Cara Membuat Twibbon di Picsart dan Canva Paling Mudah

Image title
13 Desember 2021, 12:10
Ilustrasi cara membuat twibbon
Galih Propandita via dribbble.com
Ilustrasi cara membuat twibbon

Cara membuat twibbon sebenarnya bisa menggunakan berbagai jenis aplikasi editing gambar di Google Playstore ataupun Apple App Store. Sebab, sistem aplikasi tersebut sudah mendukung dan memudahkan penggunanya untuk membuat serta memasang twibbon pada sebuah foto.

Unsur utama dalam membuat sebuah twibbon biasanya melibatkan logo, kata-kata atau caption, serta bingkai yang bagian tengahnya transparan. Format twibbon umumnya adalah PNG (Portable Network Graphics). Menurut South China Morning Post (Young Post), gambar PNG adalah sebuah format gambar “lossless compression” yang memungkinkan untuk membuat serta menyimpan gambar pada ukuran apapun tanpa mengurangi kualitasnya.

Format PNG mendukung untuk melakukan transparan pada sebuah gambar, sehingga jenis grafik ini sering dipakai kebanyakan pengguna yang membuat logo, teks, latar belakang (background), dan termasuk twibbon. Selain itu, meski dikompresi beberapa kali detail gambar pada grafik PNG tidak akan berubah.

Kembali ke twibbon, bingkai variatif ini mulai populer digunakan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Twibbon kerap dipakai untuk memeriahkan sebuah event, acara, perhelatan musik, dan lain sebagainya. Bentuk serta desainnya pun beragam, tetapi biasanya disesuaikan dengan pihak-pihak yang terlibat pada acara tersebut.

Ambil contoh, dalam acara penerimaan mahasiswa baru baik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), belakangan ini sudah menjadi hal lumrah saat panitia meminta pesertanya untuk memasang twibbon pada foto mereka. Kemudian foto tersebut diunggah di akun sosial media masing-masing.

Cara membuat twibbon memang memerlukan keterampilan desain grafis yang mumpuni. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku untuk sekarang. Sebab, seperti yang disebutkan di atas kini telah tersedia banyak aplikasi editing gambar untuk membuat twibbon.

Apabila Anda tertarik untuk mengetahui cara membuat twibbon, maka simaklah isi artikel ini hingga tuntas. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara membuat twibbon paling mudah yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah.

Apa Itu Twibbon?

Sampai sekarang belum ada definisi pasti tentang twibbon. Meski demikian, twibbon sangat identik dengan bingkai berupa latar belakang transparan yang sering ditempel pada sebuah gambar.

Mahasiswa atau orang yang sering terjun di bidang event organizer, pasti sudah sangat akrab dengan twibbon. Mereka akan mendesain twibbon sesuai dengan tema acara.

Dikutip dari situs Collinsdictionary.com, twibbon adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa ikon atau bingkai transparan untuk penggunanya agar bisa menyisipkannya pada avatar atau foto profil di akun sosial media mereka. Twibbon digunakan untuk berbagai macam tujuan seperti  dukungan pengguna untuk maksud tertentu, kelompok, merek, kampanye, dan sebagainya.

Sementara itu, menurut Macmillan Dictionary, twibbon adalah sebuah gambar yang bersifat overlay dan dapat dipasang pada foto profil akun sosial media dalam rangka untuk menunjukkan dukungan suatu tujuan. Dilansir dari Educalingo.com, istilah twibbon  terdiri dari dua gabungan kata yakni “Twitter” dan “ribbon”.

Berdasarkan penjelasan di atas, istilah twibbon bisa diartikan sebagai sebuah grafik bersifat overlay yang dipasang pada foto di akun media sosial. Twibbon digunakan untuk meramaikan dan mensukseskan jalannya sebuah event tertentu.

Aplikasi Terbaik untuk Membuat Twibbon

Tidak perlu repot-repot membuka software photoshop untuk mendesain twibbon. Ini mengingat, cara membuat twibbon dapat dilakukan dengan berbagai macam metode. Salah satunya yakni memakai aplikasi editing gambar pada ponsel pintar.

Saat ini setidaknya ada puluhan jenis aplikasi serupa yang tersedia di platform Google Play Store dan Apple App Store. Namun, jika menilik dari fungsi serta efektifitas pemakaiannya maka ada dua aplikasi terbaik untuk membuat twibbon yaitu Canva dan Picsart.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...