4 Panduan Penggunaan Google Scholar Agar Memperoleh Hasil Maksimal

Image title
14 Desember 2021, 09:51
Ilustrasi cara membuat akun Google Scholar
Katadata
Ilustrasi cara membuat akun Google Scholar

Para akademisi yang disibukkan dengan proses publikasi jurnal, tentunya sangat akrab dengan Google Scholar sebagai salah satu mesin pencari referensi. Aplikasi Google Scholar adalah fitur untuk mencari rujukan literatur ilmiah, misalnya jurnal ilmiah yang berasal dari berbagai bidang keilmuan. 

Untuk proses pencarian referensi, Google Scholar sangatlah menjadi rekomendasi karena terdiri dari beragam fitur yang memberi layanan edukatif dimana menyediakan banyak sekali jurnal dan artikel ilmiah yang sudah dipublikasi oleh penulisnya dan berasal dari berbagai disiplin ilmu.

Mesin pencari Google Scholar masih berada dalam satu perusahaan Google yang menciptakan dan mengelola Google Scholar. Dimana disini berfokus menyediakan literatur ilmiah dalam bentuk jurnal dan artikel ilmiah.

Panduan untuk Memaksimalkan Google Scholar

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam menjalankan proses pencarian di Google Scholar, ada beberapa panduan yang harus diterapkan. Tentunya hal itu cukup mudah dan bisa dilakukan oleh para pemula. Berikut panduan Google Scholar agar bisa meraih performa maksimal yang dilansir dari situs Duniadosen.com:

1. Memulai Langkah di Situs Google Scholar

Panduan pertama, Anda harus membuka situs Google Scholar itu sendiri, yakni di scholar.google.com. Dalam versi Bahasa Indonesia akan tertulis Google Cendekia.

2. Menulis Kata Kunci pada Kolom yang Tersedia

Tahapan selanjutnya agar Google Scholar maksimal adalah dengan mengetik kata kunci pencarian di kolom yang tersedia, yakni kotak panjang di bawah logo Google Scholar. Sebagai contoh adalah melakukan pencarian dengan kata kunci “penelitian pencegahan narkoba”.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...