5 Cara Membuat Halaman Berbeda di Word yang Mudah Untuk Dipelajari

Image title
13 Desember 2021, 18:17
Ilustrasi 5 cara membuat halaman berbeda di word yang mudah untuk dipelajari bagi para penulis pemula Microsoft Word.
pixabay.com
Ilustrasi cara membuat halaman berbeda di word yang mudah untuk dipelajari bagi para penulis pemula Microsoft Word.

Menulis di Microsoft Word sudah awam bagi masyarakat dengan berbagai kalangan dari akademisi hingga pekerja kantoran. Aplikasi yang diluncurkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain ini dikembangkan untuk berbagai sistem operasi. Hingga puncaknya pada tahun 2007 lahir Microsoft Office Word dan di tahun 2014 akrab disebut dengan Word.

Pembuatan nomor halaman menjadi teramat penting bagi Anda yang ingin membuat karya ilmiah. Seperti halnya pada buku, karya ilmiah yang kita buat melalui Microsoft Word juga membutuhkan nomor halaman. Karya ilmiah tidak akan rapi jika pembuatannya tidak disertakan nomor halaman.

Advertisement

Namun dalam konsep pengelolaan nomor halaman juga ada berbagai macam seninya. Untuk membedakan nomor halaman maka dilakukan beberapa pemisahan halaman ini dilakukan agar nomor halaman terlihat rapi sesuai dengan tata letak penulisan karya ilmiah. Berikut cara membuat halaman berbeda di word yang dikutip dari buku Microsoft word dan excel Untuk Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi) yang ditulis oleh Muhammad Arifin yang diterbitkan oleh Prenada Media.

5 Cara Membuat Halaman Berbeda di Word

Berikut lima cara membuat halaman berbeda di word yang sering menjadi kendala bagi para penulis di Microsoft Word.

1. Memisahkan Halaman Pertama dengan Halaman Kedua

Cara membuat halaman berbeda di Word yang pertama adalah dengan memisahkan halaman pertama dengan halaman kedua. Awalnya kamu harus meletakkan kursor di akhir kalimat halaman pertama.

Kemudian pilih tab layout, lalu klik kolom 'breaks' dan pilih pada bagian section breaks > next page. Jika kamu sudah mengikuti tahap ini berarti halaman pertama dan keduamu sudah terpisah.

2. Menghapus Nomor Halaman di Halaman Judul

Apabila halaman pertama dan kedua sudah memisah, cara membuat halaman berbeda di Word, pada tahap kedua ini kamu harus menghapus nomor halaman di halaman judul. Penghapusan nomor halaman depan ini karena halaman judul baiknya tidak ada nomor halaman.

Pada tahap ini kamu bisa klik dua kali pada bagian header atau footer halaman. Setelah diklik akan muncul tab 'header & footer'. Lalu, kamu bisa klik atau beri centang pada kolom 'different first page' untuk menghapus nomor halaman. Jika sudah, nomor halaman akan hilang seperti pada gambar di atas.

3. Melakukan Perubahan Nomor Halaman Kedua

Perjalanan penulisan Microsoft Word selanjutnya adalah dengan dilakukan pengubahan nomor halaman di halaman kedua. Biasanya karya ilmiah memiliki beberapa halaman sebelum halaman utama atau pendahuluan. Halaman-halaman ini seperti kata pengantar, daftar isi, dan lain-lain. Pada halaman tersebut biasanya menggunakan angka romawi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement