Cara Membuat Twibbon di Picsart dan Canva Paling Mudah

Cara membuat twibbon bisa menggunakan aplikasi Picsart dan Canva. Kedua aplikasi ini memungkinkan Anda mendesain twibbon yang menarik. Berikut langkah-langkahnya.
Image title
13 Desember 2021, 12:10
Ilustrasi cara membuat twibbon
Galih Propandita via dribbble.com
Ilustrasi cara membuat twibbon

Cara membuat twibbon sebenarnya bisa menggunakan berbagai jenis aplikasi editing gambar di Google Playstore ataupun Apple App Store. Sebab, sistem aplikasi tersebut sudah mendukung dan memudahkan penggunanya untuk membuat serta memasang twibbon pada sebuah foto.

Unsur utama dalam membuat sebuah twibbon biasanya melibatkan logo, kata-kata atau caption, serta bingkai yang bagian tengahnya transparan. Format twibbon umumnya adalah PNG (Portable Network Graphics). Menurut South China Morning Post (Young Post), gambar PNG adalah sebuah format gambar “lossless compression” yang memungkinkan untuk membuat serta menyimpan gambar pada ukuran apapun tanpa mengurangi kualitasnya.

Format PNG mendukung untuk melakukan transparan pada sebuah gambar, sehingga jenis grafik ini sering dipakai kebanyakan pengguna yang membuat logo, teks, latar belakang (background), dan termasuk twibbon. Selain itu, meski dikompresi beberapa kali detail gambar pada grafik PNG tidak akan berubah.

Kembali ke twibbon, bingkai variatif ini mulai populer digunakan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Twibbon kerap dipakai untuk memeriahkan sebuah event, acara, perhelatan musik, dan lain sebagainya. Bentuk serta desainnya pun beragam, tetapi biasanya disesuaikan dengan pihak-pihak yang terlibat pada acara tersebut.

Advertisement

Ambil contoh, dalam acara penerimaan mahasiswa baru baik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), belakangan ini sudah menjadi hal lumrah saat panitia meminta pesertanya untuk memasang twibbon pada foto mereka. Kemudian foto tersebut diunggah di akun sosial media masing-masing.

Cara membuat twibbon memang memerlukan keterampilan desain grafis yang mumpuni. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku untuk sekarang. Sebab, seperti yang disebutkan di atas kini telah tersedia banyak aplikasi editing gambar untuk membuat twibbon.

Apabila Anda tertarik untuk mengetahui cara membuat twibbon, maka simaklah isi artikel ini hingga tuntas. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara membuat twibbon paling mudah yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah.

Apa Itu Twibbon?

Sampai sekarang belum ada definisi pasti tentang twibbon. Meski demikian, twibbon sangat identik dengan bingkai berupa latar belakang transparan yang sering ditempel pada sebuah gambar.

Mahasiswa atau orang yang sering terjun di bidang event organizer, pasti sudah sangat akrab dengan twibbon. Mereka akan mendesain twibbon sesuai dengan tema acara.

Dikutip dari situs Collinsdictionary.com, twibbon adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa ikon atau bingkai transparan untuk penggunanya agar bisa menyisipkannya pada avatar atau foto profil di akun sosial media mereka. Twibbon digunakan untuk berbagai macam tujuan seperti  dukungan pengguna untuk maksud tertentu, kelompok, merek, kampanye, dan sebagainya.

Sementara itu, menurut Macmillan Dictionary, twibbon adalah sebuah gambar yang bersifat overlay dan dapat dipasang pada foto profil akun sosial media dalam rangka untuk menunjukkan dukungan suatu tujuan. Dilansir dari Educalingo.com, istilah twibbon  terdiri dari dua gabungan kata yakni “Twitter” dan “ribbon”.

Berdasarkan penjelasan di atas, istilah twibbon bisa diartikan sebagai sebuah grafik bersifat overlay yang dipasang pada foto di akun media sosial. Twibbon digunakan untuk meramaikan dan mensukseskan jalannya sebuah event tertentu.

Aplikasi Terbaik untuk Membuat Twibbon

Tidak perlu repot-repot membuka software photoshop untuk mendesain twibbon. Ini mengingat, cara membuat twibbon dapat dilakukan dengan berbagai macam metode. Salah satunya yakni memakai aplikasi editing gambar pada ponsel pintar.

Saat ini setidaknya ada puluhan jenis aplikasi serupa yang tersedia di platform Google Play Store dan Apple App Store. Namun, jika menilik dari fungsi serta efektifitas pemakaiannya maka ada dua aplikasi terbaik untuk membuat twibbon yaitu Canva dan Picsart.

Melansir dari Google Play Store, per tanggal 13 Desember 2021, aplikasi Canva masih menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi seni & desain yang diunduh di platform tersebut. Sedangkan, untuk Picsart merupakan aplikasi paling populer di bidang fotografi.

Kedua aplikasi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Oleh karenanya, untuk mengetahui lebih lanjut soal kelebihan aplikasi tersebut simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Canva

Sebagai aplikasi seni & desain untuk ponsel pintar, Canva saat ini sudah menyediakan beragam template gratis maupun berbayar yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah twibbon. Anda tidak perlu khawatir, karena template gratis di Canva sudah sangat profesional.

Fitur utama yang akan memudahkan Anda dalam membuat sebuah twibbon adalah tool untuk menghapus latar belakang. Cara pemakaiannya pun relatif mudah, Anda bisa klik di area yang hendak dihapus background.

Tidak hanya itu, Canva juga menyediakan ratusan font unik serta berbagai macam shape, simbol, serta ikon yang bisa Anda sisipkan. Jika sudah punya desain twibbon sendiri, maka itu akan jadi lebih mudah.

Dilansir dari situs resminya, hingga saat ini lebih dari 420.000 template premium di Canva didesain secara profesional dan dapat disesuaikan sepenuhnya. Selain itu, Canva juga mendukung saat Anda ingin menyimpan twibbon dalam format GIF.

Picsart

Cara membuat twibbon bisa dilakukan menggunakan aplikasi Picsart. Aplikasi ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat yang menggunakan ponsel pintar berbasis Android dan Apple.

Sekedar diketahui, Picsart menyediakan berbagai jenis tools yang bisa Anda pakai untuk membuat twibbon. Terutama fitur untuk menghapus latar belakang menjadi transparan. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store ataupun Apple App Store.

Cara Membuat Twibbon

Sebagai catatan, cara membuat twibbon  yang dibahas di dalam artikel ini hanya menggunakan aplikasi Canva dan Picsart. Dengan demikian, semua metode di sini mungkin tidak bisa diterapkan pada aplikasi lain.

Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut cara membuat twibbon di Canva dan Piscart:

Langkah-langkah Cara Membuat Twibbon di Canva

Untuk membuat twibbon, Anda bisa memilih beragam template yang sudah disediakan. Namun, jika Anda sudah punya desain sendiri maka dapat langsung mengubahnya menjadi twibbon yang menarik.

Berikut Langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Canva.
  2. Sebelum memulai, siapkan semua aspek yang akan disematkan. Misalnya kata-kata, logo, dan sebagainya.
  3. Siapkan kanvas pada Canva. Caranya ketuk tanda (+) di dalam lingkaran di pojok kanan bawah.
  4. Kemudian pilih ukuran kanvas yang Anda inginkan.
  5.  Setelah itu, ketuk tanda centang di pojok kanan atas untuk memulai edit.
  6. Masukan logo, caption, dan sebagainya pada kanvas. Caranya dengan mengetuk tanda atau ikon (+).
  7. Anda bisa menyisipkan beberapa ikon, shape, atau gambar pendukung lainnya.
  8. Atur sesuai keinginan Anda.
  9. Kemudian, jika sudah tinggal ketuk  tombol persegi terbuka dengan ada tanda panah berwarna hijau di pojok kanan atas.
  10. Kemudian ketuk menu simpan sebagai, untuk save desain twibbon Anda.

Langkah-langkah Cara Membuat Twibbon di Piscart

Dikutip dari Jalantikus.com, berikut cara membuat twibbon di Picsart:

  1. Buka aplikasi Picsart.
  2. Tekan menu tanda Tambah (+).
  3. Masuk ke halaman Start Editing.
  4. Siapkan desain twibbon (Anda bisa mengunduhnya secara gratis di internet).
  5. Klik foto yang akan ditempelkan twibbon di kolom Photos.
  6. Geser hingga menemukan opsi Add Photo.
  7. Ketuk Add Photo.
  8.  Kemudian pilih twibbon yang akan dipasang di foto.
  9. Atur besar kecilnya foto.
  10. Jika sudah sesuai, lalu tekan Save.

Demikian ulasan tentang cara membuat twibbon yang paling mudah dan praktis. Kedua aplikasi di atas memungkinkan Anda berkrekasi dalam membuat twibbon, tanpa perlu membuka aplikasi photoshop yang sangat rumit.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait