Tips dan Cara Membuat Essay untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Image title
10 Desember 2021, 14:34
Ilustrasi membuat essay
unspalsh.com
Ilustrasi membuat essay

Esai atau essay merupakan salah satu tulisan yang umumnya memuat opini pribadi penulisnya. Essay kerap dijadikan sebagai selingan tugas untuk siswa sekolah dan mahasiswa. Selain tugas, tulisan essay pun sering diperlombakan.

Di dunia akademik tulisan essay menjadi bagian dari persyaratan untuk mendapatkan beasiswa. Tidak jarang, mereka yang mengincar scholarship kuliah di luar negeri akan terus mengasah kemampuan menulis essay.

Secara umum struktur essay terdiri dari tiga komponen. Pertama adalah pendahuluan yang menyangkut latar belakang masalah terkait topik atau tema di dalam tulisan essay.

Kemudian bagian kedua adalah isi. Sebuah pembahasan yang mengulas tema terpilih pada essay. Pada bagian ini penulis harus menjabarkan tema tertentu dengan digabungkan pendapat para ahli, bukti serta fakta, dan tentunya sudut pandang pribadi si penulis. Sedangkan bagian penutup berisi kesimpulan.

Pada penutup, penulis harus menyampaikan akhir pembahasan dengan kalimat singkat, padat, dan jelas. Supaya pembaca mampu memahaminya. Tidak hanya itu, penulis bisa memberikan kalimat penutup untuk menyikapi pokok pembahasan yang sebelumnya sudah diulas.

Jika Anda tertarik untuk menulis essay, berikut sejumlah tips dan cara membuat essay yang bisa membawa Anda meraih beasiswa. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Essay?

Ilustrasi Orang Menulis
Ilustrasi Orang Menulis (Alexis Brown/Unsplash)

 

Sebelum membuat essay, hal dasar yang harus dipahami oleh Anda yaitu pengertian essay dan tujuan dibuatnya sebuah essay. Pengetahuan ini nantinya dapat memudahkan Anda saat hendak menulis sebuah essay.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian essay adalah sebuah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas. Biasanya essay dibuat tergantung pada sudut pandang penulisnya.

Tulisan essay kerap dianggap sama dengan tulisan opini. Sekilas memang mirip, namun jika ditinjau lebih jauh lagi kedua tulisan tersebut sangat berbeda. Tulisan opini dibuat secara reaktif terhadap suatu permasalahan yang bersifat aktual.

Sementara untuk essay, penulis akan membawa pembaca untuk merenung pada sebuah topik yang dibahas. Tema tersebut dianalisis serta didukung dengan fakta atau pendapat para ahli. Sifat esay pun bisa dibilang begitu reflektif analisis.

Cara penyajian essay juga sangat beragam. Dilihat dari bentuknya, jenis-jenis essay terdiri dari essay deskriptif, essay argumentatif, essay cerita, tajuk, cukilan watak, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membedakan essay dengan tulisan opini.

Essay termasuk sebagai salah satu karya ilmiah. Oleh karenanya essay kerap dipakai untuk syarat mendapatkan beasiswa.

Dihimpun dari situs penerbit buku Deepublish, ada tiga tujuan utama pada tulisan essay yang bisa diuraikan sebagai berikut:

1. Meyakinkan Pembaca dengan Tulisan Essay

Tulisan essay yang disusun oleh si penulis, dibuat untuk meyakinkan pembacanya terhadap sudut pandang dan argumentasi yang disajikan. Kemudian, fakta serta pendapat para ahli akan menjadi nilai tambah, agar tulisan tersebut lebih kredibel.

2. Menwarkan Sudut Pandang Lain terhadap Suatu Topik Tertentu

Sesuai definisinya, tulisan essay menyajikan sudut pandang serta argumentasi penulis, didukung dengan sumber data, fakta ataupun pendapat para ahli. Pembaca akan diajak untuk menyimak dan melihat bagaimana si penulis menyikapi topik yang jadi tema pembahasan.

3. Memberikan Informasi Terkait Tema yang Dibahas

Sajian data serta fakta-fakta pendukung, membuat suatu tulisan essay memiliki nilai informatif. Khususnya terkait tema besar yang dibahas. Penulis bisa mengutip pandangan para ahli untuk memperkuat opininya tentang topik tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, ada beberapa poin yang bisa menjadi dasar untuk Anda menulis sebuah essay. Ulasan berikutnya yaitu tentang tips dan cara menulis essay beasiswa yang menggugah pembaca.

Bagaimana Cara Membuat Essay Beasiswa?

Ilustrasi Menulis
Ilustrasi Menulis (Pixabay/StockSnap)

 

Menulis essay diperlukan pengalaman serta kebiasaan menulis dan membaca buku. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui gaya tulisan serta menambah perbendaharaan kata.

Sebuah tulisan, tak terkecuali essay bisa menggambarkan sudut pandang, pengetahuan, dan cara menyikapi suatu permasalahan. Maka dari itu, essay kerap dijadikan salah satu persyaratan untuk mendapatkan beasiswa.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...