembang musik tahuri yang terbuat dari kerang.

Tahuri diambil dari kata hua yang artinya pertama, sedangkan uri artinya uri bunyi. Tahuri berarti bunyi yang pertama keluar dari permukaan bumi. Dahulu alat musik ini dipakai sebagai tanda adanya peristiwa yang akan terjadi, memanggil dan menghormati leluhur.

Tahuri juga dipakai untuk musik pengiring Tari Cakalele. Alat musik ini digunakan dipakai sebagai tanda perahu akan berlayar, upacara adat, sampai upacara pelantikan raja.

Tahuri dibuat dari kulit kerang yang sudah dikeringkan. Cara memainkan alat musik ini ditiup sampai tahuri menghasilkan suara yang merdu dan harmoni.

3. Fu

Alat Musik Maluku Utara ini terbuat dari kerang. Cara memainkannya sama seperti tahuri, yaitu ditiup pada bagian yang berlubang. Fu menghasilkan suara yang keras dan berdengung. Dibutuhkan teknik pernapasan yang maksimal untuk bermain alat musik ini.

Mengutip dari Binus.ac.id, alat musik ini dipakai sebagai media komunikasi antara raja dan rakyat dahulu. Ketika memberi pengumuman, maka raja akan meniup Fu sebagai penanda dimulainya pengumuman.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...