Jokowi Terbang ke IKN Akhir Juli, Berkantor Selama Dua Hari di Ibu Kota Baru

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Juli 2024, 18:37
jokowi, ikn, ibu kota baru
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/tom.
Presiden Joko Widodo menyapa anak-anak yang menyambutnya saat tiba di Istora Papua Bangkit, Jayapura, Selasa (23/7/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo akan bertolak ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Ahad (28/7). Jokowi dijadwalkan menetap di IKN dua hari hingga akhir bulan.

Kedatangan Jokowi sejalan dengan rampungnya Kantor Presiden di IKN.  Pemerintah mulai melengkapi perabotan dan mebel di Istana menjelang upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengisi ruang-ruang Istana Kepresidenan IKN dengan beragam furnitur seperti meja, kursi, lampu penerangan hingga peralatan kantor lainnya.

"Presiden berencana ke IKN tanggal 28, kantor presiden sedang kami persiapkan kursi dan kebutuhan furnitur yang dibutuhkan," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (24/7).

Heru Budi mengatakan Jokowi akan lebih sering ke IKN menjelang hari-hari menuju upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia. Penjabat (pj) Gubernur Jakarta itu tak menampik bahwa Jokowi akan menggelar sidang kabinet perdana di bandar baru saat kunjungan kerja ke IKN pada akhir bulan ini.

"Untuk sidang kabinet mungkin nanti bisa dijelaskan oleh Sekretaris Kabinet," ujar Heru Budi.

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah merampungkan konstruksi Gedung Kantor Kepresidenan di IKN. Rampungnya pembangunan ditandai dengan pemasangan bilah terakhir di Sayap Barat Selubung Garuda.

Pemasangan disaksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan perupa Nyoman Nuarta yang merancang Sayap Garuda tersebut. "Ini juga merupakan bagian dari penyelesaian akhir gedung Kantor Presiden di KIPP IKN," demikian keterangan resmi Kementerian PUPR seperti ditulis pada Senin (22/7).

Sebagai informasi, jumlah bilah sayap di Istana Kepresidenan IKN mencapai 4.650. Pemasangan bilah perdana dilakukan Presiden Joko Widodo pada 17 September 2023. Kesiapan IKN untuk menjadi kantor Jokowi dalam waktu dekat ini menjadi sorotan. Hal ini karena beberapa pembangunan infrastruktur di ibu kota baru tertunda.

Jokowi sebelumnya mengakui hujan deras di IKN memicu banyak pembangunan proyek tak sesuai jadwal. Kejadian tersebut ikut menangguhkan rencana Jokowi yang berencana untuk mulai berkantor di IKN pada Juli ini.

"Itu biasa dalam proyek besar," kata Jokowi saat menggelar konferensi pers di Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Selasa (16/7).

 kota baru.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...